Finansial

5 Tujuan Investasi yang Penting untuk Masa Depan

Kabrina Rian Ferdiani-

21 Jan 2021

5 Tujuan Investasi yang Penting untuk Masa Depan

Kegiatan investasi saat ini menjadi perhatian khusus di berbagai kalangan masyarakat. Kaum milenial atau anak muda yang masih berusia di bawah 30 tahun bahkan semakin tertarik dan gencar aktif dalam aktivitas satu ini. Hal tersebut karena kesadaran finansial yang semakin tinggi sehingga pengaturan keuangan menjadi lebih diperhatikan.

Bagi beberapa kalangan yang belum begitu melek finansial, aktivitas penanaman modal terdengar seperti suatu hal menakutkan. Hal ini karena terdapat bayang-bayang investasi bodong yang kerap diberitakan melalui berbagai media baik itu cetak maupun digital. Padahal, pendanaan bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti atau dikhawatirkan.

Kuncinya Anda harus paham betul ke mana uang tersebut ditempatkan. Bukan bermodalkan “katanya” atau hanya ikut-ikutan teman maupun saudara. Karena hal ini semakin berpotensi merugikan.

Aktivitas pendanaan sendiri harus disertai dengan tujuan finansial yang jelas, seperti dana pensiun, pendidikan, pernikahan, dan sebagainya. Berikut adalah ulasan selengkapnya tentang tujuan melakukan pendanaan.


Baca juga: Ingin Investasi Saham? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya


Investasi untuk Dana Pensiun

Siapa yang tidak ingin menjalani kehidupan sejahtera di masa tua? Menghabiskan masa-masa senja bersama pasangan maupun keluarga dengan nyaman adalah impian semua orang. Oleh sebab itu, banyak orang bekerja keras sejak usia muda untuk mencapai keinginan tersebut, yaitu bebas finansial di masa tua.

Namun keinginan itu hanya bisa terwujud dengan usaha yang tidak main-main. Anda perlu bekerja dengan begitu keras tidak hanya untuk mencukupi berbagai kebutuhan harian tetapi juga tabungan di hari tua. Untuk memiliki uang pensiun rasanya sangat sulit jika hanya mengandalkan penghasilan. Itulah mengapa semakin banyak orang melakukan investasi agar uangnya “bertumbuh”.

Beberapa contoh instrumen pendanaan yang cocok sebagai persiapan dana pensiun adalah reksadana saham, saham, emas, hingga properti. Semakin cepat Anda memulai pendanaan, maka semakin besar pula potensi keuntungan yang akan diperoleh. Karena peruntukannya masih dalam puluhan tahun ke depan, maka tujuan ini termasuk investasi jangka panjang.


Untuk Dana Pendidikan Anak

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap generasi. Sama seperti biaya hidup di kota besar, biaya pendidikan juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu, pos yang satu ini juga harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Tidak ada salahnya menyiapkan dana untuk pendidikan anak meskipun Anda belum memiliki buah hati.

Semakin cepat Anda memulai investasi untuk kebutuhan biaya sekolah anak, maka semakin cepat pula mencapai tujuan yang ditargetkan. Umumnya, dana untuk pendidikan anak termasuk dalam tujuan pendanaan jangka menengah sampai panjang, yaitu antara 3 sampai 5 tahun bahkan lebih. 

Maka jenis instrumen yang bisa dipilih antara lain reksadana, emas, atau saham. Ketiga jenis instrumen pendanaan tersebut relatif cocok untuk jangka panjang dan keuntungannya menarik. Jika sudah terkumpul, Anda tidak akan merasa pusing dengan biaya sekolah untuk putra-putri tercinta. Mengusahakan beasiswa memang bagus, tapi lebih baik punya cadangan khusus, bukan?


Baca juga: 4 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Investasi Emas Batangan


Persiapan Biaya Pernikahan

Semua pasangan tentu menginginkan sebuah pesta pernikahan yang sesuai dambaan. Untuk mewujudkannya, Anda tentu wajib memiliki budget tersendiri sesuai perhitungan. Agar pesta pernikahan impian Anda terwujud, tidak ada salahnya mengalokasikan sebagian dana dari sekarang dalam instrumen investasi baik di pasar modal maupun komoditas. 

Jenis instrumen yang dipilih pastinya harus menyesuaikan target waktu Anda. Jika target tersebut dalam waktu dekat, maka sebaiknya memilih instrumen dengan risiko kecil seperti emas, reksadana pasar uang, atau deposito. Namun jika target tersebut masih lama, rekomendasinya bisa ke pasar saham, reksadana saham, atau emas.

Terkadang ada saja tren melaksanakan pesta pernikahan mewah dengan biaya yang diperoleh dari utang. Ini adalah keputusan keliru karena akan berdampak buruk pada keuangan Anda saat berumah tangga. Untuk menghindarinya, persiapkan biaya pernikahan dari sekarang dengan investasi.


Dana Liburan ke Luar Negeri

Menikmati liburan bersama orang-orang tercinta di tempat impian adalah sebuah keinginan yang ingin diwujudkan banyak orang. Anda juga bisa melakukan hal tersebut namun harus disertai persiapan yang matang. Salah satu caranya yaitu mempersiapkan dana liburan melalui strategi investasi secara tepat.

Misalnya Anda ingin merencanakan liburan ke luar negeri pada akhir tahun atau dua tahun mendatang. Sebaiknya Anda mulai merancang strategi menempatkan uang di instrumen pendanaan sesegera mungkin. Alih-alih menabung biasa, penempatan dana di permodalan mampu menumbuhkan nilai uang tersebut sehingga pada masa yang akan datang nilainya kian tinggi.

Pilihan instrumen yang direkomendasikan misalnya reksadana, emas, atau deposito. Ada pula instrumen peer to peer lending yang juga memberikan keuntungan cukup menarik. Selain untung, investasi P2P Lending juga sekaligus dapat membantu UMKM dalam mengembangkan usaha mereka. Pastikan untuk memilih P2P Lending terpercaya. 


Baca juga: Pengertian dan Jenis Investasi Jangka Pendek


Mempersiapkan Dana Darurat

Kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh sebab itu, mempersiapkan dana darurat tidak bisa disepelekan oleh siapapun. Tiada satupun orang yang mau mengalami kecelakaan, sakit, terkena bencana, atau bahkan dipecat dari pekerjaan. Namun jika hal tersebut sampai terjadi, setidaknya Anda telah memiliki dana darurat. 

Uang tersebut bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar fasilitas kesehatan, dan sebagainya. Cara mempersiapkan dana tersebut antara lain dengan investasi pada instrumen reksadana pasar uang, deposito, emas, hingga P2P Lending. Dengan begitu Anda bisa tetap tenang jika terjadi hal-hal tidak terduga di masa mendatang.

Pendanaan P2P di Modal Rakyat mampu memberikan Anda keuntungan hingga 15-25% per tahun. Angka ini tentunya sangat menarik karena bisa dimulai dengan modal Rp25.000 saja. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar investasi P2P Lending di Modal Rakyat, silakan kunjungi.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru