Finansial

Bisnis

Alternatif Investasi Untuk Milenial dan Keunggulannya

Paskalia-

14 Aug 2019

Alternatif Investasi Untuk Milenial dan Keunggulannya

Menanamkan modal dengan investasi terbaik menjadi sebuah keharusan apabila Anda ingin ‘menjaga’ dan ‘menyelamatkan’ harta kekayaan Anda. Jangan sampai di suatu waktu Anda memiliki kekayaan yang melimpah kemudian kekurangan di masa depan. 

Dengan berinvestasi, Anda bisa meraih berbagai keuntungan yang tidak terduga. Namun, keuntungan tersebut hanya bisa Anda rasakan apabila Anda paham tentang alternatif investasi apa yang cocok untuk Anda. 


Alternatif Investasi

Ada banyak alternatif investasi yang bisa Anda pilih dilihat dari bentuk, besaran modal awal, dan jenisnya. Di artikel ini kami telah merangkum beberapa jenis investasi yang dianggap menjadi alternatif investasi yang terbaik untuk para milenial.


Baca juga: Jenis Investasi Jangka Pendek dan Tips Sukses Mengelolanya


Peer to Peer Lending

Apakah Anda sudah mengenal istilah investasi ini? Atau justru baru mendengarnya saja? Wajar saja, investasi Peer to Peer Lending ini memang masih baru. Investasi atas dasar sebuah inovasi ini menjadi investasi yang terbaik di artikel ini.

Dengan sistem Peer to Peer Lending atau P2P Lending, Anda bisa memanfaatkan platform untuk bertemu dengan investor atau dengan mereka yang ingin meminjam uang. Intinya Anda bisa menjadi investor atau peminjam.

Lalu, Anda akan mendapatkan imbal hasil yang nominalnya lumayan besar ketika memutuskan menjadi investor. Kabar baiknya lagi, imbal hasil ini bisa Anda dapatkan dalam jangka waktu yang cepat. Anda bisa mengetahui lebih banyak tentang investasi P2P Lending di sini. 


Reksa Dana

Di alternatif investasi ini, para investor akan memberikan dana mereka kepada seseorang yang disebut sebagai MI atau Manajer Investasi. Lalu, seorang MI akan membagikan dana-dana yang terkumpul untuk investasi lain seperti bisnis dan usaha.

Pada akhirnya, bisnis dan usaha yang bermodalkan dana dari investor ini akan mendatangkan keuntungan, dan keuntungan inilah yang akan dibagikan pada para investor.


Logam Mulia

Investasi logam mulia dinilai menjadi alternatif investasi yang sejak dulu menjadi pilihan masyarakat luas. Biasanya dalam bentuk emas batangan atau bisa juga emas perhiasan.

Lalu, yang mana yang lebih baik? Investasi perhiasan atau emas batangan? Jawabannya adalah emas batangan karena dinilai menjadi barang yang lebih baik untuk digunakan sebagai berinvestasi daripada emas perhiasan.

Saat dijual kembali, harga emas perhiasan akan menurun karena memang seperti itulah peraturannya. Namun, biasanya penurunan harganya pun tidak terlalu jauh dari harga aslinya. Walau begitu, emas batangan yang paling bagus untuk diinvestasikan karena harganya jelas mengikuti harga yang berlaku di seluruh dunia.


Baca juga: Investasi Jangka Pendek Cerdas di Peer-to-Peer Lending


Properti

Tak bisa diragukan lagi bahwa investasi properti adalah alternatif investasi yang banyak diminati dan banyak menghasilkan keuntungan. Harga jual rumah dan tanah cenderung meningkat setiap tahunnya, dan inilah yang menjadi nilai lebih dalam berinvestasi properti.

Properti yang umumnya diinvestasikan adalah rumah, apartemen, ruko, lahan atau tanah dan lainnya. Dengan memiliki investasi berbentuk rumah, Anda bisa menjualnya di masa depan dengan harga yang lebih tinggi, bisa juga dengan mengontrakkannya untuk mendapatkan passive income di setiap tahun.

Anda juga bisa memilih investasi properti berupa apartemen yang bisa Anda sewakan secara harian atau bulanan. 


Kelebihan dan Kekurangan Jenis Investasi

Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing alternatif investasi di atas yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan dari investasi jenis reksa dana adalah tidak dibutuhkannya banyak pengalaman untuk menjalankannya karena kegiatan investasi ini sangatlah sederhana. Anda juga tak perlu pusing mengelolanya karena ada Manajer Investasi yang siap membantu Anda.

Sedangkan untuk kekurangan reksa dana, hasil yang didapatkan dari investasi ini tidak terlalu besar dan ada juga bisa mengalami kerugian ketika perusahaan merugi.

Kelebihan dari investasi emas adalah sifatnya yang likuid alias sangat mudah diubah menjadi uang. Selain itu, emas ini awet, dan harga jualnya cenderung naik. Untuk kekurangannya, emas adalah benda investasi yang tidak bisa memberikan Anda pemasukan secara rutin. Bahkan, terkadang harga dari emas ini turun dan tidak memberikan Anda keuntungan.

Risiko yang tidak terlalu besar dan rumit tidak akan Anda hadapi apabila Anda memilih berinvestasi dalam bentuk properti. Kemungkinan dicuri tentu tidak ada, tapi tetap ada kemungkinan akan rusak apabila terdampak bencana alam seperti gempa dan banjir. 

Kelebihan lain dari investasi properti adalah keuntungannya sangat melimpah, Anda bisa dengan bebas membeli properti untuk dijual lagi di masa depan atau memilih untuk menyewakannya.

Sedangkan kekurangan dari investasi ini adalah Anda harus memiliki uang yang sangat banyak. Harga properti tidaklah kecil. Rentang harga properti bisa dari puluhan juta rupiah yang sama dengan sebidang tanah sempit, ratusan juta untuk rumah yang tidak terlalu besar, hingga miliaran rupiah untuk rumah-rumah besar yang berada di kota.

Untuk menjual kembali properti juga diperlukan waktu yang lama. Tidak seperti logam mulia yang bisa dijual dalam hitungan menit, di luar sana tentu orang masih berpikir dulu untuk membeli properti atau tidak karena menyesuaikan dengan budget.


Kesimpulan

Itulah beberapa alternatif investasi saat ini yang bisa Anda pelajari. Dengan mengerti apa saja investasi yang terbaik untuk milenial, Anda bisa membuat keputusan mau berinvestasi jenis apa.

Anda juga bisa menyesuaikan kondisi finansial Anda saat ini dengan jenis investasi yang akan Anda pilih. Tak hanya memaparkan investasi apa saja yang bisa dipilih, kami juga telah menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis investasi. Selamat berinvestasi.


Baca juga: 4 Tipe Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dilakukan


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru