Gaya Hidup

6 Tips Memiliki Pernikahan yang Bahagia secara Finansial

Kabrina Rian Ferdiani-

23 Jun 2020

6 Tips Memiliki Pernikahan yang Bahagia secara Finansial

Ketika Anda dan pasangan menikah, Anda setuju untuk berbagi masa depan finansial.Namun, uang merupakan masalah penting bagi sebagian besar pasangan menikah.

Meskipun berhasil mengelola keuangan dalam pernikahan adalah penting untuk kebahagiaan Anda bersama, berbicara tentang uang mungkin tidak terjadi secara alami.

Tapi jangan khawatir jika Anda belum sempat membahas peran uang dalam hidup Anda berdua, belum terlambat untuk memulai. Berikut adalah enam tips uang dan pernikahan yang dapat membantu Anda lebih dekat dengan keuangan Anda selamanya bahagia.


Baca juga: Daripada Pesta Mewah, Dana Pernikahan Bisa Dipakai Apa Saja, Ya?


Terus Saling Berbagi Rahasia Keuangan Anda

Sudahkah Anda terbuka mengenai laporan keuangan dengan pasangan? Itu berarti membagikan segalanya mulai dari penghasilan Anda hingga utang Anda.

Mulailah dengan menghitung-hitung apa yang Anda masing-masing memiliki dan juga hitung utang. Aset Anda harus mencakup hal-hal seperti tabungan dan rekening pensiun Anda. Tanggung jawab Anda dapat mencakup utang kartu kredit, cicilan kendaraan, saldo kartu kredit, dan bahkan hipotek.

Mengapa ini penting? "Ketika Anda menikahi seseorang, Anda menggabungkan aset Anda, tetapi itu juga berarti Anda mungkin saling berhutang," kata Debra Greenberg, direktur Bank of America.

Anda mungkin ingin membantu membayar hutang pasangan Anda lebih cepat. Tetapi bahkan jika Anda tidak bisa, lebih baik tidak terkejut dengan sesuatu yang dapat berdampak pada keuangan Anda sebagai pasangan (satu skor kredit rendah, misalnya, bisa menjadi penghalang jika Anda mengajukan permohonan bersama untuk hipotek).

Setelah semuanya telah transparan, mulailah membicarakan tentang rencana keuangan Anda berdua. Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah Anda senang dengan rumah yang Anda tinggali?
  • Apakah Anda (atau pasangan) berencana melanjutkan pendidikan?
  • Apakah Anda akan membayar atau membantu membayar biaya pendidikan anak-anak Anda sendiri, adik perempuan, atau keponakan?
  • Apakah Anda memiliki asuransi yang cukup untuk menyediakan jaring pengaman finansial jika sesuatu terjadi pada salah satu dari Anda?
  • Perawatan kesehatan siapa dan manfaat pekerjaan lainnya lebih baik melayani Anda berdua?
  • Apakah Anda berharap dapat membantu orang tua Anda secara finansial seiring bertambahnya usia?
  • Apakah Anda memiliki aspirasi serupa untuk jenis pensiun yang Anda inginkan?


Buat dan Rangkul Anggaran

Cari tahu bagaimana Anda mengelola biaya, dari anggaran kebutuhan sehari-hari hingga persiapan pensiun. Bahkan jika Anda berdua bekerja, Anda mungkin tidak ingin membagi tugas di tengah jalan.

"Jika Anda memiliki gaji yang lebih tinggi, Anda mungkin bertanggung jawab penuh atas biaya perumahan, dan pasangan Anda dapat menutupi pengeluaran bulanan lainnya. Anda mungkin juga menyumbangkan persentase lebih besar dari penghasilan Anda ke dana pensiun Anda," kata Greenberg. "Anda berdua, bagaimanapun, harus mencoba untuk berkontribusi maksimal ke rekening pensiun."

Ketika mengatur keuangan harian Anda, bicarakan apa yang membuat Anda berdua nyaman. Beberapa pasangan menemukan rekening bank bersama adalah yang paling mudah dikelola. Tapi mungkin Anda sebagai pasangan akan memutuskan untuk menyimpan akun individual - dan berkontribusi secara kontinyu ke rekening bersama untuk menabung atau untuk pembelian yang lebih besar.


Jelajahi Kompatibilitas Anda Sebagai Investor

Sikap Anda dan pasangan tentang uang dan investasi mungkin berbeda dalam hal-hal penting - dan Anda mungkin memerlukan bantuan untuk menyelesaikan masalah saat Anda merencanakan masa depan. Mungkin Anda bersedia mengambil risiko untuk potensi pengembalian yang lebih tinggi, tetapi pasangan Anda lebih suka bertahan dengan pendekatan yang lambat dan mantap.

Tidak apa-apa jika gaya keuangan Anda yang berbeda, ini bahkan mungkin saling melengkapi. Anda hanya perlu terbuka di muka tentang hal itu dan berpikir tentang bagaimana keputusan investasi yang Anda buat hari ini dapat mempengaruhi keamanan keuangan Anda nanti.

Ingatlah bahwa, baik sebagai pasangan atau individu, Anda mungkin tidak selalu membuat keputusan yang tepat tentang uang atau investasi. Itu bagian dari proses pembelajaran. Ketika kesalahan terjadi, belajarlah darinya; jangan menyalahkan diri sendiri atau pasangan Anda, dan terus maju.


Baca juga: Detoks Sosial Media Membantu Kesehatan Finansial?


Konsultasi dengan Seorang Profesional tentang Perbedaan Pajak untuk Pasangan

Mengarsipkan pajak secara bersama-sama dapat memengaruhi keuangan Anda. Luangkan waktu untuk berbicara dengan petugas pajak tentang berbagai opsi pengarsipan dan bagaimana pengaruhnya terhadap gambar pajak Anda. Mungkin juga merupakan ide bagus untuk meninjau pilihan investasi Anda dan mencari tahu apakah ada langkah-langkah hemat pajak yang mungkin Anda pertimbangkan untuk diambil.


Perbarui Surat Wasiat Anda dan Dokumen Hukum Lainnya

Ini selalu merupakan hal yang cerdas untuk dilakukan dan itu tidak rumit. Jika niat Anda adalah menjadikan pasangan Anda sebagai penerima manfaat, Anda akan ingin mengomunikasikan keinginan Anda dan memastikannya tercermin dalam surat wasiat Anda dan dokumen-dokumen hukum atau keuangan penting lainnya, termasuk kebijakan asuransi dan rekening pensiun.

Dan merupakan ide bagus untuk meninjau semua dokumen ini setiap tahun atau lebih - atau lebih sering jika ada perubahan dalam situasi Anda - untuk melihat apakah revisi diperlukan dan untuk menginformasikan penerima manfaat dari setiap perubahan.


Tinjau dan Ulang Keuangan Setiap Tahun

"Semua rencana yang Anda buat dapat dengan cepat dibatalkan oleh pekerjaan baru, pengeluaran baru dan bayi baru," kata Greenberg. "Dari waktu ke waktu, masuk akal untuk melihat segar posisi keuangan dan tujuan Anda. Anda mungkin ingin membuat beberapa perubahan di sepanjang jalan."


Baca juga: 5 Cara Menabung dan Menyesuaikan Budget ketika New Normal

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru