Finansial

Ini Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros saat Pacaran

Kabrina Rian Ferdiani-

02 Jul 2021

Ini Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros saat Pacaran

Cara mengatur keuangan sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk bagi orang yang berpacaran. Tidak bertemu kekasih hati sehari saja pasti membuat Anda merasa rindu dan ingin segera bertemu, meski hanya mengobrol saja. 

Waktu bersama orang terkasih memang berlalu lebih cepat dan rasanya kita ingin selalu bersama pacar sepanjang hari. Namun, kencan juga membutuhkan budget yang tidak sedikit dan Anda harus tahu bagaimana mengatur keuangan saat pacaran.


Baca juga: “Pacar Boros, Aku Harus Gimana?” Inilah 5 Tips Menghadapinya


7 Cara Mengatur Keuangan saat Pacaran

Apakah Anda punya pacar? Jika iya, pasti banyak waktu yang ingin Anda habiskan bersama kekasih hati. Ada banyak hal yang biasa dilakukan oleh sepasang kekasih, seperti makan bersama, nonton bioskop, karaoke, traveling dan lain sebagainya. 

Setiap kali kita jalan bersama pasangan, pasti ada budget yang harus kita siapkan dalam melakukan berbagai aktivitas tersebut. Semakin sering kita bertemu, maka semakin banyak uang yang harus dikeluarkan untuk kencan bersama pacar.

Padahal, kita juga harus memikirkan bagaimana masa depan hubungan ini. Jika Anda berencana untuk menikah, tentu saja harus ada tabungan yang cukup di masa depan sehingga Anda harus tahu cara mengatur keuangan saat menjalani pacaran.

Hindari Saling Meminjam Uang

Setiap orang memiliki kebutuhan uang yang berbeda-beda karena gaya hidup dan kebutuhan hidup sehari-hari yang berbeda. Bahkan, sepasang kekasih juga memiliki anggaran yang berbeda untuk memenuhi kebutuhannya. 

Meskipun pasangan termasuk orang terdekat, tapi sebisa mungkin untuk tidak meminjam uang satu sama lain. Cara mengatur keuangan ini sangatlah penting karena kita tidak pernah tahu bagaimana hubungan kedepannya. 

Terkadang, uang bisa menjadi masalah sensitif bagi beberapa orang dan hal ini justru bisa menjadi penyebab keretakan dalam hubungan Anda. Jika memang Anda membutuhkan biaya tambahan, Anda bisa minta tolong untuk carikan pekerjaan saja.

Patungan saat Kencan

Sebagian dari kita mungkin masih berpikiran bahwa laki-laki yang bertanggung jawab membayar setiap pengeluaran kencan kita, tapi anggapan itu salah. Pacaran adalah hubungan yang dijalani oleh dua orang jadi bukan hanya laki-laki saja yang harus mengeluarkan uang.

Apalagi seorang laki-laki juga memiliki tanggung jawab untuk menabung demi masa depan dan rencana pernikahan bersama Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menerapkan cara mengatur keuangan ini dalam hubungan pacaran Anda.

Misalnya saja, pacar Anda membayar biaya makan siang maka Anda bisa membayar biaya makan malam. Dengan berbagi suka duka seperti ini, hubungan Anda akan lebih romantis dan erat, sekaligus bisa menghemat pengeluaran keduanya.

Dinner dengan Masakan Sendiri

Siapa bilang dinner harus keluar rumah, di restoran, rumah makan, cafe atau di hotel? Anda masih bisa menikmati dinner romantis dan berkesan di rumah dengan mengandalkan kemampuan memasak sendiri. 

Bagi Anda yang suka atau hobi memasak, maka Anda bisa membuat beberapa makanan dan minuman yang disukai pacar. Cara mengatur keuangan ini justru memberikan kesan yang lebih berarti untuk pasangan Anda.

Selain makanan dan minuman, Anda juga bisa mempersiapkan tempat yang romantis ala restoran. Misalnya, menghias meja makan dengan bunga, lilin, aromaterapi, dan lainnya sehingga tidak kalah cantik dengan restoran atau cafe.

Cobalah Warung Makan

Cara mengatur keuangan saat pacaran yang selanjutnya adalah memilih warung makan dibanding restoran. Tidak ada yang salah memang jika Anda memilih restoran, tapi warung makan dirasa menjadi pilihan yang lebih hemat untuk keuangan Anda.

Masakan di warung makan ternyata tidak kalah enak dengan makanan yang ada di restoran. Tempatnya mungkin lebih sederhana dibanding restoran atau cafe mahal, tapi Anda tetap bisa menikmati momen bersama pasangan.

Selain itu, Anda juga bisa lebih menghemat keuangan saat makan di warung karena harga setiap makanan dan minuman lebih terjangkau dibanding menu di restoran. Dengan begitu, Anda bisa menabung sisa uang sebagai cara mengatur keuangan.

Menabung Bersama

Dalam menjalin hubungan pacaran, tentu Anda sudah memiliki gambaran bagaimana hubungan ke depan yang lebih serius, yaitu menuju pernikahan. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk melangsungkan pernikahan, khususnya dalam hal budget.

Sesederhana apapun pesta pernikahan tetap saja membutuhkan dana yang tidak sedikit. Belum lagi dengan kehidupan rumah tangga Anda ke depannya yang juga membutuhkan banyak dana, seperti untuk beli rumah dan memenuhi kebutuhan.

Itulah mengapa Anda harus menerapkan cara mengatur keuangan selama pacaran dengan cara menabung bersama. Namun, Anda harus membicarakan berbagai hal keuangan ini di awal agar tidak terjadi kesalahpahaman apabila hubungan kandas. 

Berbincang tentang Keuangan dengan Santai

Masalah keuangan menjadi bagian penting yang harus Anda bahas bersama pacar agar Anda bisa mengetahui bagaimana pandangannya tentang keuangan. Justru hal ini wajib Anda lakukan sehingga bisa menyesuaikan pemikiran sebelum menikah.

Membahas cara mengatur keuangan tidak harus dilakukan dengan serius, tapi juga bisa dilakukan dengan santai. Anda bisa membahas hal ini bersama pasangan saat berada di cafe, di taman, atau saat di telepon sekalipun. 

Kemampuan mengatur keuangan sangat diperlukan dalam rumah tangga karena ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan membutuhkan biaya. Oleh karena itu, lakukan pembahasan sedini mungkin agar saling memahami satu sama lain.

Pacaran Outdoor

Siapa bilang kencan hanya menghabiskan uang saja? Anda bisa melakukan berbagai kegiatan bersama yang hemat namun tetap menyenangkan. Misalnya saja, bersepeda di taman, jogging di lapangan atau berkunjung ke rumah teman.

Tidak hanya itu, bahkan banyak pasangan yang sekedar menghabiskan waktu dengan bermotoran menikmati pemandangan. Bukan mahal dengan kegiatan yang dilakukan, namun bagaimana kita memanfaatkan momen kebersamaan dengan baik.


Baca juga: Bicarakan Perencanaan Keuangan Sebelum Menikah


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama P2P Lending Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 18% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru