Finansial

5 Cara Menabung di Rumah untuk Anak Sekolah

Kabrina Rian Ferdiani-

30 Oct 2019

5 Cara Menabung di Rumah untuk Anak Sekolah

Anak sekolah sepertimu ingin menabung? Tentu itu kebiasaan yang harus dilakukan. Akan tetapi, tentu cara menabungmu berbeda dengan orang yang sudah bekerja. Kamu memliki tantangan yang berbeda dibandingkan mereka.

Karena belum berpenghasilan, kamu masih bergantung pada orang tua. Terkadang uang yang diberikan orang tua tidak banyak dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu.

Tidak perlu berkecil hati. Jangan biarkan hal-hal ini membuatmu malas menabung. Bagaimana pun, kamu harus membiasakan diri untuk menabung. Dalam artikel ini kamu akan mendapatkan cara menabung di rumah tanpa perlu memiliki rekening tabungan.

Penasaran? Simak uraian berikut ini, ya.

 

Baca juga: Alternatif Investasi untuk Anak Muda Zaman Now dan Keunggulannya

 

Tentukan Goal Tabunganmu

Cara menabung di rumah yang pertama adalah menentukan goal atau tujuan kamu menabung. Apakah uang tabunganmu untuk membeli baju, sepatu, atau kebutuhan sekolah? Apakah uang tabunganmu akan digunakan untuk liburan bersama teman-temanmu? Atau kamu ingin menonton konser band dan penyanyi favoritmu?

Dengan memiliki tujuan, kamu akan lebih bersemangat menabung untuk mewujudkan tujuanmu. Dalam perjalanan menabung, kamu mungkin akan merasa bosan. Kamu juga mungkin akan tergoda untuk menggunakan uang tabungan demi hal lain. Jika itu terjadi, kamu bisa mengingat-ingat lagi goal tabunganmu agar kamu tidak tergoda.

 

Sisihkan Uang Jajanmu di Awal

Cara menabung di rumah selanjutnya adalah menjadi berbeda dengan yang lain. Biasanya, orang lain menyisihkan uang di akhir bulan untuk ditabung. Cara ini sangat berisiko membuat kamu gagal menabung. Apalagi banyak godaan yang harus kamu hindari untuk menghabiskan uang jajan.

Alhasil biasanya tidak jadi menabung karena uang sudah habis tidak bersisa atau bahkan kurang. Ada juga yang lupa untuk menabung karena bukan menjadi kebiasaan. Jangan hal buruk itu terjadi denganmu, ya.

Setelah mendapatkan uang dari orang tuamu, cobalah langsung sisihkan uangmu untuk ditabung. Coba deh lakukan ini setiap kamu mendapatkan uang dari orang tua. Secara otomatis menabung akan menjadi kebiasaanmu.

 

Menabung Uang Receh

Agar bisa menabung, kamu tidak perlu menyisihkan uang terlalu banyak. Sesuaikan dengan uang yang diberikan oleh orang tua atau keluargamu. Kamu bisa memulainya dari sedikit.

Tips menabung di rumah selanjutnya adalah mulai menabung uang receh. Jangan remehkan uang receh, ya. Kamu tentu masih ingat peribahasa yang berbunyi “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.”

Begitu juga dengan tabunganmu. Tidak penting berapa uang yang bisa kamu tabung setiap hari, minggu, atau bulan. Tidak penting pula apakah kamu menabung uang receh atau uang kertas. Yang terpenting adalah kamu memiliki kebiasaan menabung secara rutin.

 

Gunakan Celengan yang Menarik

Agar kamu lebih semangat menabung, kamu bisa menggunakan celengan yang menarik. Kamu bisa beli celengan yang berbentuk barang kesukaanmu. Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan favoritmu.

Jika ingin lebih berbeda dan unik, kamu bisa mencoba membuat celengan sendiri. Dengan begitu, kamu bisa memiliki celengan yang lebih sesuai dengan kesukaanmu. Kamu bisa membuat celengan sendiri dari kardus, botol, atau kaleng bekas.

Buatlah celenganmu sekreatif mungkin. Ini bisa menjadi semangat tersendiri agar lebih rajin menabung. Ingat, rajin dan semangatlah menabung untuk masa depan yang lebih baik.

 

Mengatasi Goal yang Lebih dari 1

Setiap orang pasti punya keinginan. Keinginan itu juga bermacam-macam, lebih dari satu. Begitu juga kamu.

Mungkin kamu memiliki goal tabungan yang berbeda-beda. Kamu ingin membeli gadget baru tapi di sisi lain kamu juga ingin membeli novel.

Memiliki goal lebih dari satu itu tidak masalah. Kamu perlu mengatur tabungan dengan lebih bijaksana. Caranya, jangan menjadikan satu uang tabunganmu. Pisahkan tabungan untuk masing-masing tujuanmu.

Jangan lupa untuk memberi penanda atau label di setiap celenganmu. Ini agar kamu tidak lupa dan bisa membedakan mana tempat menabung untuk kebutuhan yang satu dengan yang lain.

Kamu juga lebih mudah mengetahui progres mengumpulkan uang untuk setiap goal yang ingin kamu capai.

 

Titipkan Uang ke Orang Lain

Menabung memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika belum menjadi kebiasaan. Jika kamu masih belajar, tentu kamu akan sering tergoda untuk tidak menabung atau malah menggunakan uang tabunganmu untuk hal lain.

Jika kamu merasa sangat kesusahan, kamu bisa meminta bantuan orang lain. Salah satu caranya adalah coba titipkan uang tabunganmu ke orang yang lebih dewasa dan kamu percaya. Kamu bisa menitipkan uangmu ke orang tua, kakakmu yang sudah bekerja, atau keluargamu yang lain. Bilang ke mereka bahwa kamu menitipkan dan mempercayakan uang tabunganmu.

Hal ini bisa mencegah kamu mengambil uang tabungan dengan sembarangan. Dengan menitipkan ke orang lain, kamu tidak akan tergoda untuk mengambil uang tersebut untuk kebutuhan konsumtif.

Namun, kamu harus pilih orang yang bisa kamu percaya, ya.

 

Sebelum Mengambil Uang, Pikir Ulang!

Berpikir dua kali untuk melakukan pengeluaran itu penting. Pertimbangkan lagi, apakah pengeluaran ini benar-benar kamu butuhkan? Atau kamu ini hanya keinginan sesaat aja?

Apakah kamu akan membeli suatu barang yang sangat penting atau barang ini hanya untuk memuaskan keinginan dan gengsi saja?

Kamu harus bisa bertahan untuk tidak ikut terbawa arus gaya hidup yang serba konsumtif. Jangan terlalu sering mengikuti trend yang sebenarnya tidak penting dalam hidupmu. Daripada membuang uang untuk hal-hal yang tidak perlu, lebih baik uangmu ditabung untuk membeli sesuatu yang lebih berarti


Nah itu dia beberapa cara menabung di rumah. Menabung butuh ketekunan dan disiplin. Oleh karena itu, selain menerapkan cara menabung di rumah ini, kamu juga harus yakin dan berusaha untuk menabung. Selamat mencoba!

 

Baca juga: 10 Jenis Bisnis Kreatif Di Era Digital Yang Bisa Kamu Coba

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru