Finansial

6 Tips Menabung dengan Gaji Kecil, Pastikan Target Harian

Paskalia-

18 Apr 2019

6 Tips Menabung dengan Gaji Kecil, Pastikan Target Harian

Memiliki penghasilan yang kecil bukan berarti menjadi Anda tidak bisa menabung. Anda hanya memerlukan cara yang tepat. Jangankan untuk menabung, mencukupi kebutuhan selama sebulan saja mungkin sudah sangat sulit.

Tenang, mulailah berpikir jernih dan bijak. Anda masih memiliki kesempatan untuk menabung meskipun gaji Anda terbilang kecil. Namun untuk berhasil Anda perlu mengetahui cara yang tepat dan efektif. Berikut ini tips menabung dengan gaji kecil yang bisa Anda ikuti.


Menyusun Target Harian Pribadi

Anda bisa mulai menyusun target pribadi untuk mengatur keuangan Anda secara lebih cermat. Tetapkan berapa nominal uang yang ingin Anda tabung dan pisahkan dengan uang yang akan Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan.

Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah untuk menabung karena Anda telah merencanakan jumlah nominal yang akan Anda sisihkan dari total penghasilan yang Anda terima tiap bulannya.

Anda bisa mulai dari jumlah yang kecil terlebih dahulu, misalnya Rp50 ribu. Jika Anda berhasil menghemat sebanyak Rp50 ribu dalam sebulan, maka Anda bisa meningkatkan jumlah uang yang ingin Anda tabung menjadi Rp100 ribu di bulan berikutnya dan begitulah seterusnya hingga Anda mengetahui mana yang terbaik untuk Anda.


Baca juga: Alasan Pengajuan Pinjaman Online Bunga Kecil Anda Ditolak


Menabung Rutin Setiap Hari

Tips menabung dengan gaji kecil berikutnya ialah dengan menabung setiap hari. Bagaimana caranya? Anda bisa memulai dengan menghemat pengeluaran setiap harinya. Sebagai contoh, Anda setiap hari biasa menghabiskan uang sebanyak Rp50 ribu. Maka Anda bisa memangkas pengeluaran harian tersebut menjadi hanya sebesar Rp40 ribu. Dengan begitu saja Anda sudah bisa menghemat sebanyak Rp10 ribu setiap harinya.

Sisihkan uang Rp10 ribu tersebut untuk ditabung dan tunggu hingga sebulan penuh. Jika tidak ada halangan, maka Anda akan bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp300 ribu selama sebulan.

Jika Anda terus melakukan penghematan tersebut secara rutin setiap bulannya, kemungkinan jumlah tabungan Anda bisa mencapai Rp900 ribu dalam waktu tiga bulan. Penghematan yang luar biasa bukan ?


Miliki Dua Rekening Berbeda untuk Kebutuhan yang Berbeda

Jika cara tersebut masih belum berhasil, Anda mungkin bisa mencoba cara yang berikut ini, yaitu membuat dua rekening bank.

Memiliki dua rekening bank bisa membantu Anda untuk membatasi pengeluaran harian dan pengeluaran bulanan agar menjadi lebih teratur. Bagaimana cara kerjanya ?

Pertama, Anda perlu memisahkan antara uang yang ingin Anda tabung dengan uang untuk memenuhi kebutuhan bulanan di dua rekening yang berbeda. Untuk menyimpan uang yang ingin Anda tabung, pilihlah rekening yang memiliki potongan kecil atau tidak ada sama sekali serta jangan buatkan kartu ATM. Hal ini bertujuan agar Anda tidak bisa dengan mudah menarik uang yang telah Anda tabung tersebut.

Selanjutnya, simpanlah jumlah uang yang telah Anda tetapkan untuk kebutuhan sehari-hari pada rekening yang berbeda. Hal tersebut akan membuat Anda terdorong untuk memanfaatkan sejumlah uang yang sudah tersedia di rekening tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan, baik cukup atau tidak. Sedikit memaksa, tetapi cara ini memang lebih efisien untuk membatasi pengeluaran Anda yang berlebihan.


Baca juga: Bila Finansial Wanita Seperti Ini, Dia Pribadi Yang Mandiri


Hindari Kartu Kredit

Bukan hanya kartu ATM, penggunaan kartu kredit juga perlu Anda hindari. Jika Anda menggunakan kartu kredit, hal itu justru bisa membuat Anda semakin boros karena akan lebih mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Padahal barang-barang tersebut bukan termasuk barang yang penting, tetapi Anda tidak memperdulikan itu karena Anda bisa membelinya dengan mudah dengan menggunakan kartu kredit setiap saat.

Jika Anda berniat untuk hidup hemat, maka Anda perlu menghindari kebiasaan menggunakan kartu kredit. Mungkin cukup sulit, tetapi Anda bisa melakukannya dengan perlahan-lahan. Misalnya, jika Anda biasa menggunakan kartu kredit sebanyak lima kali dalam sebulan, maka Anda bisa mengurangi frekuensinya dengan membatasi penggunaan sebanyak tiga kali saja.

Di bulan berikutnya, Anda bisa mengurangi kembali penggunaan kartu kredit menjadi dua kali dalam sebulan. Batasi terus penggunaan tersebut hingga Anda merasa cukup.

Jika Anda merasa bahwa penggunaan kartu kredit membuat Anda semakin merugi, maka lebih baik Anda memutuskan untuk tidak menggunakan kartu kredit sama sekali. Dengan demikian, Anda akan belajar untuk memprioritaskan hal-hal yang lebih penting dibandingkan menghabiskan uang untuk membeli barang-barang yang kurang penting.


Siapkan Dana Darurat di Awal Bulan

Lebih baik Anda langsung menyiapkan dana darurat di awal bulan dibanding akhir bulan. Mengapa begitu? Menyiapkan dana darurat di awal bulan dapat memudahkan Anda untuk mengatur keuangan Anda secara keseluruhan. Itu karena pada awal bulan, gaji Anda masih utuh dan belum banyak terpakai, sehingga Anda bisa mengatur keuangan Anda secara lebih bebas dan leluasa.


Menyiapkan dana darurat di awal bulan juga memungkinkan Anda untuk dapat mengatur budget bulanan dengan baik tanpa harus mengganggu tabungan yang Anda simpan.


Mulai Berpikir Dewasa dan Berinvestasi

Berapapun umur Anda, tidak ada kata terlalu muda atau terlambat untuk memulai yang namanya investasi. Anda bisa memulai investasi kecil-kecilan dengan menyisihkan sebagian penghasilan yang Anda peroleh setiap bulannya. Salah satu contoh investasi yang cocok untuk pemula ialah investasi emas. Emas memiliki harga yang cukup stabil dan bersifat fleksibel yang artinya Anda bisa memulai investasi dengan menyesuaikan budget yang Anda miliki.

Selain melalui pegadaian dan antam, Anda juga bisa memulai investasi emas secara online melalui berbagai situs, seperti Tokopedia, BukaLapak, dan lain-lain. Prosedur investasi emas di tiap situs online biasanya tidak jauh berbeda, yaitu dimulai dengan registrasi atau pendaftaran online lalu top-up dana.

Jumlah minimal investasi yang diterapkan masing-masing situs juga umumnya tidak terlalu tinggi, bahkan bisa jauh lebih kecil dibandingkan dengan investasi emas di pegadaian. Contohnya, Anda diperbolehkan untuk membeli emas seberat 0,005 gram di situs online tertentu.

Bagaimana? Setelah diuraikan, ternyata Anda tidak perlu lagi terpaku pada modal yang besar karena kenyataannya Anda bisa memulai investasi dengan modal yang kecil. Sedikit demi sedikit, jumlah tabungan akan menjadi besar jika Anda rutin menabung dengan disiplin.

Itulah 6 tips menabung dengan gaji kecil yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru