Finansial

5 Tips Mengelola Keuangan agar Tidak Gagal Bayar Pinjaman

Paskalia-

24 Sep 2019

5 Tips Mengelola Keuangan agar Tidak Gagal Bayar Pinjaman

Tips mengelola keuangan sangat diperlukan bagi beberapa orang yang memiliki cicilan atau pinjaman di salah satu layanan penyedia pinjaman. Setiap bulan keuangan harus dikelola dengan baik agar bisa membayar semua pinjaman yang Anda miliki. Memiliki pinjaman tentu membuat Anda harus menyisihkan uang setiap bulan agar dapat segera melunasinya. Bahkan ada layanan keuangan yang menetapkan tenor yang sangat singkat untuk pelunasan pinjaman. Bagi Anda selaku peminjam, mau tidak mau harus mempersiapkan uang untuk dapat membayar pinjaman Anda sesuai tempo yang ditetapkan. Namun pada umumnya waktu yang ditetapkan layanan pinjaman di P2P lending untuk pembayaran cicilan pinjaman adalah setiap bulan. 

Tentu pembayaran yang dilakukan tidak hanya untuk pembayaran cicilan pinjaman, tetapi juga untuk membayar bermacam-macam tagihan seperti tagihan telepon, tagihan listrik, tagihan PDAM, tagihan wi-fi, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya tagihan yang harus dibayar, maka Anda harus memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan setiap bulan. Hal ini dapat dilakukan agar semua cicilan dan tagihan bisa dibayar tepat waktu tanpa harus kekurangan dana setiap bulan.


Baca juga: Pinjaman Online Bunga Kecil? Pahami Dulu Risikonya


Pengelolaan dan perencanaan keuangan memang cukup sulit di saat masih memiliki cicilan utang. Namun pengelolaan uang yang baik bukanlah hal yang mustahil yang bisa dilakukan. Jika Anda mengelola uang dengan baik, maka Anda tetap bisa menabung dan berinvestasi. Ini merupakan tantangan bagi beberapa orang yang memiliki utang.

Yang terpenting adalah Anda harus berhenti  untuk menambah utang, karena jika Anda menambah utang, maka mengelola keuangan setiap bulan akan menjadi lebih sulit. Berikut ini adalah tips mengelola keuangan yang bisa diterapkan agar proses pengelolaan keuangan berjalan dengan baik.


Membeli Sesuatu yang Anda Perlu Bukan yang Anda Mau

Langkah pertama untuk dapat mengelola keuangan dengan baik agar tidak gagal membayar pinjaman di P2P lending adalah dengan membeli segala sesuatu yang Anda perlu atau yang menjadi kebutuhan Anda, bukan membeli segala sesuatu berdasarkan keinginan. 

Ketika melihat berbagai barang-barang yang menarik tentu akan membuat Anda ingin memilikinya. Barang-barang tersebut menarik minat. Bisa jadi barang tersebut merupakan barang yang tengah viral atau mempunyai kelebihan-kelebihan khusus, mungkin juga banyak orang yang membeli dan memilikinya. Tentu hal ini membuat daya tarik Anda terhadap barang tersebut menjadi meningkat, tentu akan timbul hasrat untuk dapat memiliki barang tersebut. Akan tetapi Anda harus berhenti untuk memiliki sifat yang seperti ini, karena belum tentu barang-barang itu adalah sesuatu yang Anda butuhkan.

Anda harus membeli apa yang Anda butuhkan. Misalnya, setiap hari membutuhkan beras untuk dapat memasak nasi. Maka beras merupakan kebutuhan pokok yang harus dibeli.

Dengan menerapkan ini maka keuangan Anda akan terkelola dengan baik, dan Anda akan dapat membayar cicilan pinjaman Anda. Berhemat menjadi salah satu cara untuk membantu keuangan Anda, yaitu dengan cara mengendalikan keinginan Anda.


Baca juga: Cara Hidup Hemat agar Budget Bulanan Tidak Cepat Habis


Menyisihkan Uang Setiap Hari

Tips mengelola keuangan yang dapat Anda lakukan berikutnya adalah menyisihkan uang setiap hari. Setiap hari pasti Anda akan memiliki banyak kebutuhan-kebutuhan. Beberapa orang mengalami kesulitan untuk menyisihkan uang setiap hari, padahal jika langkah ini dilakukan maka akan membantu Anda untuk membayar cicilan pinjaman setiap bulan.




Dengan memilah uang yang dikeluarkan sehari-hari lalu disisihkan, Anda dapat lebih cepat melunasi pinjaman. Uang tersebut nantinya akan terkumpul menjadi banyak. Jumlah yang telah terkumpul bisa membantu Anda untuk dapat membayar cicilan. Uang yang terkumpul juga bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, sehingga uang yang digunakan untuk membayar cicilan tidak berkurang untuk mencukupi kebutuhan-kebutuhan sehari-hari.


Mencari Pekerjaan Tambahan

Ada beberapa orang yang mengalami kesulitan untuk dapat membayar tagihan dan cicilan, gaji bulanan yang diterima terkadang tidak cukup untuk membayar tagihan dan cicilan. Hal ini disebabkan karena kebutuhan bulanan yang semakin banyak, tentu hal ini membuat uang tidak dikelola dengan baik.

Yang harus dilakukan adalah mencari pekerjaan tambahan yang dapat mencukupi kebutuhan-kebutuhan setiap hari. Banyak pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan misalnya menjadi seorang freelance content writer, mencoba berjualan online shop, dan masih banyak lagi. Pekerjaan tambahan ini bisa menambah penghasilan, jadi sebagian dari kebutuhan bisa tercukupi dengan pekerjaan tambahan ini. Namun Anda harus mencari beberapa jenis penghasilan tambahan yang tidak mengganggu waktu kerja, karena akan sangat merepotkan jika memiliki pekerjaan tambahan yang mengganggu pekerjaan utama, semua bisa tambah rumit. Maka Anda harus bijak dalam memilih pekerjaan tambahan.


Langkah Hemat dalam Berbelanja Kebutuhan

Langkah selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan agar tidak gagal bayar pinjaman di P2P lending adalah melakukan langkah hemat dalam berbelanja. Saat berbelanja sebagian orang tidak memperhatikan anggaran, mereka berbelanja segala sesuatu sesuai yang mereka inginkan. Namun jika Anda memiliki banyak cicilan, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah memilah-milah barang yang akan Anda beli. 

Misalnya Anda tidak harus memperhatikan merk, tetapi carilah barang yang memiliki harga yang terjangkau dan murah. Dengan melakukan hal ini, maka uang Anda tidak akan banyak berkurang untuk berbelanja kebutuhan-kebutuhan Anda. Langkah hemat dalam berbelanja ini akan sangat membantu Anda untuk dapat membayar cicilan pinjaman setiap bulan.


Mencari Promo untuk Membeli Segala Sesuatu

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengelola keuangan dengan baik adalah dengan mencari promo-promo ketika Anda ingin membeli segala sesuatu. Dengan adanya promo, maka Anda bisa menjadi lebih hemat. Dan biaya yang dikeluarkan untuk membeli sesuatu akan lebih hemat. 

Anda akan mendapatkan barang yang Anda mau tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Hal ini tentu sangat menarik bukan? Anda juga tidak perlu terburu-buru dalam membeli segala sesuatu, tunggu saja promo yang ada dan harga spesial pun akan Anda dapatkan tanpa harus menguras kantong. Langkah penghematan ini akan sangat membantu untuk membayar cicilan online serta mengelola keuangan.


Tips mengelola keuangan di atas bisa Anda lakukan agar tidak gagal membayar pinjaman online. Dengan melakukan beberapa tips di atas secara terus-menerus, maka Anda akan dapat menghemat uang dan akan sangat membantu untuk dapat mengelola keuangan dengan baik. Selamat mencoba.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru