Bisnis

Mau Menjual Barang Mahal Tapi Laris? Ini Tips untuk Anda

Pretty Angelia Wuisan-

13 Dec 2021

Mau Menjual Barang Mahal Tapi Laris? Ini Tips untuk Anda

Menjual barang mahal tapi laris sangat bisa Anda lakukan ketika Anda mempraktikkannya secara tepat. Menjual barang mahal akan mendatangkan nilai tersendiri bagi penjual dan konsumen Anda pun biasanya lebih spesifik, sehingga mudah untuk diprospek.

Untuk menjual produk yang punya harga mahal bisa laku keras, ini tips yang bisa Anda jalankan.


Baca juga: Wow! 10 Cincin Termahal di Dunia yang Bikin Silau Mata


Tips Menjual Barang Mahal Tapi Laris

Menjual barang mahal tapi laris manis itu sangat mungkin. Apakah Anda percaya bahwa sebuah produk mempunyai takdir konsumennya masing-masing? Selama Anda berhasil menemukan target yang tepat, Anda pasti bisa menjual barang tersebut.

Contoh barang mahal yang laku keras adalah rumah. Orang-orang membeli rumah sampai rela mencicil dengan metode KPR untuk bisa mendapatkannya. Lalu, mengapa rumah bisa laku keras?

Di sini akan dijelaskan bagaimana tips untuk menjual produk mahal yang laris.

1. Barang mahal ada pasarnya sendiri

Menjual barang mahal tapi laris itu ada rumusnya, yaitu Anda perlu menjual pada pasar yang tepat. Target market barang mahal adalah mereka yang mampu membeli. 

Bukan berarti mereka selalu orang yang kaya ya, tapi calon pembeli produk Anda adalah mereka yang memang berniat membeli produk Anda. Jika hal itu sudah terjadi, mereka akan mengusahakan untuk bisa membeli produk Anda. Intinya produk mahal dan barang murah itu relatif.

Saat Anda menemukan target market yang tepat, Anda akan lebih mudah dalam menentukan teknik promosi dan melakukan pendekatan dengan calon pembeli.

2. Andalkan bisnis online

Anda bisa saja menyediakan toko pada umumnya untuk menjual produk yang harganya selangit. Namun, tidak ada salahnya membuka bisnis online.

Apalagi sekarang calon konsumen sering mencari informasi lewat internet. Toko yang Anda miliki tentunya akan lebih mudah ditemukan. Hal ini pun membuat produk yang Anda jual dilirik oleh konsumen.

Namun, tentunya Anda harus memperhitungkan proses pengiriman barang yang aman seperti apa. Misalnya, Anda memiliki tim pengiriman barang sendiri dengan membatasi ruang lingkup jualan Anda.  

3. Gunakan promosi secara masif

Menjual barang mahal tapi laris bisa Anda lakukan dengan mengandalkan promosi secara masif. Promosi masif ini paling bagus melalui promosi digital. Tujuannya adalah untuk mengenalkan salah satu produk Anda.

Memang untuk membeli barang mahal, biasanya calon pembeli umumnya tidak langsung membeli. Mereka akan menilai terlebih dulu produk Anda. 

Namun, Anda tetap bisa menggaet mereka dengan memancing calon pembeli untuk melakukan subscribe di situs web Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan alamat email atau nomor telepon mereka

Alamat email dan nomor telepon ini akan berguna pada tahap berikutnya.

4. Promosikan menggunakan pendekatan emosional

Menjual produk yang harganya mahal memang punya tantangan tersendiri. Namun, jika Anda berhasil melakukannya, hal tersebut bisa membuat ciri khas khusus untuk produk Anda makin dikenal.

Menjual barang mahal tapi laris itu bisa dilakukan dengan memancing emosional para calon pembeli.

Misalnya, Anda membuat konten bahwa produk Anda itu bisa menyenangkan orang lain yang memilikinya. Hal ini pun memancing seorang anak membelikan tas dengan harga jutaan untuk ulang tahun ibunya sebagai tanda sayang.

Di sini Anda tidak mengedepankan kebutuhan, tapi membuat pembeli percaya bahwa membeli produk Anda punya values yang berharga seperti itu.

5. Cara menjual dengan menonjolkan kualitas produk

Menjual barang mahal tapi laris itu harus dibuktikan dengan kualitas produk yang sesuai dengan harganya. Alasannya karena pembeli juga ingin punya pengalaman unik ketika menggunakan produk Anda.

Misalnya, Anda menawarkan tiket eksklusif konser untuk penyanyi ternama dengan harga yang mahal. Penonton konser tidak hanya mendapatkan pengalaman menonton yang unik. Anda juga bisa menambahkan makan bersama penyanyi tersebut untuk para pemegang tiket.

Inilah yang menjadi unggulan dari produk Anda. Calon pembeli harus tahu Anda menawarkan semua keunggulan itu. 

5. Edukasi calon pembeli

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mengedukasi pembeli supaya tahu produk Anda itu eksis dan memiliki berbagai kualitas yang membuat mereka tidak kecewa setelah membeli.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan, misalnya membuat video singkat yang menjelaskan keunggulan produk-produk Anda.

Video ini bisa Anda kirimkan melalui email marketing atau pesan WhatsApp ke nomor calon pembeli yang telah didapatkan sebelumnya.

Atau bisa dengan cara lain sekreatif Anda untuk membuat pembeli tahu Anda menawarkan barang dengan kualitas yang memuaskan.

6. Memberikan layanan after sales

Setelah berhasil meraih pembeli, Anda perlu menjaga hubungan yang baik dengan mereka. Caranya adalah dengan memastikan bahwa pembeli puas dengan produk Anda.

Anda bisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pelanggan melalui email, telepon langsung, atau bahkan memberikan kartu ucapan yang dikirimkan langsung. 

Atau Anda bisa memberikan layanan garansi jika ada barang yang rusak atau kesalahan dalam pengiriman.

Cara ini mampu meningkatkan loyalitas konsumen. Bukan tidak mungkin konsumen itu dengan sendirinya akan menyebarkan bahwa produk dan layanan Anda itu bagus ke orang-orang.

Dengan begitu, semakin banyak orang yang penasaran dengan produk Anda. 


Baca juga: Ini Dia Makanan Termahal di Dunia, Tertarik Mencoba?


Kesimpulan

Menjual barang mahal tapi laris ini dapat dipraktikkan oleh siapa saja. Hanya saja untuk mencari pelanggan harus dilakukan usaha yang berbeda dengan produk yang memiliki harga standar. Artinya, Anda perlu melakukan riset mendalam sebelum benar-benar menjualnya.


Butuh Modal Lebih untuk Mendirikan Usaha? Yuk, Ke Modal Rakyat 

Anda punya impian meluaskan jaringan bisnis kecil Anda, tapi kekurangan modal? Tidak perlu berkecil hati karena Anda bisa meraih pinjaman produktif P2P Lending Modal Rakyat.

Modal Rakyat adalah platform yang sudah meraih izin resmi OJK. Pengajuan pinjaman Anda pun diproses secara profesional.

Modal yang bisa diajukan minimal Rp500 ribu dengan limit Rp2 miliar. Prosesnya pun cepat karena semua dilaksanakan secara online. Yuk, mulai ajukan pinjaman produktif aman di Modal Rakyat.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru