Bisnis

Memahami Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Anda

Pretty Angelia Wuisan-

09 Jul 2021

Memahami Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Anda

Salah satu cara yang bisa Anda pilih untuk promosi usaha di zaman serba canggih ini adalah dengan mengandalkan manfaat email marketing.

Surat elektronik tidak hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan, baik pesan resmi atau informal, tapi bisa juga digunakan untuk membangun hubungan yang bagus dan intens bersama pelanggan. Pelanggan akan merasa lebih dekat dengan perusahaan dan bersedia menjadi pelanggan setia.

Untuk itu Anda wajib tahu mengenai email marketing dan manfaatnya untuk usaha Anda.

 

Baca juga: Facebook Marketplace: Keunggulan Hingga Tips Berjualan

 

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah bentuk promosi yang memanfaatkan media email. Bisa dikatakan email marketing merupakan salah satu bentuk dari internet marketing atau lebih luasnya digital marketing.

Baik bisnis lama dan yang baru, dapat mengandalkan manfaat email marketing untuk kepentingan bisnisnya. Hal tersebut masih dilakukan, walaupun sudah banyak media digital lain yang dijadikan sebagai lahan promosi, misalnya media sosial. 

Mengapa bisa demikian? Karena email marketing punya ciri khas tersendiri yang membuat Anda tidak ragu memilihnya.

Apalagi di zaman sekarang yang teknologinya maju, membuat email itu hal yang mudah. Anda mudah menemukan provider pembuat email. Format email juga dapat disesuaikan dengan style yang dimiliki oleh bisnis Anda. Jadi, pengaturannya cukup mudah.

Untuk bisa berhubungan dengan pelanggan pun mudah. Anda hanya perlu mengetahui alamat email pelanggan. Tentu saja email tersebut didapatkan dengan cara yang seharusnya, bukan dengan cara mencuri data dari tempat lain.

Salah satunya adalah Anda bisa mengirimkan pesan ke email pelanggan yang data-datanya sudah masuk ke aplikasi atau situs web bisnis Anda. Ini cara paling umum yang bisa Anda lakukan.

 

Manfaat Email Marketing

Sekarang, Anda perlu mengetahui manfaat email marketing untuk kebutuhan promosi usaha Anda. Seperti ini penjelasannya.

1. Mempunyai hubungan baik dengan pelanggan

Hal yang membuat email marketing bisa menciptakan hubungan baik antara Anda dan pelanggan adalah isinya yang dapat dipersonalisasikan. Perhatian yang Anda berikan, terkesan jauh lebih besar kepada pelanggan dibandingkan Anda menggunakan media digital lain untuk berpromosi.

Alasannya karena penggunaan email marketing ini menciptakan komunikasi dua arah. Potensi pelanggan memberikan feedback pada Anda pun sangat mungkin.

2. Meningkatkan penjualan

Saat pelanggan sudah merasa punya kedekatan dengan Anda dan mengenal produk-produk yang Anda dengan baik, pelanggan akan terpancing untuk membeli produk Anda. Penjualan produk Anda pun akan meningkat.

Tidak hanya pelanggan setia, Anda juga bisa memancing calon pelanggan untuk membeli produk Anda. Tidak salah apabila manfaat email marketing itu bisa mencerahkan masa depan suatu bisnis.

3. Hemat

Salah satu manfaat email marketing yang membuat Anda menyukainya adalah hemat. Kalau pun Anda menggunakan jasa email berbayar, biayanya pun masih minim ketimbang promosi tradisional.

Anda hanya tinggal mengetik kata-kata yang sesuai dan menambahkan grafis yang didesain oleh desainer grafis untuk membuat konten yang menarik.

Anda juga bisa menghemat waktu dalam mengirimkan email kepada pelanggan.

4. Mudah mendapatkan feedback

Karena sifat email marketing yang personal, maka pelanggan akan bersedia memberikan Anda feedback. Hal itu karena Anda memberikan mereka insight atau informasi yang mereka butuhkan dan sukai. Misalnya, setiap ada diskon atau event spesial, Anda tidak lupa mengirimkan email pada mereka.

Pelanggan pun akan bersedia memberikan tanggapan di survei yang Anda buat. Ini akan penting untuk kualitas produk dan kampanye perusahaan yang berikutnya. Banyak yang bisa Anda pelajari dari hasil survei tersebut untuk kepentingan usaha Anda.

5. Kampanye mudah diukur

Manfaat email marketing lainnya adalah Anda bisa mengukur apakah kampanye yang Anda lakukan sudah sesuai target atau tidak. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan melihat berapa email yang dikirim dan berapa pelanggan yang memberikan feedback untuk Anda.

Memang tidak semua pelanggan akan memberikan feedback, tapi selama target feedback tersebut tercapai dengan baik, maka kampanye tersebut bisa dikatakan berhasil.

 

Baca juga: Market Orientation adalah: Faktor dan Komponen di Dalamnya

 

Kesimpulan

Anda bisa mengandalkan manfaat email marketing untuk keperluan bisnis. Selain mudah, lewat email marketing, promosi bisnis Anda jadi lebih efisien. Jadi, buatlah email marketing yang semenarik mungkin untuk pelanggan.

Kata-kata yang disuguhkan dalam email harus rapi dan menggunakan gaya bahasa yang menunjukkan seolah-olah Anda mengirimkan email pada satu orang. Ini yang membuat Anda jadi lebih dekat dengan pelanggan. Ditambah lagi dengan desain konten yang menarik.

Lalu, usahakan mengirimkan email tidak terlalu sering karena apabila terlalu sering akan dianggap mengganggu dan pelanggan malah memasukkan email Anda sebagai spam. Anda perlu melakukannya dengan jadwal yang rapi untuk mengatasinya. Selamat mencoba!

 

Mendirikan UMKM dengan Mengajukan Pinjaman di Modal Rakyat

Anda yang ingin mendirikan UMKM, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan melalui online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru