Finansial

Tips Menabung saat Masih Kredit Rumah

Paskalia-

29 May 2019

Tips Menabung saat Masih Kredit Rumah

Anda mencari tahu tips menabung saat masih kredit rumah? Banyak yang berpikir bahwa hanya karena sedang membayar angsuran rumah, maka tidak mungkin bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Prinsip tersebut akan terbantahkan bila Anda mengikuti metode-metode tips menabung saat masih memiliki kredit rumah berikut ini.



Membedakan antara Keperluan dan Keinginan

Dewasa ini, banyak sekali developer yang menawarkan angsuran rumah dengan nominal terjangkau yang bahkan tidak mencapai separuh dari gaji yang Anda terima. Lalu ke mana sisa gaji tersebut hingga Anda tidak dapat menabung? Jawabannya adalah Anda tidak dapat menghemat uang karena tidak dapat membedakan antara mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang hanya merupakan keinginan.

Tanpa kontrol tersebut, Anda cenderung membeli apapun tanpa berpikir sehingga berdampak pada pengeluaran yang melonjak dan menghabiskan sisa gaji di mana sebenarnya sebagian masih dapat disisihkan untuk ditabung. Jadi, tips menabung saat masih kredit rumah pertama adalah dengan membatasi pengeluaran dengan yang bersifat penting saja.


Baca juga: Tips Investasi Ibu Rumah Tangga Anti Ribet


Jangan Menggunakan Kartu Kredit

Secara tidak langsung, kartu kredit menyebabkan perilaku konsumtif yang tidak terkontrol berkat kemudahan pemakaian secara online maupun offline. Dalam sistem kartu kredit, pengguna tidak membayar di awal, tetapi di belakang ditambah bunga. Bila Anda tercatat sebagai pengguna kartu kredit, Anda bukan hanya tidak akan bisa menabung, tetapi memiliki risiko tidak dapat membayar cicilan rumah.

Maka dari itu, tips menabung saat masih kredit rumah selanjutnya adalah berhenti menggunakan kartu kredit. Dengan demikian, perilaku konsumtif Anda akan berada di bawah kendali sehingga Anda dapat dengan mudah menyisihkan sebagian uang untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan. Anda tidak perlu lagi membayar bunga pemakaian kartu kredit, justru mendapatkan bunga dari rekening tabungan.


Minimalkan Keinginan untuk Berwisata Kuliner

Tidak ada yang salah bila Anda suka berwisata kuliner, tetapi selama masa membayar angsuran rumah, sebaiknya hobi tersebut dikurangi dan coba untuk lebih sering memasak di rumah karena lebih hemat. Coba Anda hitung biaya memasak untuk menu selama satu hari. Pasti akan sama atau bahkan di bawah biaya satu kali makan di luar rumah.

Dengan meminimalisasi aktivitas berwisata kuliner, Anda dapat menyisihkan banyak untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh karena Anda bisa menghemat banyak, hal ini masuk dalam tips menabung saat masih kredit rumah. Bukan maksudnya berwisata kuliner sama sekali dilarang, hanya mengurangi frekuensinya saja.


Baca juga: 6 Tips Menabung dengan Gaji Kecil, Pastikan Target Harian


Mempraktekkan Aturan 50-30-20

Tips menabung saat masih kredit rumah berikut adalah menerapkan rumusan 50-30-20. Prinsip sekaligus aturan yang satu ini masih terasa asing bagi mayoritas orang. Aturan 50-30-20 sejatinya merupakan pakem dalam pengalokasian gaji agar terbagi secara efektif untuk seluruh kebutuhan. Rincian pembagiannya adalah 50 persen untuk keperluan sehari-hari seperti belanja dan pembayaran iuran rutin contohnya sekolah, asuransi, listrik, dan semacamnya.

Selanjutnya 30 persen untuk kredit rumah, alokasi tambahan dana darurat, serta memenuhi hobi. Kemudian 20 persen untuk ditabung. Dengan metode tersebut, kebutuhan harian terpenuhi, cicilan terbayar, dan tetap bisa menabung.


Mencari Sampingan

Bila gaji yang Anda dapatkan dari profesi utama terlalu kecil sehingga untuk kebutuhan sehari-hari dan cicilan rumah saja terasa mencekik, maka solusi lain adalah dengan mencari pekerjaan sampingan yang memberi pendapatan tambahan dengan nominal cukup besar. Hal ini menjadi tips menabung saat masih kredit rumah yang cukup disarankan. Selain untuk menambah biaya hidup sehari-hari, sebagian bisa disisihkan untuk ditabung.

Ada berbagai pekerjaan sampingan yang menawarkan waktu kerja fleksibel agar tidak mengganggu profesi utama Anda. Contohnya membuka usaha toko online, menawarkan kuliner dengan sistem pesan antar, atau berjualan pulsa. Meskipun terkesan menghasilkan pendapatan yang kecil, usaha sampingan bisa cukup menjanjikan karena tidak membutuhkan modal besar. Dengan begitu Anda bisa cepat balik modal.

Bila Anda tidak fasih menawarkan jualan, profesi sampingan lain yang bisa Anda jalani adalah di bidang jasa. Bisa sebagai freelancer atau pekerja lepas di bidang kepenulisan artikel, desain digital, atau penerjemah. Bahkan profesi sebagai pekerja lepas saat ini lebih menghasilkan dibandingkan profesi sebagai karyawan kantor.


Berinvestasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek juga termasuk tips menabung saat masih kredit. Meskipun menabung sendiri termasuk dalam investasi jangka pendek, tetapi margin keuntungan yang ditawarkan tidak terlalu besar. Bila Anda ingin dapat menabung saat mencicil rumah, Anda sebaiknya menekuni investasi jangka pendek yang dapat menghasilkan keuntungan besar dalam tempo relatif singkat serta dapat dicairkan sewaktu-waktu untuk kemudian hasilnya disimpan dalam rekening bank.

Contoh investasi jangka pendek yang menawarkan keuntungan tinggi dengan modal yang minim adalah saham, valuta asing, dan bitcoin. Namun terjun dalam investasi ini harus memiliki pemahaman yang bagus tentang instrumen-instrumen terkait. Bila tidak, bukannya mendapatkan keuntungan, Anda justru akan mengalami kerugian.


Mengurangi Ketergantungan pada Gawai

Tips menabung saat masih kredit rumah yang juga disarankan adalah menghilangkan atau minimal mengurangi ketergantungan pada gawai atau perangkat pintar yang Anda miliki. Pasti Anda merasa bingung antara korelasi penggunaan gawai dengan menyisihkan uang untuk tabungan. Hal ini berkaitan dengan produktivitas Anda yang terganggu bila menghabiskan waktu untuk memainkan gawai.

Contohnya, Anda menghabiskan 5-6 jam perhari di depan perangkat pintar yang dimiliki hanya untuk bermain gim atau berselancar di dunia maya dan bermain sosial media, padahal sepanjang waktu tersebut dapat Anda manfaatkan untuk melakukan aktivitas lain yang menghasilkan pendapatan tambahan untuk ditabung. Kecuali bila aktivitas menggunakan gawai itu terkait dengan pekerjaan sampingan Anda seperti bisnis online.

Selain mengurangi produktivitas sehingga tidak dapat memiliki tambahan untuk menabung, biaya sambungan internet yang Anda keluarkan pun akan semakin membebani pengeluaran dan memperkecil kemungkinan Anda dapat menyisihkan uang. Sebab itu, sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan bermain gawai yang tidak menghasilkan.


Menabung Melalui Asuransi

Tabungan bersifat sukarela tanpa ada keharusan menyetor secara rutin, hal itu yang menjadi salah satu faktor Anda sulit untuk melakukannya. Anda dapat membuat asuransi sebagai pilihan untuk mengganti tabungan pada umumnya. Sejatinya, asuransi tidak berbeda dengan menabung, tetapi premi harus dibayar secara rutin setiap bulan yang membuat Anda menjadi disiplin menyisihkan uang untuk membayarnya. Selain itu asuransi juga memiliki manfaat lain, seperti jika Anda tiba-tiba jatuh sakit, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Maka dari itu hal ini masuk dalam tips menabung saat masih kredit rumah.


Banyak sekali bukan tips menabung saat masih kredit rumah yang bisa Anda terapkan? Selain menabung, Anda bahkan bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan yang menjanjikan tanpa mengabaikan kewajiban untuk membayar angsuran rumah. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa menabung hanya karena memiliki tanggung jawab membayar cicilan, yakni dengan menerapkan tips menabung saat masih kredit rumah.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru