Finansial

Anti Gagal, yuk Ikuti Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

Kabrina Rian Ferdiani-

16 Apr 2020

Anti Gagal, yuk Ikuti Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

Tips menabung bagi ibu rumah tangga itu sangat penting diterapkan. Karena sebagai ibu rumah tangga, Anda dituntut supaya dapat mengatur keuangan dengan baik. Bagaimanapun juga, ibu rumah tangga itu harus bijak supaya kebutuhan rumah tangga bisa terpenuhi. Namun, sayangnya tidak semua ibu rumah tangga dapat menabung.

Sulitnya mengatur keuangan keluarga membuat para ibu rumah tangga menjadi kesulitan menabung. Hal seperti ini sering diperdebatkan oleh ibu-ibu rumah tangga. Padahal sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan menggunakan sisa uang bulanan dari suami supaya dapat ditabung demi keperluan yang akan datang.

Dari sinilah hasil tabungannya dikumpulkan ibu untuk memenuhi jika ada biaya yang tidak terduga tiba-tiba. Misalnya saja untuk membayar biaya pendidikan, rumah sakit, kecelakaan, renovasi rumah, dan lainnya. Itu artinya setiap ibu rumah tangga harus menabung. Di bawah ini adalah tips menabung yang bisa digunakan untuk ibu rumah tangga.


Baca juga: 8 Skill yang Harus Dimiliki Pengusaha Agar Bisnis Terus Maju


Sisihkan Uang Belanja untuk Ditabung

Cara yang satu ini sering dilakukan oleh ibu-ibu untuk menabung harian. Anda hanya harus berkomitmen dalam menyisihkan uang bulanan dari suami untuk ditabung. Untuk jumlah yang harus ditabung tidak harus banyak tetapi harus konsisten. Misalnya saja Anda berkomitmen menyisihkan uang sebesar Rp10 ribu/ hari dari uang belanja suami.

Selain itu, tips menabung yang harus dilakukan adalah jangan pernah menunggu ada uang belanja yang tersisa. Namun, sisihkan langsung sebagian uangnya untuk ditabung sebelum berbelanja. Bila Anda melakukannya secara konsisten, maka bukannya tidak mungkin jika nanti lama-lama akan terkumpul Rp300 ribu atau bahkan lebih dalam satu bulan.

Bisa dibayangkan bila Anda melakukannya dengan konsisten selama 1 tahun. Setidaknya isi rekening Anda akan bertambah sebanyak Rp3.600.000, per tahun dengan menggunakan tips menabung di atas. Cara untuk menyimpan uangnya tersebut bisa dilakukan dengan berbagai macam metode, seperti disimpan dalam celengan atau ditabung di bank.


Jangan Mengabaikan Uang Recehan!

Banyak ibu rumah tangga sering melupakan kehadiran uang recehan. Padahal koin recehan ini bisa digunakan untuk menabung. Mulai dari Rp100, hingga Rp1.000,00. Ternyata uang recehan tersebut jika dikumpulkan ke dalam celengan lama-lama menjadi banyak. Maka dari itu, setiap kali ada sisa uang belanja, masukkan ke celengan.

Selanjutnya, bila uang tersebut sudah terkumpul banyak, segera tukarkan koin itu dengan uang kertas agar memudahkan Anda dalam menghitungnya. Tips menabung lainnya adalah dengan mengelompokkan uang recehan berdasarkan nilai pecahannya menggunakan selotip. Misalnya saja 10 koin Rp100,00 direkatkan menjadi satu hingga terkumpull pecahan seribu rupiah.


Manfaatkan Promo Diskon dengan Baik

Hemat itu salah tips menabung yang paling baik untuk ibu rumah tangga, khususnya ketika berbelanja kebutuhan rumah. Maka sebagai ibu rumah tangga harus pintar dalam mencari promo diskon dari berbagai supermarket dan toko online. Salah satu cara untuk berhemat adalah menjadi member di  salah satu toko supaya mendapat potongan harga.

Karena tentunya dengan menjadi member akan membuat Anda bisa mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan penawaran menarik dari toko itu. Beberapa penawaran yang ditawarkan meliputi mendapat diskon untuk pembelian produk tertentu, hadiah pulsa, cashback, hingga jalan-jalan ke luar negeri. Tentu saja hal seperti ini disukai oleh semua orang, termasuk ibu-ibu.


Ikut Arisan

Tips menabung lainnya adalah dengan arisan di rumah. Karena dengan mengadakan arisan di rumah itu selain lebih seru dan nyaman, namun juga hemat dari segi pengeluaran biaya konsumsinya. Cara ini efektif membantu para ibu rumah tangga yang ingin menyisihkan uang belanja dari suami untuk ditabung.

Selain itu, dengan tips menabung ini, otomatis Anda dipaksa menyisihkan uang supaya membayar arisan setiap bulannya. Untuk kisaran biaya arisannya beraneka ragam, sebaiknya pilih yang sesuai kemampuan saja dan jangan memaksakan diri. Namun, biasanya semakin besar nominalnya maka yang diterima juga lebih banyak.


Jangan Membeli Sesuatu yang Tidak Diperlukan

Salah satu tips menabung selanjutnya adalah jangan pernah membeli barang-barang yang tidak perlu. Jadi hindari pengeluaran yang memang tidak dibutuhkan. Misalnya saja seperti pergi jalan-jalan, ke salon, atau liburan saat Anda tidak memiliki cukup uang. Akan lebih baik uangnya ditabung supaya bisa digunakan untuk membayar tagihan setiap bulan.

Bila perlu cobalah melakukan penghematan internet, listrik, air, dan pulsa telepon supaya sisa uang tagihannya bisa digunakan untuk tips menabung. Cobalah untuk lebih fokus dalam mengatur keuangan dengan baik demi kehidupan keluarga di rumah. Bagaimanapun juga ada anak dan suami yang harus diurus, jadi perhatikan keuangan di rumah dengan baik.


Sisihkan Uang Bulanan sejak Awal Bulan Belanja

Setelah suami memberikan uang bulanan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama 1 bulan, maka tips menabung yang benar adalah segera sisihkan dana tersebut. Sisihkan sebagian uang bulanan tersebut untuk ditabung, namun ada baiknya bicarakan hal tersebut kepada suami. Sehingga tidak ada yang disembunyikan darinya supaya tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Sebagai ibu rumah tangga atau manajer keuangan keluarga, idealnya tips menabung adalah harus menyisihkan uang bulanan sebesar 30% untuk ditabung. Bila Anda melakukannya dengan konsisten dan rutin, maka itu akan membuat keluarga merasa lebih aman saat membutuhkan dana darurat. Karena Anda sudah mengumpulkannya jauh-jauh hari untuk kepentingan mendadak.

Dengan memahami beberapa tips di atas akan memudahkan Anda mengontrol keuangan rumah tangga. Bagaimanapun juga menjadi ibu rumah tangga itu menuntut Anda untuk bisa apa saja dan harus bijaksana dalam mengelola keuangan. Karena Anda harus bisa mengurus suami dan anak, maka memahami tips menabung itu penting bagi ibu rumah tangga.


Baca juga: Tips Menabung dan Mengumpulkan Uang di Usia 20-an


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama P2P Lending Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru