Gaya Hidup

Apa itu Mindset? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Feb 2021

Apa itu Mindset? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apa itu mindset? Dalam artikel ini, Modal Rakyat akan membahas mengenai pengertian, jenis, cara membangun dan pengaruh mindset.

Agar lebih bisa memahaminya, Anda bisa membaca uraian penjelasan berikut ini.


Baca juga: Cara Orang Sukses Berhadapan dengan Orang yang Tidak Mereka sukai


Mindset adalah

Mindset atau pola pikir adalah sekumpulan kepercayaan atau pemikiran yang terbentuk karena keyakinan, pendidikan, atau pengalaman yang dimiliki manusia. Mindset ini memengaruhi cara berpikir dan sikap seseorang ketika menghadapi sesuatu atau menentukan keputusan.

Karena setiap orang memiliki keyakinan, pendidikan, dan juga pengalaman yang berbeda, pola pikir setiap orang pun tidak sama.


Dua Jenis Pola Pikir

Pola pikir bisa dibedakan menjadi dua macam. Berikut penjelasannya

Fixed mindset (Pola Pikir Tetap)

Jenis yang pertama adalah fixed mindset atau disebut juga dengan pola pikir tetap. Orang yang memiliki pola pikir seperti ini percaya bahwa kualitas seseorang sudah tetap dan tidak berubah. Mereka yakin bahwa bakat atau kecerdasan seseorang berkontribusi besar dalam kesuksesan tanpa bekerja keras atau usaha lebih.

Misalnya, mereka percaya bahwa mereka diberikan kecerdasan dalam bidang sains sejak lahir. Mereka percaya akan bisa mencapai kesuksesan karena bakat dan kecerdasannya dalam bidang sains.

Ciri-ciri orang dengan fixed mindset adalah:

  • Senang dipuji
  • Takut mengambil risiko
  • Menghadapi kritikan dengan negatif
  • Mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan

Growth mindset (Pola pikir Berkembang)

Berbeda dengan sebelumnya, orang-orang dengan mindset berkembang beranggapan bahwa talenta dan intelegensi seseorang merupakan modal awal. Mereka tidak mau bergantung hanya kepada apa yang dimiliki.

Mereka adalah orang yang mau belajar dan bekerja keras untuk memiliki keterampilan baru dan percaya itu akan menuntun mereka menuju kesuksesan.

Ciri-ciri orang dengan growth mindset:

  • Selalu berfokus pada usaha dan kerja keras
  • Senang mencoba hal-hal baru
  • Melihat sisi positif dari kritikan
  • Melihat tantangan atau kesulitan sebagai hal yang harus ditaklukan


Baca juga: 8 Mindset yang Dimiliki Pengusaha Sukses


Hal-Hal yang Memengaruhi Pola Pikir

Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi pola pikir seseorang. Berikut di antaranya.

Informasi yang dikonsumsi

Di era digital ini, sangat mudah bagi kita untuk mencari berbagai informasi. Mulai dari informasi yang baik dan bermanfaat hingga informasi yang tidak bertanggung jawab.

Anda dapat secara sadar memilih informasi yang akan Anda konsumsi. Dengan memilih informasi secara bijak, Anda akan mengonsumsi, merespons, dan menyimpan informasi yang penting untuk Anda.

Informasi yang dipilih akan menentukan produksi pemikiran, pola pikir, atau sikap Anda.

Lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar juga sangat memengaruhi mindset  Anda. Lingkungan tempat Anda tumbuh dan begaul adalah tempat Anda belajar dari pola pikir orang lain dan sebaliknya.

Anda bisa menentukan lingkungan seperti apa yang akan membentuk mindset Anda. Pilih lingkungan yang mempengaruhi sikap untuk melihat masa depan lebih positif.

Pengalaman

Pengalaman juga hal yang tidak lepas dalam membentuk pola pikir manusia.

Namun, respons Anda terhadap pengalaman juga menentukan siapa diri Anda. Pengalaman baik biarlah menjadi batu loncatan untuk ke tahap selanjutnya.

Jadikan pengalaman kurang baik sebagai pembelajaran agar Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama.


Baca juga: 5 Cara Untuk Menjaga Pola Pikir Positif


Cara Membangun Mindset

Anda sudah mengetahui dua jenis pola pikir. Apakah mindset ini bisa diubah? Jawabannya adalah iya.

Setiap orang bisa mengubah pola pikir mereka. Manusia juga bahkan bisa membangun dan membentuk mindset sendiri. Bagaimana caranya?

Mengenal kepribadian

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk membangung pola pikir adalah mengenali kepribadian Anda. Ini adalah salah satu kunci untuk bisa menerima diri.

Anda perlu mengetahui kelebihan yang dimiliki. Dengan begitu, Anda akan bisa bersyukur dan memanfaatkan kelebihan yang dimiliki dengan bijaksana.

Kemudian, Anda juga perlu mengenali kekurangan dalam diri Anda. Ubah hal-hal negatif yang mengganggu untuk berkembang.

Melihat tantangan sebagai peluang

Bila Anda menghadapi masalah, jangan langsung menyerah. Cobalah untuk mencari jalan keluar dari masalah itu. Jika sudah berhasil menyelesaikan masalah, yakinlah bahwa kualitas diri Anda akan menjadi lebih baik.

Jangan hanya berdiam diri di dalam zona nyaman Anda. Ini akan membuat diri tidak berkembang. Ketahuilah bahwa setiap orang pasti mengalami kegagalan jadi hal itu merupakan hal yang wajar.

Tanpa kegagalan, Anda tidak akan belajar untuk melakukan hal yang benar.

Memahami gaya dan strategi belajar

Mengetahui gaya belajar adalah hal yang penting. Anda bisa menyesuaikan gaya belajar dengan waktu yang Anda miliki sehingga bisa belajar lebih efektif.

Selain itu, mengetahui gaya belajar bisa membantu Anda untuk menentukan strategi belajar Anda. Dengan begitu, pengetahuan yang dimiliki akan terus berkembang.

Setia pada proses

Menjadi orang yang sukses adalah hal yang tidak mudah. Keberhasilan tidak bisa didapatkan dengan jalan yang instan. Bahkan membuat mie instan saja harus melalui beberapa proses dan memerlukan waktu.

Oleh karena itu, setialah pada proses. Nikmatilah proses belajar Anda. Fokus untuk terus mengembangkan kualitas diri Anda sendiri.

Belajar mendengarkan kritik yang membangun

Dalam perjalanan kehidupan, Anda tentu akan menerima banyak protes dari orang lain. Dari protes itu ada yang membangung dan ada juga yang menjatuhkan.

Ingat, fokuslah hanya pada kritik yang bisa membangun Anda. Jadikah hal tersebut sebagai tolok ukur perkembangan Anda ke depan.


Baca juga: 5 Mindset Orang yang Sudah Melek Finansial


Lakukan Pendanaan UMKM sembari Mengembangkan Dana bersama Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 25% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru