Finansial

Gaya Hidup

Tips Menabung ala Generasi Milenial dengan 7 Langkah

Paskalia-

24 Jul 2019

Tips Menabung ala Generasi Milenial dengan 7 Langkah

Ada dua jenis generasi milenial, yang suka menyisihkan uang untuk ditabung dan yang suka boros, tapi dari dua jenis itu rasanya yang suka boros lah yang paling banyak karena terlalu menuruti banyak godaan di luar sana. Untuk itu Anda perlu menabung. Tips menabung ala generasi milenial bukanlah sesuatu yang rumit, malahan bisa dinilai mudah untuk dilakukan.

Berikut ini akan kami sajikan tujuh tips menabung ala generasi milenial.


1. Menabung menggunakan emas

Tips menabung ala generasi milenial ini sangat patut Anda coba. Kami paham bahwa kebanyakan milenial menyukai hal-hal yang mewah, terutama bagi para wanita. Kabar baiknya, barang mewah seperti emas atau logam mulia bisa Anda manfaatkan untuk menabung.

Memang benar emas ini ada yang menilai merupakan barang investasi, tapi ada juga yang tidak menilai demikian. Namun, dengan menabung menggunakan emas, uang Anda tidak akan tercecer ke hal-hal yang kurang penting.

Untuk memulainya, Anda bisa mendatangi lembaga keuangan yang menyediakan produk nabung emas. Nabung emas sekarang bisa dimulai dari modal yang sangat kecil. Jadi, siapa saja bisa memulainya saat ini.

Cara berinvestasi emas adalah Anda membeli emas di harga sedang murah, lalu menjualnya ketika harga sedang tinggi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan. Untuk memiliki logam emas yang jumlahnya banyak bisa Anda usahakan dengan menabung secara rutin.


Baca Juga : Tips Menabung Saat Masih Kredit Rumah


2. Tips menabung ala generasi milenial berupa dollar

Mata uang dollar Amerika dianggap paling stabil dibanding mata uang yang lain karena menjadi acuan mata uang dari seluruh dunia hingga saat ini. Anda sebagai milenial juga bisa menabung menggunakan dollar Amerika. Ya, menabung tidak melulu soal rupiah saja. Anda bisa menabung dollar Amerika dengan cara menukarkannya dari rupiah. Apalagi di Indonesia ada beberapa bank yang menyediakan produk tabungan valuta asing.

Setelah beberapa dollar terkumpul, barulah Anda menukarkan lagi menjadi rupiah. Namun, penukaran ini sebaiknya dilakukan saat Anda membutuhkan uang saja. Kalau belum terlalu membutuhkan, lebih baik jangan karena hal tersebut hanya akan membuat uang Anda tercecer atau membuat Anda tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak penting.


3. Mencari pekerjaan freelance

Tips menabung ala generasi milenial yang satu ini juga dapat Anda usahakan. Tak mengapa bila Anda masih bersekolah atau masih berkuliah. Jika Anda jeli dalam mencari pekerjaan freelance atau paruh waktu maka Anda pasti akan mendapatkannya. Sesuaikan jam kerja tersebut dengan agenda Anda, entah itu jam kuliah atau sekolah.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga freelance. Pekerjaan freelance yang paling sering dibutuhkan adalah penulis konten dan admin media sosial. Ada juga lembaga yang membutuhkan orang untuk sebar brosur.

Kesempatan tersebut bisa menjadi kesempatan baik untuk Anda yang ingin menyisihkan beberapa rupiah. Pekerjaan sebar brosur tentu hanya membutuhkan satu atau dua hari saja. Hitung-hitung, hal ini bisa untuk mengisi waktu luang.

Jika Anda sudah berkuliah, maka Anda bisa mencoba menjadi mentor les. Mentor les tak membutuhkan banyak waktu Anda karena satu durasinya hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam saja. Jika Anda rajin mencermati peluang ini, maka pasti Anda akan mendapatkanya. Apalagi gaji yang ditawarkan untuk menjadi mentor les bisa dibilang banyak.


Baca Juga : Tips Menabung di Rumah Untuk Kebahagiaan Masa Depan


4. Jangan tergoda dengan tren

Milenial adalah makhluk sosial yang paling sering tergoda dengan hal yang jadi tren. Oleh karena itu kami mencantumkannya pada tips menabung ala generasi milenial kali ini.

Ingatlah selalu bahwasannya barang yang trendy ini akan menjadi barang yang biasa saja suatu saat nanti. Daripada barang ini menjadi sesuatu yang tak terpakai, lebih baik penuhi saja kebutuhan Anda terlebih dahulu.

Tak perlu membeli sepatu olahraga yang mahal dan sedang tren, padahal Anda sendiri tidak sering olahraga. Tak perlu membeli smartphone keluaran terbaru jika smartphone Anda yang lama masih baik-baik saja.


5. Jangan termakan gengsi

Tips menabung ala generasi milenial selanjutnya adalah tidak mengedepankan gengsi di gaya hidup Anda. Percayalah, gengsi bisa merusak semua rencana hemat Anda.

Jika Anda tipikal orang yang tidak pilih-pilih makanan, maka Anda tak perlu gengsi untuk makan di tempat yang biasa saja. Tak perlu mengikuti apa yang dilakukan mereka yang menganut hedonisme. Makan di tempat mewah dan tidak merasa kenyang hanya untuk sebuah story di Instagram hanya akan membuat Anda semakin boros saja.


6. Bawa bekal

Walaupun saat ini Anda tinggal bersama orang tua atau kos, ada baiknya membawa bekal karena akan menghemat uang Anda. Tips menabung ala generasi milenial ini sangat mudah dilakukan.

Dengan membawa bekal, Anda telah menabung tiga ribu hingga lima ribu rupiah setiap makannya. Anda juga bisa memastikan makanan yang Anda sehat dan bergizi karena Anda sendiri yang mengolahnya.


7. Mengumpulkan uang kembalian

Ada beberapa orang yang membiarkan uang kembalian setelah belanja, baik itu belanja di toko besar maupun toko kecil. Sebaiknya, mulai saat ini kumpulkan lah uang sisa-sisa belanja itu, walaupun seratus perak. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa tips menabung ala generasi milenial ini cukup ampuh.

Berapa pun kembaliannya, mintalah dan simpanlah di dompet. Jika Anda ingin menabung uang, maka jangan sia-siakan uang receh. Nominal sedikit pasti akan menjadi besar pula apabila dikumpulkan. Setelah mengumpulkan uang kembalian, simpanlah uang receh tersebut di tempat khusus.


Sebelum menabung, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah pengeluaran dan pemasukan Anda seimbang nominalnya. Jika saat ini pengeluaran Anda lebih besar dari pemasukan, maka waktunya untuk mengoreksi terlebih dahulu.

Pertama, usahakan dulu untuk menyeimbangkan dua hal ini. Setelah seimbang, barulah Anda membuat upaya supaya penghasilan lebih besar daripada pengeluaran. Membuat catatan penghasilan dan pengeluaran menjadi penting untuk dilakukan.

Setelah satu bulan mencatat apa saja yang menjadi pengeluaran Anda dan mencocokkannya dengan pemasukan, Anda jadi tahu daftar belanja apa saja yang bisa diminimalisir. Anda juga bisa membuat evaluasi pada diri Anda sendiri. Evaluasi ini bisa Anda wujudkan dengan hanya membeli barang-barang yang dibutuhkan.

Sekali lagi, seperti poin sebelumnya, Anda jangan sampai tergoda dengan tren atau gengsi. Jangan membeli barang yang diinginkan, belilah barang yang Anda butuhkan.


Itulah tujuh tips menabung ala generasi milenial yang direkomendasikan untuk Anda. Sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba ya!


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat





Artikel Terkait
image image
Artikel Baru