Bisnis

Anda Tinggal di Desa? Inilah Peluang Usaha Pinggir Jalan

Kabrina Rian Ferdiani-

11 Dec 2020

Anda Tinggal di Desa? Inilah Peluang Usaha Pinggir Jalan

Peluang usaha bisa Anda dapatkan dari mana saja asalkan bisa melihat potensi yang ada di sekitar. Semakin hari semakin banyak pelaku bisnis di berbagai bidang sehingga persaingan pun semakin ketat. Bagi Anda yang ingin memulai suatu bisnis atau usaha, tentu harus memperhatikan banyak hal. 

Cara paling mudah untuk mendapatkan jenis usaha paling tepat adalah melihat bagaimana kondisi dan kebutuhan di sekitar Anda. Usaha yang cocok untuk desa, kota, dekat sekolah itu akan berbeda karena tergantung dengan target pasar dari usaha Anda. Itulah mengapa penting melakukan analisa target pasar. 

Bagi Anda yang tinggal di pedesaan, maka pilihlah peluang usaha yang memang cocok dengan kondisi di desa tersebut. Melihat apa yang dibutuhkan oleh warga sekitar menjadi cara paling mudah untuk menemukan ide bisnis. Jika Anda masih bingung memilih usaha seperti apa, berikut inspirasi untuk Anda.


Baca juga: Peluang Usaha di Rumah di Tengah Pandemi


Membuka Usaha Warung Lesehan

Peluang usaha pertama yang cocok untuk pinggir jalan di desa adalah membuka warung lesehan. Anda bisa memanfaatkan sedikit ruang di tepi jalan untuk berjualan berbagai macam penyetan atau lainnya di bawah warung tenda sederhana. Jangan lupa gunakan alas karpet atau tikar sebagai tempat makannya. 

Umumnya, orang-orang suka dengan menu sederhana, seperti tusukan usus, sate, gorengan, bakaran dan jangan lupa untuk menyertakan sambal sebagai menu pelengkap yang paling diminati. Selain itu, sediakan pula lalapan yang masih segar dan juga tempat untuk cuci tangan atau kobokan.

Sebenarnya, Anda bisa warung lesehan kapan saja, baik pagi, siang atau malam, tapi kebanyakan warung lesehan buka di sore atau malam hari karena sering digunakan sebagai tempat nongkrong. Peluang usaha ini sepertinya sangat menjanjikan, apalagi jika di jalan menyuguhkan pemandangan yang indah.

Ada banyak menu lesehan yang sering disediakan antara lain pecel lele, ayam goreng, nasi goreng, pecel ayam dan masih banyak lagi. Pilihlah menu yang sekiranya banyak peminat dan disukai oleh masyarakat sekitar. Karena itu, Anda perlu melakukan survei yang kecil-kecilan sebelum akhirnya dapat memanfaatkan peluang usaha ini.


Menjual Bensin Secara Ecer

Sekarang ini hampir setiap orang memiliki kendaraan bermotor dan sering digunakan sebagai transportasi paling umum di Indonesia. Semakin sering digunakan, motor membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak, itulah mengapa berjualan bensin menjadi peluang paling usaha paling menguntungkan di tepi jalan.

Di desa atau kampung, pasti sulit untuk menemukan pom bensin, bahkan jauh sehingga masyarakat sekitar lebih memilih beli bahan bakar motor di tepi jalan. Apalagi jika di kawasan tersebut belum ada penjual bensin, maka jangan lewatkan peluang yang satu ini karena dijamin jualan akan laris. 

Dulu, saat kita ingin jualan bensin, kita harus menyiapkan botol sendiri dan kemudian mengisinya dengan bensin eceran per liter. Namun, dengan kemajuan zaman sekarang ini sudah tersedia pembuatan POM bensin mini sehingga lebih praktis dan ini menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan. 

Tingginya kebutuhan masyarakat akan bahan bakar ini pasti membuat jualan Anda laris manis. Tidak masalah jika keuntungan yang didapatkan tidak begitu besar, asalkan setiap hari tetap ada pemasukan dan pekerjaannya pun cukup mudah. Bahkan, Anda masih bisa melakukan pekerjaan lain selagi berjualan bensin.


Jualan Sayur di Pagi Hari

Setiap hari pasti kita membutuhkan sayur untuk dimasak dan ini bisa dijadikan peluang usaha paling menguntungkan di kampung. Modal kecil atau besar, tetap saja bisa menjalankan usaha yang satu ini, tergantung dengan pangsa pasar yang Anda tuju sehingga besaran modal bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Terkadang, banyak orang yang enggan belanja terlalu jauh untuk membeli kebutuhan sayur, apalagi jika jarak ke pasar tidaklah dekat. Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk berjualan sayur di depan rumah atau pinggir jalan. Dengan modal yang kecil sekali pun, Anda sudah bisa membuka usaha ini. 

Sebelumnya, Anda bisa bangun pagi hari untuk membeli sayuran di pasar dengan harga grosir atau lebih murah. Lalu kemudian, Anda menjualnya dengan harga ecer sehingga akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga tersebut. Peluang usaha yang menguntungkan dan mudah, bukan?

Pagi hari menjadi waktu yang paling tepat untuk berjualan sayur karena biasanya ibu-ibu akan membeli sayur di pagi hari untuk menyiapkan masakan hari ini. Pastikan bahwa Anda menjual sayur dengan lengkap, mulai dari sayur hijau hingga bumbu untuk memasak agar pembeli juga merasa senang.


Menjual Berbagai Macam Gorengan Hangat

Siapa yang tidak suka gorengan? Makanan yang satu ini memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih dan lezat sehingga cocok untuk menemani setiap kegiatan. Tidak heran jika berjualan gorengan menjadi salah satu peluang usaha cukup menjanjikan di kampung atau pedesaan.

Pinggir jalan memang menjadi lokasi paling tepat untuk berjualan gorengan, apalagi dengan harga murah, maka akan semakin banyak peminatnya. Yang pasti bukan hanya murah, pastikan bahwa Anda memiliki resep tersendiri untuk membuat gorengan terasa lebih lezat dibandingkan gorengan lain. Cukup menjanjikan, bukan?

Anda bisa menyiapkan gerobak yang digabung sekaligus dengan kompor untuk menggoreng gorengan agar masih hangat ketika disajikan pada pembeli. Beberapa macam gorengan yang tak pernah sepi peminat adalah tempe mendoan, tempe gembus, bakwan, pisang goreng, tahu isi dan masih banyak macamnya untuk dijadikan peluang usaha.

Untuk bisa membangun usaha sendiri, memang dibutuhkan modal yang terkadang tidak sedikit. Apabila kesulitan dalam mendapatkan modal usaha, Anda bisa mempercayakannya pada Modal Rakyat. Di sini, Anda dapat berinvestasi melalui P2P Lending sehingga akan semakin mudah untuk mewujudkan peluang usaha yang diinginkan. 


Baca juga: 7 Pengusaha Sukses Kuliner yang Berhasil Meraup Omzet Miliaran

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru