Bisnis

Apa itu Ekspor, Tujuan, dan Komoditasnya di Indonesia

Pretty Angelia Wuisan-

18 Jan 2022

Apa itu Ekspor, Tujuan, dan Komoditasnya di Indonesia

Ekspor adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari perekonomian Indonesia. Apa itu ekspor akan terus dilakukan demi menumbuhkan industri dalam negeri yang punya potensi besar.

Untuk lebih memahami apa itu itu ekspor, di sini Anda akan tahu pengertian ekspor, tujuan, dan apa saja komoditas ekspor.


Baca juga: Letter of Credit adalah: Jenis, Mekanisme, dan Manfaatnya


Apa itu Ekspor?

Pengertian ekspor adalah kegiatan perdagangan yang dilakukan dengan cara mengirimkan barang ke luar negeri oleh usaha kecil maupun yang besar, dalam rangka meraih keuntungan.

Aktivitas ekspor menuju perdagangan internasional didukung oleh pemerintah Indonesia karena punya manfaat yang jelas, yaitu menambah devisa negara. 

Kegiatan ini juga mengharuskan barang dikirimkan ke luar daerah milik Republik Indonesia. Artinya, membutuhkan transportasi dan budget khusus untuk melancarkan kegiatannya.

Ekspor biasanya dihubungkan dengan impor, sehingga jadi kegiatan ekspor dan impor. Jika apa itu ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar, impor adalah kegiatan yang mendatangkan barang impor atau barang dari luar ke dalam negeri.

Namun, ada syarat tertentu supaya kegiatan ekspor bisa dilakukan dengan baik di pasar internasional. Misalnya, kebutuhan di dalam negeri harus terpenuhi dulu baru bisa memproduksi barang ke luar.


Apa Tujuan Ekspor?

Tadi sudah disebutkan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan apa itu ekspor adalah mampu menambah devisa bagi negara.

Namun, tidak hanya itu. Ekspor Indonesia punya tujuan dan manfaat yang nyata yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara tidak langsung di antaranya adalah:

  • Bisa menambah devisa negara
  • Mengendalikan harga barang
  • Memajukan ekonomi dalam negeri

1. Bisa menambah devisa negara

Devisa menjadi salah satu pemasukan penting bagi negara. Dengan pemasukan itu, negara bisa meningkatkan pemasukan anggaran utama yang digunakan untuk kesejahteraan rakyat.

Devisa memungkinkan terbukanya investasi asing yang lebih besar di Indonesia karena rasa saling percaya yang telah terjalin.

Devisa juga bisa digunakan untuk membayar utang negara pada pihak luar negeri. Negara akan selalu berusaha untuk membayar utang-utangnya secara bertahap.

2. Mengendalikan harga barang

Apa itu ekspor juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengendalikan harga suatu barang. 

Misalnya, suatu jenis barang yang diproduksi di Indonesia jumlahnya banyak, sedangkan permintaan tidak sebanyak itu, sehingga untuk menaikkan minat pembeli, produsen terpaksa menurunkan harga.

Supaya harga jual barang itu tidak jatuh, produsen pun diperbolehkan menawarkan produknya yang memiliki harga rendah itu ke luar negeri. Tujuannya agar perusahaan tidak merugi dan menjaga harga barang tersebut tetap pada harga pasarnya.

3. Memajukan ekonomi dalam negeri

Keberhasilan kegiatan apa itu ekspor bisa memicu kemajuan ekonomi dalam negeri. Secara sederhana hal itu bisa membuat permintaan produk dalam negeri untuk ke luar jadi lebih banyak.

Industri yang banjir pemesanan pun akan berkembang karena dipercaya untuk menjual barang lebih banyak. Hal ini pun bisa memicu ketersediaan lebih banyak lapangan kerja.

Untuk itu, tidak salah jika pemerintah mendukung usaha kecil dan besar untuk mengirimkan produk ke luar. Namun, tentu harus mengikuti aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah.

Setiap produsen bisa mengirimkan produknya lewat wilayah darat, laut, dan lainnya. Tergantung dari seberapa jauh produknya akan dipasarkan.


Apa Saja Komoditas Ekspor Indonesia?

Indonesia punya kekayaan alam yang patut disyukuri. Tidak mengherankan jika di beberapa komoditas, Indonesia menjadi penghasil pertama yang diandalkan dunia.

Namun, tentunya pengiriman produk-produk ini dilakukan dengan perhitungan setelah kebutuhan dalam negeri terpenuhi.

Ini dia komoditas ekspor yang biasa diandalkan oleh Indonesia.

  • Tenaga kerja
  • Kelapa sawit
  • Batu bara
  • Karet
  • Hasil dari hutan

1. Tenaga kerja

Indonesia juga bisa mengekspor jasa yang bekerja di industri yang membutuhkannya. Beberapa negara bekerja sama dengan Indonesia untuk hal ini.

Contohnya adalah perawat yang merawat lansia di Jepang. Jepang membutuhkannya karena sedang memasuki fase jumlah lansia yang berada di atas orang muda.

Indonesia yang punya tenaga kerja yang handal pun mengirimkan masyarakatnya yang bersedia kerja di sana,

2. Kelapa sawit

Kelapa sawit saat ini menjadi komoditas ekspor yang diandalkan. Kebutuhan di dalam negeri banyak, begitu juga untuk di luar. Negara yang biasanya memesan kelapa sawit adalah Tiongkok, Pakistan, dan India.

3. Batubara

Batubara menjadi salah satu produk ekspor andalan Indonesia. Negara kita melakukan ekspor batubara ke Korea Selatan, Jepang, dan lainnya.

Kebanyakan negara itu menggunakan batubara agar bisa membuat listrik selalu menyala untuk kehidupan masyarakatnya.

4. Karet

Indonesia berada di peringkat dua negara terbesar yang mengirimkan karet ke luar Hasil karet didistribusikan sampai ke Amerika Serikat, Jepang, hingga Tiongkok.

5. Hasil dari hutan

Indonesia terkenal dengan hasil hutannya yang kaya. Kayu-kayu hasil dari hutan dan pulp kertas dijadikan sebagai komoditas yang paling sering diekspor.


Baca juga: Ekspor dan Impor: Pengertian, Tujuan, dan Komoditasnya


Kesimpulan

Semakin banyak perusahaan yang melakukan apa itu ekspor, semakin banyak pemasukan yang diterima oleh negara. Anda yang berbisnis tidak perlu takut melakukan ekspor karena pemerintah sudah menjaminnya. Tinggal lakukan strategi saja supaya kegiatan ekspor berjalan lancar. 


Memulai Bisnis Impian dengan Memperoleh Modal lewat Modal Rakyat 

Anda yang punya rencana mendirikan usaha impian, jangan ragu untuk memulainya dengan modal yang diperoleh dari Modal Rakyat.

Platform ini menyediakan dana terpercaya dan aman karena sudah terjamin izin legalnya dari OJK.

Anda pun dapat meminjam dari dana Rp500 ribu hingga limit maksimalnya Rp2 miliar. Bunga yang harus disetor Anda juga besarannya kompetitif.

Yuk, mulai meraih modal dengan mudah dan aman di Modal Rakyat.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru