Finansial

Bisnis

Alasan Pengajuan Pinjaman Online Bunga Kecil Anda Ditolak

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Mar 2021

Alasan Pengajuan Pinjaman Online Bunga Kecil Anda Ditolak

Tahukah bahwa ternyata ada beberapa alasan kenapa pengajuan proses layanan pinjaman online bunga kecil Anda ditolak mentah-mentah?

Tentu saja itu karena saat ini sudah ada layanan SID. Yaitu sebuah layanan yang dulunya familiar dengan sebutan BI Checking untuk mengecek seberapa baguskah credit score Anda.

Jadi bila dulunya kebanyakan orang mungkin sering menunggak pembayaran, maka jangan heran bila akhirnya pengajuannya pasti ditolak mentah-mentah.

Karena itu berarti memiliki reputasi yang buruk atau bahkan termasuk orang bermasalah sehingga semuanya terekam ke dalam layanan tersebut dan menyebabkan pinjaman online bunga kecil ditolak.


Baca juga: Keuntungan Ajukan Pinjaman Usaha Secara Online Syarat Mudah


Peran SLIK OJK untuk Kreditur dan Nasabah

Perlu diketahui bahwa apa saja yang dilakukan oleh seorang nasabah, semua kegiatan proses pinjam meminjam itu selalu terekam dengan baik ke dalam SLIK OJK. Sehingga jangan heran bila proses persyaratan yang diberikan oleh layanan pinjaman online bunga kecil Anda sudah lengkap, namun tetap saja masih ditolak.

Bila hal tersebut sudah terjadi, sebaiknya jangan marah dulu. Tapi perhatikan dulu bagaimana riwayat kredit Anda pada waktu sebelumnya. Bila merasa tidak pernah ada masalah, kemungkinan besar ada beberapa hal yang terlewatkan dalam hidup Anda. Entah itu karena slip gaji yang tidak memungkinkan atau bahkan identitasnya yang dianggap fraud.

Segala kemungkinan seperti itu bisa saja terjadi sehingga bisa menyebabkan penolakan dari pihak layanan pinjaman online bunga kecil. Jadi Anda harus lebih pandai lagi dalam menganalisanya sebelum menggunakan jasanya. Kemudian kembali pada peran SLIK itu sendiri sangat bisa membantu para kreditur dan nasabah.

Baca juga: 4 Faktor Penyebab Kegagalan menjadi Wirausahawan Sukses

Bagi seorang kreditur, tentunya dengan adanya beberapa macam informasi dari layanan tersebut membuat mereka lebih mudah menganalisa beberapa nasabah yang mengajukan pinjaman. Setidaknya hal tersebut bisa memudahkan mereka juga dalam memberikan nilai terhadap reputasi kredit para nasabahnya sejak awal.

Disamping itu dari segi efisiensinya juga sudah jelas lebih baik. Karena berkat mereka, segala kegiatan proses pinjaman online bunga kecil berlangsung lebih transparan. Biasanya layanan dari pemerintah tersebut memberikan informasi lengkap seputar status agunan serta beberapa riwayat kredit lainnya secara mendetail. 

Sementara itu bagi seorang nasabah, maka kehadiran SLIK bisa membuat mereka lebih mudah mengakses layanan pinjol dengan cepat. Karena dengan hanya mengandalkan reputasi finansialnya, maka mereka sudah bisa mendapat peluang pinjaman tanpa harus menyiapkan jaminan dulu.


Baca juga: Fenomena P2P Lending Indonesia di Hadapan Mata Dunia


Alasan Pengajuan Pinjaman Online Bunga Kecil Ditolak

Ada beberapa macam alasan kenapa permintaan seseorang bisa ditolak dari permohonan pinjaman bila dilihat dari SLIK. Salah satunya adalah soal catatan kreditnya. Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwa bila Anda memiliki riwayat yang bermasalah pada waktu sebelumnya, hal tersebut bisa mempengaruhi hasil analisa pihak kreditur kepada Anda.

Bahkan 1 riwayat saja buruk, hal tersebut akan tertulis semuanya ke dalam catatan SLIK OJK. Itulah sebabnya bila Anda ingin pengajuannya langsung diterima, pastikan sebelumnya selalu membayar tagihan secara rutin. Pastikan selalu mengajukan hutang sesuai dengan kemampuan, bukan hanya karena pinjaman online bunga kecil.

Alasan lainnya kenapa permohonannya langsung ditolak adalah bisa saja permintaan Anda berjumlah terlalu besar. Karena riwayat kredit Anda bisa langsung menjadi merah bila terlalu banyak dalam mengambil jumlah pinjaman, khususnya jika jumlah penghasilannya masih sangat terbatas. Terlebih bila sebelumnya memiliki tagihan credit card, otomatis itu bisa memperparah hasil analisanya.

Baca juga: Format Invoice Sederhana yang Sering Digunakan

Salah satu penyebab ditolaknya adalah karena bisa jadi hal tersebut beresiko terjadinya kredit macet, sehingga pihak pemberi pinjaman lebih berhati-hati dalam memberikan bantuan kepada Anda. Maka dari itu bayar lunas dulu pinjaman online bunga kecil Anda lainnya, barulah kemudian bisa mengajukan lagi.

Sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai masalah karena hutang tersebut. Disamping itu, kebiasaan melakukan keterlambatan dalam membayar angsuran juga bisa menjadi petaka buat Anda. Meski terlihat sepele, namun ternyata karena ini pula bisa menjadikan permintaan Anda tidak pernah diterima.


Baca juga: Due Diligence: Pengertian, Jenis, Proses, dan Persiapannya


Pentingnya Menjaga Rapor Kredit Tetap Bagus

Di mana saja Anda mengajukan pinjaman, sebaiknya jagalah riwayat kredit selalu bagus setiap waktu. Karena itu nanti akan membuat Anda lebih mudah mengajukannya kembali ketika sedang membutuhkan. Maka dari itu pastikan untuk mengajukannya demi kepentingan produktif saja, bukan konsumtif.

Dengan begitu hasil uang pinjaman online bunga kecil tersebut menjadi lebih bermanfaat dan bisa menghasilkan perputaran finansial yang membaik. Disamping itu jangan lupa selalu membayar tagihannya tepat waktu sesuai deadlinenya. Ini merupakan cara terbaik supaya rapor kreditnya selalu bersih di mata SLIK OJK.

Sehingga ketika ingin mengajukan hutang lagi, maka sudah pasti tidak akan mengalami penolakan lagi karena riwayatnya dianggap baik. Jadi bagi mereka yang memiliki tagihan hutang, belajarlah untuk bersikap disiplin dan berkomitmen dalam menyisihkan dana penghasilan setiap hari.

Baca juga: Pinjaman Online Bunga Kecil tanpa Kartu Kredit

Porsi terbaik dalam mengajukan pinjaman online bunga kecil adalah 30% saja. Itu dihitung dari pendapatan Anda setiap bulan. Bila lebih dari itu, maka Anda harus bekerja lebih keras supaya semua tagihannya tertutup lunas. Sehingga istirahat juga menjadi tenang karena tidak memiliki angsuran.

Tentunya hal seperti ini jauh lebih baik daripada Anda terus menerus mengajukan hutang untuk hal-hal yang konsumtif dan sifatnya menghambur hamburkan uang. Yang pasti jangan pernah jadikan sebagai momok mengerikan. Karena sebenarnya hal tersebut kembali pada diri sendiri.

Seberapa pandai Anda dalam mengatur keuangan, maka disitulah akan merasa lebih aman dalam mengajukan pinjaman. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik, otomatis itu akan mempengaruhi faktor kemudahan dan resiko pengajuan pinjaman online bunga kecil yang pasti bisa terbayar lunas.


Baca juga: Rumus Produktivitas Kerja: Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru