Bisnis

Bingung Menemukan Peluang Usaha? Lakukan Hal Ini

Kabrina Rian Ferdiani-

11 Jun 2020

Bingung Menemukan Peluang Usaha? Lakukan Hal Ini

Tahukah Anda jika sebenarnya ada berbagai peluang usaha yang tidak Anda sadari. Apabila Anda seorang pemula, mungkin akan terasa sulit saat merintis usaha pertama kali. Terlebih lagi jika Anda belum tahu hendak menjalankan usaha apa. 

Di satu sisi Anda mungkin menentukan usaha yang akan Anda geluti karena merasa tidak memiliki keahlian maupun modal yang cukup. Akan tetapi, dalam memulai usaha tidak melulu tentang keahlian dan modal saja. Ada faktor lain yang nyatanya lebih menentukan. 

Salah satu di antaranya yang bisa menjadi penentu kesuksesan Anda adalah kemampuan menemukan peluang usaha. Apabila Anda sudah bisa jeli dalam melihat peluang ini, maka akan lebih mudah dalam mengembangkan usaha tersebut.


Baca juga: Peluang Usaha di Rumah di Tengah Pandemi


Berusaha Mengasah Keahlian Sendiri

Apabila memiliki suatu keahlian, Anda mungkin tidak harus bingung menentukan usaha apa yang ingin dijalankan. Tidak hanya itu, dalam menjalankannya pun mungkin Anda tidak perlu merasa terlalu kesulitan karena memang itu keahlian Anda. 

Baik itu keahlian dalam bidang teknik, kuliner, maupun pendidikan semuanya dapat dimanfaatkan menjadi ide usaha. Mungkin selama ini keahlian Anda dimanfaatkan untuk digunakan bekerja pada orang lain. 

Jadi, tidak ada salahnya bukan jika memanfaatkan keahlian Anda sendiri untuk menciptakan peluang usaha Anda sendiri. Baik sebagai usaha sampingan maupun usaha utama setelah Anda keluar dari pekerjaan utama. Anda bisa memilih apapun yang sesuai dengan kondisi yang ada.


Berasal dari Hobi Sendiri

Selain keahlian, Anda juga bisa menemukan peluang usaha dari hobi sendiri. Bisa Anda bayangkan melakukan usaha di bidang yang disenangi. Terlebih lagi, usaha yang Anda jalani dengan perasaan senang biasanya mampu membuat usaha menjadi sukses. 

Dengan begitu, hobi Anda akan tersalur dan Anda pun bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Selama ini mungkin Anda merasa sudah menyia-nyiakan waktu bahkan uang Anda untuk hobi dan Anda tidak menghasilkan apapun dari sana. 

Jadi mengapa tidak menghasilkan sesuatu dari seperti dengan membuka rental playstation jika Anda hobi bermain playstation. Dengan begitu, Anda bisa tetap menyalurkan hobi bahkan bertemu sesama pecinta playstation serta tentunya menghasilkan uang. 


Berasal dari Diri Sendiri

Sebelum memikirkan peluang usaha yang terlalu jauh, ada baiknya coba memerhatikan diri Anda sendiri. Cukup pikirkan bisnis apa yang kira-kira cocok untuk pribadi seperti Anda. Melihat peluang dari diri Anda sendiri tentunya lebih mudah dibandingkan dengan memikirkan hal-hal yang lain. 

Pada dasarnya hanya diri Anda sendiri yang paham mengenai potensi yang dimiliki sendiri. Anda bisa mulai dengan mengingat-ingat usaha apa yang pernah terbersit di dalam benak dan kemudian mulai mengembangkannya. 

Anda mungkin pernah memiliki keinginan untuk membuka usaha kuliner atau mungkin memiliki keinginan untuk bisa memiliki toko buku. Bayangan-bayangan seperti ini hadir karena perasaan mampu di dalam diri dan bisa jadi ini merupakan peluang usaha yang sebenarnya menjadi potensi Anda.


Berasal dari Masyarakat Sekitar

Apakah Anda sudah sangat bingung dan merasa sudah tidak punya ide lagi? Jangan khawatir karena ide usaha bisa Anda temukan di sekitar Anda termasuk di lingkungan hidup Anda dan masyarakat sekitar Anda. Cari tahu apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar Anda. 

Anda bisa mulai dengan apa yang sedang menjadi masalah bagi masyarakat di sekitar Anda. Dari sana Anda pun dapat menemukan banyak peluang. Misalnya, di lingkungan tempat Anda tinggal masyarakatnya kesulitan mendapatkan air bersih. 

Namun, jika memilih air mineral bermerek harganya terlalu mahal. Anda peluang usaha di sini. Anda bisa membuka depot air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar yang membutuhkan air minum.


Melihat Potensi di Sekitar Tempat Tinggal Anda

Apabila tidak menemukan ide dari permasalahan yang dialami di lingkungan sekitar serta kesulitan mencari potensi dari dalam diri sendiri, maka Anda bisa mencari potensi dari lingkungan sekitar yang sudah ada. 

Anda bisa mulai mencari peluang usaha dengan berkeliling dan Melihat apa-apa saja yang berpotensi untuk bisa dimanfaatkan dalam membangun usaha. Anda juga bisa melakukan survey pada usaha-usaha yang ada di sekitar lingkungan. 

Dari sana cari tahu juga usaha apa yang paling banyak digeluti serta usaha-usaha seperti apa yang ramai pelanggan dan sepi pelanggan di sekitar Anda. Dengan begitu, Anda bisa meniru usaha yang ramai pelanggan dan mempelajari apa-apa saja yang membuat usaha sepi pelanggan.


Mengikuti Trend yang Ada dengan Bijak

Meskipun tidak mudah menemukan peluang usaha, bukan berarti hal itu tidak mungkin. Terlebih lagi jika Anda menginginkan usaha uang booming dan bisa menghasilkan omset yang besar. Untuk itu, maka Anda bisa mencoba browser di internet mengenai ide-ide kreatif. 

Anda juga bisa mencoba mencari usaha-usaha yang sedang tren di media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram. Dari sana Anda bisa menemukan usaha-usaha di bidang jasa, kuliner, maupun fashion. 

Sebagai contoh peluang usaha di bidang kuliner yang sedang tren di antaranya minuman seperti cappucino cincau, thai tea, es kepal milo, dan boba tea. Untuk makanan terdapat jenis yang sempat menjadi tren, di antaranya dengan nuansa black seperti black kebab dan black burger.


Kerja Sama dengan Pengusaha Lain

Setelah banyak berpikir dengan idealis mencari suatu ide peluang usaha yang original, Anda mungkin malah jadi bingung sendiri. Terlebih lagi saat ini berbagai macam jenis usaha telah bermunculan dan karenanya Anda pun berpikir tidak ada kesempatan lagi. 

Akan tetapi, Anda salah. Banyaknya usaha malah memberi Anda kesempatan yang besar untuk berkolaborasi dengan usaha yang sudah ada. Dengan begitu, Anda bisa belajar memulai bisnis bersama orang yang sudah sukses di bidangnya.

Apakah Anda sudah mendapatkan ide usaha Anda sendiri? Jangan terlalu kaku dalam mencari ide karena yang perlu Anda lakukan adalah menjadi open minded terhadap peluang-peluang yang Anda. Menjadi jeli juga sangat diperlukan dalam menemukan peluang usaha yang tepat untuk Anda.


Baca juga: Memulai Bisnis Online, Kenali 5 Tantangan yang Harus Dihadapi

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru