Finansial

Anak Kosan Jangan Putus Asa, Coba Dulu 5 Tips Menabung ini!

Paskalia-

21 May 2019

Anak Kosan Jangan Putus Asa, Coba Dulu 5 Tips Menabung ini!

Anak kos identik dengan kehidupan serba irit dan food insecurity di akhir bulan. Hal itu tidak terlepas dari tingginya pengeluaran rutin mereka setiap bulannya, mulai dari bayar kos, beli makanan dan minuman, beli bensin hingga beli pulsa.

Dilihat dari sumber keuangannya, anak kos bisa dikelompokkan ke dalam dua tipe. Tipe pertama adalah anak kos yang hanya mengandalkan kiriman orang tua saja. Tipe kedua tidak hanya mengandalkan kiriman dari orang tua saja, tetapi mereka juga bekerja paruh waktu untuk mendapatkan penghasilan.

Anda termasuk tipe yang mana? Baik di tipe pertama maupun kedua, ada baiknya Anda simak tips menabung berikut ini.


5 Tips Menabung Ala Anak Kosan

Tipe pertama atau tipe kedua biasanya sama-sama akan menghadapi masa kanker (kantong kering) di akhir bulan, ya. Kecuali jika mereka anak sultan.

Jika Anda termasuk anak kos yang selalu habis-habisan bahkan berkekurangan di akhir bulan, maka hal tersebut akan menyulitkan Anda dalam menabung. Jangankan menabung, bisa bertahan hidup sampai tanggal 1 saja masih ragu.

Namun semua belum terlambat jika Anda mau berusaha dan tidak berputus asa. Berikut ini adalah tips menabung yang bisa Anda coba agar kebutuhan bulanan tetap terpenuhi dengan baik dan menyisakan uang lebih yang bisa ditabung di akhir bulan.


Baca juga: 4 Contoh Usaha Dengan Modal Bisnis Minim


1. Kelola Alokasi Keuangan

Tips menabung yang pertama dimulai dari mengatur alokasi keuangan. Dalam mengatur alokasi keuangan, Anda perlu menyiapkan daftar kebutuhan prioritas untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang punya tingkat urgensi tinggi dan apa saja yang punya tingkat urgensi rendah.

Selama menyusun skala prioritas, tips menabung yang disarankan adalah Anda bisa secara leluasa melakukan eksperimen dengan memangkas berbagai pengeluaran yang kurang penting. Nantinya Anda akan mengetahui kebutuhan apa saja yang memang perlu dipangkas agar pengeluaran tidak membengkak terus setiap bulannya.


2. Kurangi Kredit Barang yang Kurang Penting

Setelah menyusun skema alokasi keuangan, kini saatnya Anda mengurangi kebiasaan kredit atau mencicil barang-barang yang kurang penting. Hal ini menjadi tips menabung yang penting Anda perhatikan. Dalam konteks ini, smartphone bisa jadi salah satu benda kurang penting yang dimaksudkan. Mengapa demikian?

Hal ini disebabkan smartphone memiliki harga yang bervariasi. Artinya, Anda memiliki keleluasaan untuk menyesuaikan harga smartphone dengan budget yang Anda miliki.  Tidak ada alasan bagi Anda untuk memaksakan diri membeli smartphone tertentu yang dibanderol dengan harga tinggi.

Selanjutnya, hilangkan obsesi berlebih Anda terhadap barang-barang mewah. Hal yang demikian akan membuat Anda mudah lepas dari kebiasaan mencicil barang.

Memang terdengar sulit, namun jika Anda mau mengedepankan sisi fungsionalitas barang ketimbang sisi prestisnya, maka meninggalkan kebiasaan mencicil barang mewah akan menjadi lebih mudah.

Bayangkan berapa banyak pengeluaran yang bisa dihemat jika Anda menerapkan tips ini dalam kehidupan sehari-hari?


Baca juga: 4 Tanda Bunuh Diri Dalam Mengatur Finansial


3. Masak Makanan Sendiri

Tidak semua anak kos suka masak, lho. Anda termasuk di antaranya?

Jika Anda terbiasa membeli makanan cepat saji entah itu di restaurant atau di warteg, maka hal itu tetap saja merupakan pemborosan. Tips menabung yang disarankan, kurangi kebiasaan membeli makanan di luar rumah. Mulailah mengolah sendiri bahan-bahan mentah untuk dijadikan hidangan lezat yang sehat dan mengenyangkan.

Dengan mengolah sendiri bahan makanan, Anda akan menghemat banyak pengeluaran. Memang dibutuhkan usaha lebih terutama bagi Anda yang malas ke dapur, tetapi jika dilakukan secara perlahan dan terus menerus, maka Anda akan mulai terbiasa dengan hal tersebut.


4. Bawa Bekal

Saat kesibukan di kampus mulai menyerang, Anda mungkin akan lebih sering melakukan aktivitas di luar rumah, entah itu di kampus, perpustakaan, atau di ruang publik lainnya.

Hal tersebut akan mendorong Anda untuk kembali kepada gaya hidup konsumtif. Jika tidak bisa dikendalikan dengan baik, Anda bisa terpengaruh dan langsung membelanjakan uang untuk membeli apa saja yang Anda inginkan, termasuk makanan.

Untuk mengatasi hal tersebut, tips menabung yang disarankan adalah Anda bisa mulai menerapkan kebiasaan sederhana dengan membawa bekal makanan. Membawa bekal makanan ketika bepergian di luar rumah akan mengurangi kecenderungan untuk membeli makanan di restaurant atau di warung makan.

Apalagi jika Anda sendiri yang menyiapkan bekal makanan tersebut. Maka tanpa perlu diminta, Anda akan ikhlas menyantapnya sampai habis. Namun, jangan lupa untuk membawa air minum sendiri, ya! Biar tidak seret di tenggorokan. Hal ini juga termasuk tips menabung, karena dengan membawa bekal air minum sendiri Anda tidak perlu membeli jajanan minuman.


5. Hindari Gaya Hidup Foya–Foya

Hidup boros biasanya juga dipengaruhi oleh lingkaran sosial Anda. Ketika Anda berteman dengan orang-orang yang hobi hidup foya-foya, maka secara perlahan Anda pun bisa terpengaruh juga dengan kebiasaan buruk mereka.

Awalnya Anda hanya akan diajak pergi bermain ke mal biasa, lama-lama Anda akan diajak untuk berbelanja barang-barang yang tidak penting. Hal-hal seperti itu bisa membuat Anda terbiasa hidup boros. Lalu, bagaimana kabar tabungan Anda jika selalu dihabiskan untuk benda-benda yang kurang signifikan?

Tips menabungnya adalah mulai sekarang hindari pertemanan yang tidak sehat, yaitu pertemanan yang secara tidak langsung mengajak Anda untuk berperilaku boros. Jangan pula merasa segan untuk menolak ajakan pergi ke bioskop, cafe, atau mal. Anda tidak perlu ragu untuk meninggalkan kebiasaan hidup boros.

Jika Anda berhasil menerapkan kebiasaan hidup sederhana, maka peluang Anda untuk menyisihkan uang untuk ditabung akan menjadi lebih besar.


Itulah 5 tips menabung yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak kos. Tidak penting berapa uang yang bisa Anda tabung. Suatu hari, uang tabungan tersebut akan menjadi banyak dan bisa dimanfaatkan untuk menutupi berbagai kebutuhan Anda.

Selain berguna untuk menutupi kebutuhan di masa depan, uang tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha rintisan atau investasi kecil-kecilan sebagai usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagaimana bisa? Tentu bisa. Memulai bisnis kini tidak perlu bergantung pada  modal yang besar. Bahkan hanya dengan dana ratusan ribu rupiah, Anda sudah bisa memulai investasi, emas misalnya. Atau dari nol modal. Bisa juga, menjadi dropshipper misalnya.

Bagaimana menurut Anda, anak kos ternyata bisa menabung juga kan? Dijamin tidak kalah, deh, sama yang sudah berdasi.


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru