Gaya Hidup

Belajar Bahasa Inggris Gratis dari 9 YouTube Channel ini

Brigitta Winasis-

24 Jun 2021

Belajar Bahasa Inggris Gratis dari 9 YouTube Channel ini

Bahasa Inggris adalah kemampuan yang penting saat ini, baik di dunia kerja maupun di dunia akademis. Seperti kita ketahui, bahasa Inggris adalah bahasa yang dipakai di seluruh dunia.

Dengan memahami bahasa Inggris, Anda akan memperluas kemampuan berkomunikasi dan memperdalam pengetahuan. Pasalnya banyak jurnal, buku, maupun artikel pengetahuan yang menggunakan bahasa Inggris.

Jika Anda merasa sayang belajar bahasa Inggris melalui kursus formal karena biayanya yang mahal, jangan khawatir. Anda bisa melakukannya melalui media seperti YouTube. Selain hiburan, saat ini banyak sekali kanal YouTube yang menyediakan informasi menarik bahkan ilmu pengetahuan.


Baca juga: 5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Dengan Smartphone


Belajar bahasa Inggris melalui YouTube juga bisa lebih menyenangkan karena Anda tidak akan bosan. Anda hanya perlu bermodal kuota internet serta smartphone.

Berikut sederet kanal YouTube yang menyediakan layanan belajar bahasa Inggris secara gratis.


1. Guruku Mr D

Kanal YouTube ini cocok bagi Anda yang pemula. Guruku Mr D dibuat oleh Mr Dennis, seorang aktor sekaligus pengajar bahasa Inggris asal Amerika Serikat. Ia sudah lama tinggal di Indonesia, yakni selama enam tahun.

Melalui video-videonya, ia mengajarkan bahasa Inggris mulai dari dasar. Selain itu, ia banyak menggunakan contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Mr Dennis banyak membahas kosa kata, tata bahasa, hingga penggunaan tenses.

Caranya menyampaikan bahasa Inggris juga kocak dan seru. Ditambah lagi dengan gestur dan ekspresi yang lucu. Hal ini akan membuat Anda semakin bersemangat mengasah kemampuan bahasa Inggris.


2. English With Lucy

YouTuber Lucy Earl memulai kanalnya pada Januari 2016. Sejak saat itu, kanal YouTube miliknya terus berkembang dan kini mempunyai jutaan subscribers.

Keunikan Lucy adalah aksen british-nya yang kental. Melalui video-videonya, Lucy mengajarkan pronounciation, vocabulary, grammar, dan listening. Tak hanya itu, ia kerap mengenalkan kultur Inggris kepada para penontonnya. Dengan begitu, Anda dapat menambah kosakata baru.

Lucy mengaku menjadi "EduTuber" adalah pekerjaan tetapnya kini. Kanal English With Lucy juga akan membantu Anda yang ingin meraih skor IELTS yang tinggi.


3. Learn English With TV Series

Selain melalui mendengarkan lagu, belajar bahasa Inggris juga dapat dilakukan dengan menonton film. Hal ini dimanfaatkan kanal Learn English With TV Series.

Anda dapat belajar banyak kosa kata baru hanya dengan menonton film. Tidak hanya film, kanal YouTube ini juga mengambil cuplikan dari serial televisi dan talk show. Learn English With TV Series mengunggah video baru setiap Selasa, Kamis, serta Sabtu.


4. BBC Learning English

Kanal YouTube ini diluncurkan media dari Inggris, British Broadcasting Corporation atau BBC. BBC Learning English bisa Anda manfaatkan untuk mempelajari bahasa Inggris.

Terdapat banyak format dalam kanal YouTube ini yang dapat membantu Anda belajar dengan mudah. Ada percakapan sehari-hari hingga kartun yang lucu.

BBC Learning English juga punya topik mingguan, seperti The Teacher's Room, Learner's Question, Lingo Hack, News Review, dan lain-lain.


5. VOA Learning English

Media Voice of America (VOA) juga meluncurkan kanal YouTube yang menyediakan pelajaran bahasa Inggris. Namanya VOA Learning English.

Terdapat dua level pelajaran bahasa Inggris yang diberikan secara cuma-cuma. Selain itu, ada program-program lainnya.

Misalnya English in a Minute, New Words, dan Everyday Grammar TV. Dalam program News Words, berita dibacakan secara lebih pelan dan diberi subtitle. Para pengajar di program-program ini sudah bersertifikat.


Baca juga: 5 Peluang Bisnis untuk yang Jago Bahasa Inggris


6. English Class 101

English Class 101 merupakan salah satu kanal YouTube untuk belajar bahasa Inggris dengan subscribers terbanyak. Kanal YouTube ini menyajikan pelajaran bahasa Inggris dengan berbagai format. Durasinya bervariasi, mulai dari yang pendek, bahkan ada yang mencapai tiga jam.

Mereka juga memiliki program YouTube live berjudul Learn English 24/7 with EnglishClass101TV. Dalam program ini, mereka membahas pelajaran bahasa Inggris secara langsung.

Selain itu, English Class 101 juga mempunyai situs. Di sini Anda dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus bahasa Inggris secara intensif.


7. Oxford Online English

Kanal YouTube Oxford Online English cukup diminati pelajar bahasa Inggris, terbukti dari jumlah subscribers-nya. Hingga artikel ini ditulis, kanal YouTube tersebut telah diikuti lebih dari 2,3 juta subscribers.

Di sini para penonton dapat belajar bicara (speaking) bahasa Inggris agar meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan, terutama dalam percakapan sehari-hari. Ada pula program yang menyajikan Business English bagi Anda yang ingin bisa berbahasa Inggris secara profesional.

Selain itu, ada program IELTS Preparation untuk membantu Anda meraih skor tinggi. Program lainnya yang disediakan adalah English Writing, English Grammar, dan English Pronounciation.


8. Speak English With Vanessa

Vanessa adalah seorang guru bahasa Inggris yang telah tinggal lama di Korea. Ketika kembali ke Amerika Serikat, Vanessa menciptakan kanal YouTube bagi mereka yang ingin belajar bahasa Inggris secara online.

Vanessa mengunggah video baru setiap hari Jumat. Ia banyak membicarakan kosa kata yang dipakai sehari-hari dan sejumlah tips dalam menggunakan bahasa Inggris.


9. Daily English Conversations

Daily English Conversations merupakan salah satu kanal YouTube berbahasa Inggris gratis yang dapat Anda akses. Anda akan diajari berbagai trik berbicara bahasa Inggris dengan mudah.

Anda akan belajar mempraktikkan bahasa Inggris, seperti tata bahasa, percakapan, dan lain sebagainya. Kanal YouTube ini lebih memfokuskan ke praktik berbicara bahasa Inggris.

Daily English Conversations mengunggah video setiap satu bulan sekali. Namun pembahasannya cukup padat dengan durasi lebih dari satu jam. Keingintahuan Anda dalam berbahasa Inggris akan dipuaskan di sini.


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama Modal Rakyat

Anda punya alternatif berinvestasi lain, yaitu di P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru