Finansial

Strategi Menabung Arisan Menjadi Investasi Zaman Now

Paskalia-

12 Jun 2019

Strategi Menabung Arisan Menjadi Investasi Zaman Now

Menabung arisan adalah pertemuan sosial reguler yang sangat populer di Indonesia. Hampir semua orang akrab dengan pertemuan ini yang melibatkan lingkaran teman, keluarga, atau bahkan kolega. Secara umum, arisan dijalankan sebulan sekali. Peserta mengumpulkan uang mereka, masing-masing dalam jumlah yang sama yang telah disepakati bersama sebelumnya. Arisan memang dikenal sebagai wadah yang mudah untuk menabung. Untuk itu, ada beberapa cara dan strategi menabung arisan yang bisa Anda pertimbangkan.


Kiat Sebelum Bergabung dengan Grup Arisan

Klub arisan dibentuk secara informal, tetapi memiliki aturan yang cukup ketat yang harus diikuti semua anggota. Semua anggota secara teratur mengumpulkan sejumlah uang atau barang yang disepakati pada waktu tertentu, baik mingguan, dua mingguan, atau bulanan di rumah masing-masing anggota atau tempat pertemuan umum.

Pada periode reguler, biasanya ketika uang atau barang dikumpulkan. Satu atau lebih anggota menarik banyak untuk mendapatkan jumlah uang atau barang yang telah dikumpulkan. Jumlah uang atau barang yang diterima akan sama dengan jumlah yang dibayarkan kepada anggota lain. Jumlah tersebut tergantung pada berapa banyak anggota yang diizinkan untuk ikut undian. Setiap anggota akan mengambil giliran untuk menang dan siklus akan berakhir ketika semua anggota memiliki kesempatan untuk menang.

Sangat umum di Indonesia untuk menjadi bagian dari arisan. Satu orang dapat menjadi anggota beberapa arisan. Bagi para anggota, ini adalah cara untuk menghemat uang dan meminjam uang dari rekan-rekan mereka.


Baca juga: 4 Tipe Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga yang Mudah Dilakukan


Ada beberapa variasi arisan. Pertama adalah kredit. Kredit penting di lingkaran sosial berpenghasilan kecil. Kredit juga bisa menjadi sarana untuk membiayai pengeluaran yang besar, misalnya pendidikan, perkawinan, hingga merenovasi rumah. Namun saat ini arisan telah berevolusi menjadi pertemuan yang murni sosial dan bukannya penghematan uang, khususnya untuk masyarakat kelas tinggi.

Selanjutnya adalah arisan konvensional. Anggota kelompok akan menyetujui jumlah yang harus dibayar, pemegang arisan berputar (ditarik dengan lot) menerima pembayaran dari masing-masing anggota lain dan kadang-kadang menyediakan makanan untuk anggota tersebut. Selama arisan jumlah yang dibayarkan kepada anggota lain akan sama dengan jumlah yang diterima ketika arisan diadakan. Putaran ini akan berlangsung sampai akhirnya semua orang dalam grup mendapatkan kumpulan.

Jenis arisan lainnya melibatkan elemen lelang. Di beberapa negara Asia lainnya, credit union (CU) yang serupa dapat ditemukan. Dalam metode ini, anggota yang menerima pembayaran setiap bulan ditentukan bukan oleh lot, tetapi dengan tawaran. Mereka yang bersedia menunggu sampai akhir arisan menerima pembayaran terbesar, sementara peminjam yang lain akan menerima lebih sedikit, tetapi mendapatkan uang lebih awal. Dalam segala jenis arisan, seorang 'pemimpin' atau 'bendahara' diperlukan, ia biasanya yang paling gigih dan rajin mengumpulkan uang dari semua anggota.

Namun, sebagai sumber keuangan, arisan merupakan alternatif untuk pinjaman bank dan bentuk kredit lainnya. Untuk orang Indonesia yang tidak memiliki rekening bank, arisan dapat menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan layanan keuangan apapun yang akan memberi mereka banyak keuntungan karena tidak menarik bunga.


Baca juga: 8 Tips Menabung dengan Gaji Kecil


Tips lainnya dalam menabung arisan pastikan Anda mengenal grup Anda dengan baik. Sangat bagus jika grup Anda terdiri dari orang-orang yang pernah Anda kenal atau berteman dengannya. Sebelum masuk ke grup baru, habiskan waktu untuk mengamati dan bertanya-tanya siapa teman arisan Anda. Hanya bergabung dengan yang paling nyaman bagi Anda. Meskipun ada banyak motif untuk menabung arisan, aspek sosialisasi dan menabung harus menjadi nomor satu.

Bergabunglah dengan mereka yang hanya mengumpulkan sedikit uang. Kecil di sini berarti Anda tidak keberatan mengalokasikan jumlah itu setiap arisan. Lihat itu sebagai skema celengan untuk Anda sendiri.

Jika Anda ditugaskan sebagai pemimpin, Anda akan bertanggung jawab untuk mengumpulkan uang dan bertanggung jawab untuk menutupi defisit kumpulan uang jika ada anggota yang gagal membayar. Tanggung jawab besar, tetapi pemimpin juga yang pertama yang dapat mengambil uang gabungan.

Menabung arisan juga memiliki manfaatnya sendiri, seperti layanan keuangan lainnya.


Berikut beberapa manfaat menabung arisan.


Sarana Pemasaran

Jika Anda memiliki sesuatu untuk dijual, jangan ragu untuk membawanya ke rapat. Ini biasa dilakukan selama arisan. Produk dapat berupa gaun, tas, kosmetik, perlengkapan, dan bahkan peralatan rumah tangga. Mereka yang bekerja di perusahaan atau lembaga yang menyediakan layanan dapat mengajukan penawaran khusus dalam bentuk, misalnya, voucher yang pasti akan disukai oleh sesama anggota arisan.


Jaringan atau Networking

Ketika Anda baru di lingkungan, lingkungan, atau tempat kerja, arisan adalah kesempatan yang sangat berguna untuk memperkenalkan diri. Arisan hampir tidak pernah dilakukan secara formal sehingga bahkan jika Anda datang di tengah pertemuan, Anda akan merasa sangat mudah untuk bergaul. Tidak perlu malu untuk memberitahu orang-orang tentang diri Anda dan apa yang Anda kuasai. Anda tidak pernah tahu apa yang dibutuhkan teman arisan Anda di masa depan dan sebaliknya.


Pinjaman tanpa Bunga

Menabung arisan seperti mendapatkan pinjaman yang menguntungkan dan tanpa bunga. Namun demikian, tidak bijaksana untuk bergantung pada arisan untuk kebutuhan mendesak karena Anda tidak akan pernah tahu kapan nama Anda akan disebutkan dalam gambar.


Belajar Menabung

Ini faktor penyebab banyak yang ingin bergabung dengan kelompok arisan. Biasanya arisan lebih efektif daripada mengumpulkan dana sendiri untuk ditabung di bank. Tentu saja "tabungan" arisan Anda tidak akan menghasilkan bunga dan uang yang Anda dapatkan akan sama dengan total kontribusi yang Anda hasilkan setiap bulan. Namun, disiplin menabung arisan mungkin lebih menguntungkan daripada bunga bank.


Nah, itulah pengertian dan strategi menabung arisan. Kelompok arisan dapat didasarkan pada sejumlah alasan bersama. Beberapa yang paling umum adalah tempat kerja, sekolah atau kampus almamater, alasan geografis (tetangga, atau berasal dari daerah yang sama di Indonesia), atau kelompok religius. Dalam beberapa budaya Indonesia, hubungan keluarga atau garis keturunan menjadi faktor yang paling menyatukan. Jumlah uang atau barang yang diedarkan jelas akan bervariasi di antara kelas sosial yang berbeda.

Ingatlah bahwa Anda harus selalu berhati-hati dalam menabung arisan, sehingga kelompok yang Anda ikuti tidak akan merugikan Anda. Selamat mencoba, ya!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru