Bisnis

Finansial

Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula, Strategi Bisnis Anti Gagal

Paskalia-

30 Jul 2019

Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula, Strategi Bisnis Anti Gagal

Kurangnya lapangan pekerjaan membuat banyak orang mencari tahu tips memulai bisnis bagi pemula yang dapat membantu mereka agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyaknya pengangguran juga menyebabkan bisnis menjadi alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan.

Terkadang sering kita temui seseorang yang sudah bertekad untuk berbisnis, tapi berhenti di tengah jalan karena di kepalanya dipenuhi keraguan. Maka dari itu tips memulai bisnis bagi pemula berikut ini jika diterapkan dengan benar, dapat membuat bisnis berjalan lancar.


Tekadkan niat

Tips memulai bisnis bagi pemula pertama yang harus Anda lakukan adalah tekadkan niat Anda. Jika niat sudah kuat tidak ada hambatan lagi untuk memulai bisnis baru. Bahkan jika ada seseorang yang membuat Anda ragu-ragu untuk memulai, Anda tidak akan peduli.


Baca juga: 4 contoh usaha dengan modal bisnis minim


Tentukan bisnis apa yang akan digeluti

Anda sudah memiliki niat yang kuat untuk memulai bisnis, maka setelah itu Anda harus menentukan bisnis apa yang akan Anda geluti. Anda bisa memulai bisnis dari sesuatu yang Anda suka dan pahami. Jika Anda suka dan paham betul mengenai fashion, maka Anda bisa mendirikan bisnis berkaitan dengan fashion. Atau jika Anda punya hobi makan atau masak, tidak ada salahnya mendirikan bisnis kuliner. 

Tips memulai bisnis bagi pemula satu ini jangan sampai Anda abaikan karena penting.


Sudah paham untung dan ruginya dalam berbisnis

Setiap orang yang ingin memulai bisnis baru harus paham betul tentang untung dan rugi. Sebagai pemula, Anda harus bisa mengelola bisnis sebaik mungkin agar mendatangkan keuntungan yang banyak atau paling tidak ada sedikit keuntungan yang didapat.

Anda juga harus bersiap jika keadaan berbalik, yaitu Anda mengalami kerugian. Risiko seperti ini biasa terjadi dalam dunia bisnis, untuk itu kuatkan diri Anda jika hal ini terjadi.


Siapkan modal sesuai dengan bisnis

Tips memulai bisnis bagi pemula selanjutnya adalah mempersiapkan modal yang merupakan hal paling penting dalam membangun bisnis. Bukan berarti Anda yang tanpa modal tidak bisa berbisnis karena saat ini banyak tersedia pinjaman dengan bunga rendah. Jadi, Anda tidak perlu memusingkan hal tersebut.

Anda bisa memulai bisnis yang kecil-kecilan saja terlebih dahulu untuk mengurangi risiko. Baru setelah itu menambah modal Anda perlahan sembari membangun bisnis yang tengah berjalan. Usaha pasti tidak akan mengkhianati hasil.


Mencari lokasi yang strategis

Tips memulai bisnis bagi pemula yang juga tidak kalah pentingnya adalah lokasi yang strategis. Maksud dari strategis di sini adalah Anda harus mendapatkan tempat yang akan mendatangkan banyak pembeli untuk bisnis Anda. Ibarat kata banyak pembeli banyak keuntungan.

Lokasi yang strategis ini berada di pusat kota dan dilalui oleh banyak orang. Namun, risiko yang bisa Anda hadapi adalah harga tempat bisnis yang cenderung mahal. Oleh karena itu Anda wajib mencari lokasi bisnis yang harganya sesuai dengan budget


Baca juga: 10 Tanda Anda Sudah Terlalu Punya Banyak Utang


Melakukan promosi

Promosi adalah hal yang tidak boleh terlupakan dalam memulai bisnis apalagi bagi pemula. Anda bisa memanfaatkan internet yang sekarang tersedia berbagai macam media sosial. Anda juga bisa mempromosikan bisnis Anda dari word of mouth atau door to door. Banyak cara yang bisa dilakukan tergantung bagaimana cara mempromosikannya.

Kalau Anda tidak melakukan promosi bagaimana orang banyak bisa tahu Anda berbisnis ini atau itu. Dengan mengandalkan pembeli yang datang saja tidak akan membawakan hasil yang banyak. Anda harus membuat banyak orang tahu kalau bisnis Anda yang terbaik. Anda harus menunjukkan bisnis Anda bisa memenuhi kebutuhan pembeli.


Membuat bisnis Anda berbeda

Seperti yang sudah kita ketahui, banyak orang yang memutuskan untuk berbisnis sama seperti Anda. Yang nantinya mereka disebut sebagai pesaing Anda. Hal yang sangat wajar jika berbisnis memiliki pesaing. Anda tetap bisa menjadi yang berbeda untuk menarik perhatian para pembeli.

Contohnya adalah dengan memberi diskon atau Anda bisa meningkatkan segi layanan di bisnis Anda. Cara-cara itu sangat diperbolehkan agar Anda menjadi pemenang di kompetisi bisnis yang akan selalu hadir ini.


Menerima kritik dan saran dari konsumen

Jika kita memasuki sebuah bank atau instansi pemerintah lainnya, sering kita jumpai adanya kotak saran. Di kotak ini kepuasan pengunjung atau pelanggan bisa dicurahkan. Begitu juga dengan bisnis yang Anda mulai. Menerima kritik dan saran dari konsumen yang merupakan adalah tips memulai bisnis bagi pemula yang harus Anda terapkan. Hal ini pun akan menambah kemajuan dan perkembangan bisnis Anda.

Kritik dan saran dari konsumen akan membuat Anda tahu kemauan konsumen seperti apa. Jangan pernah memandang negatif dari tindakan konsumen di hal tersebut karena jika didiamkan bisnis Anda akan monoton dan tidak ada perubahan sama sekali.


Kerja sama dengan karyawan 

Tips memulai bisnis bagi pemula yang lain adalah Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Dalam bisnis yang akan Anda mulai, Anda pasti membutuhkan seorang karyawan. Dalam hal ini Anda harus bisa bekerja sama dengan membentuk tim yang solid untuk perkembangan bisnis Anda menjadi lebih baik.

Jangan hanya karena Anda seorang bos dari bisnis, Anda malah seenaknya saja memperlakukan karyawan. Anggaplah karyawan seperti keluarga. Sebagai seorang bos, Anda juga harus mengayomi mereka.


Jangan lupa bersedekah

Tips memulai bisnis bagi pemula yang terakhir adalah jangan pernah lupa untuk bersedekah demi kelancaran bisnis Anda. Saling berbagi adalah cara yang baik untuk membuat bisnis Anda semakin berkembag. 


Seperti itulah tips memulai bisnis bagi pemula yang bisa Anda terapkan di kegiatan berbisnis Anda. Semoga Anda sukses dalam membangun bisnis!


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru