Bisnis

5 Peluang Usaha Makanan Terbaru 2021

Paskalia-

30 Sep 2019

5 Peluang Usaha Makanan Terbaru 2021

Bisnis kuliner di Indonesia kini sedang populer. Media sosial, food vlogger, hingga aplikasi yang berkaitan dengan kuliner membuat orang semakin gemar mengulik tentang makanan. Beberapa orang yang ingin memulai usaha di bidang kuliner ini mencari peluang usaha makanan terbaru. Dengan adanya peluang usaha tersebut, mereka dapat mengetahui kuliner apa saja yang saat ini sedang memiliki banyak peminat.


Baca juga: Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula, Strategi Bisnis Anti Gagal


Jika melihat media sosial seperti Instagram, pasti banyak ditemukan foto-foto makanan dengan tampilan yang menarik.  Hal ini membuat beberapa orang ingin mencicipi makanan tersebut karena makanan yang di tampilkan di Instagram memiliki daya tarik. Dengan begitu makanan tidak hanya urusan membuat kenyang, tetapi juga memuaskan mata yang menambah kenikmatan dari menyantapnya.

Dengan berbagai macam alasan yang ada, maka makanan sampai kapanpun akan tetap akan memiliki banyak peminat. Namun bukan berarti ketika Anda memulai sebuah usaha kuliner, maka usaha Anda akan langsung diminati. Tentu diperlukan berbagai macam upaya untuk membuat bisnis kuliner Anda berkembang dan memiliki banyak peminat. Justru karena peminat makanan sangat tinggi, maka daya saing antar pelaku usaha kuliner juga sangat tinggi.

Oleh sebab itu jika Anda ingin memulai bisnis kuliner, maka berikut ada beberapa ide peluang usaha makanan yang dapat dipilih.


Baca juga: Tips Berjualan Online di Era Industri 4.0


Makanan Unik

Peluang usaha makanan yang pertama adalah makanan unik. Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan yang unik. Mereka menginginkan makanan yang berbeda dari makanan-makanan pada umumnya. Hal ini disebabkan masyarakat Indonesia selalu menginginkan hal baru. Ketika ada makanan yang tengah viral, maka masyarakat pasti akan menjadi penasaran dan ingin mencoba bagaimana rasanya.

Beberapa peluang usaha makanan unik yang pernah dicoba oleh beberapa pelaku bisnis pada tahun 2018 adalah ayam geprek dengan keju mozarella. Salah satu jenis makanan ini memiliki banyak peminat di tahun 2018. Pelaku bisnis yang menggunakan ide makanan unik ini cukup memiliki banyak peminat.

Beberapa orang saat akan mencari makanan tentu bukan hanya untuk mengenyangkan perut, melainkan juga untuk diabadikan dan diunggah di media sosial. Jadi tampilan makanan yang unik dan menarik serta memiliki rasa yang lezat akan menarik perhatian beberapa orang. Peluang usaha makanan unik ini bisa untuk Anda coba. Jika mencoba peluang ini, maka usaha Anda akan menjadi semakin berkembang.


Makanan Sehat

Selanjutnya peluang usaha makanan sehat juga masih terbuka lebar. Makanan sehat ini sangat disukai banyak orang di Indonesia. Hal ini terjadi karena kesehatan merupakan faktor terpenting dan makanan yang sehat akan sangat baik bagi kesehatan tubuh. 

Banyak orang yang menyukai makanan sehat. Hal ini terbukti dari ramainya pusat olahraga dengan orang yang melakukan kegiatan fisik seperti senam, gym, dan lain-lain. Namun tidak hanya berolahraga, mereka juga mengimbangi dengan memakan makanan yang sehat.

Pada tahun 2018 saja sudah banyak pelaku bisnis kuliner yang menjual makanan sehat dan mempunyai banyak peminat. Salah satu contoh makanan sehat yang berhasil menarik banyak peminat adalah Poke Bowl. Poke Bowl adalah menu khas Hawai yang ada sejak tahun 1980. Memang pada Poke Bowl ini ada pengaruh dari orang Jepang, karena 40 persen masyarakat yang tinggal di Hawai berasal dari Jepang. Poke Bowl ini mirip dengan sushi, tetapi disajikan dengan cara berbeda. Poke Bowl ini menjadi hits di Indonesia pada tahun 2018.

Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa di tahun-tahun mendatang akan terdapat tren makanan sehat yang dapat menarik minat konsumen.


Makanan Pedas

Peluang usaha makanan pedas masih akan tetap terbuka. Hal ini disebabkan banyak orang di Indonesia yang menyukai makanan pedas. Jika Anda membuka bisnis makanan pedas, kemungkinan Anda sukses akan lebih besar. Hal ini disebabkan pecinta kuliner pedas memburu makanan yang memiliki citarasa yang lezat.

Makanan-makanan pedas yang sukses memikat masyarakat Indonesia diantaranya adalah ayam geprek, aneka seblak, sate taichan, dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut menarik minat masyarakat Indonesia karena selain memiliki rasa yang pedas tetapi juga memiliki rasa yang lezat sehingga dapat memikat banyak orang.

Namun yang harus diperhatikan, ketika membuka usaha makanan pedas selain rasa pedas yang dituangkan dalam makanan, makanan juga harus memiliki citarasa yang lezat. Karena jika hanya makanan pedas tanpa memiliki citarasa yang lezat, maka tidak akan menarik banyak konsumen untuk membeli makanan di tempat Anda.


Aneka Camilan

Penduduk Indonesia begitu suka ngemil di waktu-waktu tertentu. Terdapat 100 macam camilan yang menjadi ciri khas Indonesia, ini adalah fakta bahwa peluang usaha aneka camilan bisa menjadi tren. 

Camilan-camilan yang unik dan memiliki citarasa yang lezat akan menarik minat dari masyarakat untuk mengkonsumsinya. Salah satu camilan yang pernah viral adalah bola ubi. Bola ubi ini berbentuk seperti ubi goreng yang banyak diminati sejak 2018.


Peluang Usaha Roti Artisan

Mungkin bagi beberapa orang yang tidak pernah atau jarang menyantap roti, pasti sangat asing dengan istilah roti artisan. Roti artisan adalah roti yang dibuat langsung oleh pembuat roti pada hari itu juga alias bukan roti buatan pabrik. Beberapa contoh usaha roti artisan yang sangat populer adalah Franchise Artisan, BreadTalk, Roti Boy, dan lain sebagainya. 

Banyak yang menyebut roti artisan ini lebih sehat karena tanpa pengawet. Anda bisa mencoba membuka bisnis kecil-kecilan roti artisan di rumah atau ditawarkan secara online. Peluang usaha roti artisan merupakan peluang usaha makanan terbaru yang bisa Anda coba.


Berbagai peluang usaha makanan di atas wajib Anda coba. Untuk memulai sebuah usaha diperlukan kesabaran dan ketekunan. Jika Anda ingin mencoba berbisnis maka Anda harus tekun agar menjadi sukses.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru