Bisnis

Tips Sukses Bisnis Laundry, Modal Minim dan Profit Tinggi

Kabrina Rian Ferdiani-

11 Jun 2020

Tips Sukses Bisnis Laundry, Modal Minim dan Profit Tinggi

Saat ini banyak ide bisnis yang menguntungkan dan dilakukan di rumah, salah satunya bisnis Laundry. Di era milenial, semua kegiatan bisa dilakukan dengan cepat dan instan, termasuk  dalam mencuci pakaian. Karena setiap orang mempunyai kesibukan sehingga tidak sempat untuk mencuci baju sendiri. 

Apalagi jika banyak deadline tugas maupun pekerjaan yang membuat pikiran semakin penat. Tingginya kebutuhan konsumen akan jasa laundry memberikan kesempatan bagi Anda untuk membuka bisnis tersebut. Jasa laundry sangat bermanfaat dan membantu Anda yang sibuk dengan layanan yang memuaskan dan harga yang terjangkau. 

Bisnis ini bisa dibuka di tempat yang mudah dijangkau serta tidak membutuhkan tempat dan modal yang besar. Bisnis laundry adalah pilihan bisnis paling tepat dan menjanjikan. Selain modal yang ringan, Anda juga bisa mengembangkannya menjadi beberapa cabang sehingga dapat menciptakan peluang kerja bagi orang lain. 

Bahkan jika Anda membutuhkan modal, Anda bisa memanfaatkan fintech Modal Rakyat. Anda bisa memilih berbagai produk yang disediakan dengan memanfaatkan layanannya. Namun, sebelum memulai bisnis ini, alangkah baiknya memahami beberapa hal di bawah ini dahulu.


Baca juga: 7 Tips Bisnis Laundry Sukses Tajir Melintir


Alasan Memilih Bisnis Laundry Kiloan

Banyak orang yang memilih bisnis sampingan di rumah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha laundry kiloan memang terlihat gampang, namun tetap harus memperhatikan hal penting bisnis tersebut. Sehingga bisnis Anda berjalan dengan lancar dan memberikan omzet yang menguntungkan.

Bisnis laundry bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang. Untuk membuka bisnis ini Anda tidak perlu menyiapkan tempat khusus jika rumah Anda sudah strategis. Tempat strategis untuk bisnis ini yaitu dekat dekat kampus, kantor, atau pabrik dengan karyawan yang cukup tinggi. 

Selain tempat, bisnis laundry juga tidak perlu banyak modal. Hanya perlu membeli mesin cuci dan mesin pengering, ditambah dengan alat pendukung seperti timbangan dan alat tulis. Serta bahan seperti pewangi baju, detergen, serta kantong plastik. 

Dengan modal yang ringan, Anda bisa mendapatkan omzet yang menjanjikan bahkan untuk jangka panjang. Jika dijalankan dengan serius, bisnis laundry bisa mencari peluang untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat, bahkan mahasiswa. 

Banyak mahasiswa yang meluangkan waktunya untuk bekerja part time di laundry untuk mendapatkan uang tambahan. Sehingga timbul hubungan yang saling menguntungkan antara pemilik dengan konsumen. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memulai membuka bisnis tersebut.


Target yang Tepat untuk Bisnis Laundry

Target utama dalam membuka usaha laundry adalah para mahasiswa yang harus merantau dari kota daerah ke kota besar. Sebagai mahasiswa tentu saja banyak kegiatan yang diikuti, termasuk kegiatan internal maupun eksternal. Ditambah lagi dengan jadwal kuliah dan tugas yang menumpuk membuat mereka tidak sempat untuk mencuci baju. 

Mahasiswa juga harus menyewa kost selama menempuh pendidikan di universitas masing-masing. Hal ini membuat kalangan mahasiswa sangat terbantu dengan adanya bisnis laundry di dekat kostnya. Dengan memanfaatkan  jasa laundry tersebut mereka tidak perlu mencuci baju dan menyetrikanya. 

Meski sibuk, kebersihan kamar dan tubuh akan tetap terjaga dengan adanya jasa laundry tersebut. Jasa laundry kiloan juga menawarkan harga yang terjangkau dengan kualitas layanan yang baik. Selain mahasiswa, para karyawan kantor juga sangat membutuhkan jasa laundry kiloan. 

Karena banyak karyawan yang berasal dari berbagai daerah sehingga harus hidup mandiri termasuk mencuci baju. Pekerjaan yang menumpuk membuat mereka tidak sempat untuk mencuci dan memanfaatkan bisnis laundry yang lebih efektif dan efisien. Bahkan harganya juga lebih terjangkau, baju menjadi bersih dan wangi.

Kegiatan harian karyawan dan mahasiswa sangat padat dengan deadline tugas yang harus dikebut. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang merasa lelah dan lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry kiloan. Hanya dengan beberapa ribu saja semua baju termasuk jas, tas, atau sepatu bisa bersih kembali, wangi, rapi dan nyaman digunakan.


Tips Sukses Membuka Bisnis Laundry

Poin paling penting sebelum membuka usaha laundry harus diperhatikan dengan baik. Sehingga bisnis menjadi sukses dan bertahan lama, serta menghasilkan pendapatan yang memuaskan.

Tentukan Lokasi yang Tepat

Lokasi merupakan hal utama yang harus diperhatikan saat membuka bisnis laundry. Lokasi yang strategis dapat mengundang banyak konsumen karena mudah dijangkau. Anda bisa memilih lokasi bisnis di dekat kampus, perkantoran, atau perusahaan. Karena tempat tersebut berpeluang besar untuk menggunakan jasa laundry Anda.

Tentukan Harga yang Sesuai

Selain mudah, bisnis laundry mempunyai persaingan yang ketat. Karena banyak orang yang membuka bisnis tersebut sehingga harga menjadi daya tarik yang diutamakan. Konsumen pasti memilih laundry yang terjangkau dengan kualitas layanan yang memuaskan.

Sehingga Anda harus menentukan harga yang kompetitif dan sesuai dengan layanan yang diberikan. Jika terlalu mahal, bisnis Anda bisa akan berjalan lancar. Namun, jika harga sudah murah tapi kualitas layanan tidak memuaskan sulit untuk mendapatkan konsumen dan tidak bisa bersaing dengan pebisnis lain.

Layanan yang Berkualitas

Selain harga yang bersahabat, perhatikan juga layanan yang diberikan. Jangan sampai harga dan layanan berbanding terbalik karena bisa membuat konsumen kecewa. Bisnis laundry harus memberikan layanan yang berkualitas dan memuaskan konsumen.

Harga dan kualitas akan menjadi nilai jual dari bisnis Anda. Jika keduanya memuaskan, bisnis akan sukses dengan cepat dan mampu bersaing dengan bisnis lainnya.  Layanan harus mengutamakan kepuasan konsumen agar memberikan citra yang baik bagi bisnis Anda yang sedang dijalankan.

Ide bisnis rumahan sangat beragam dan menguntungkan, salah satunya dengan membuka laundry. Bisnis ini sangat fleksibel dan menguntungkan jika Anda memperhatikan lokasi, harga, dan pelayanan yang diberikan. Bisnis laundry merupakan alternatif terbaik untuk memanfaatkan waktu luang dengan menghasilkan pundi rupiah.


Baca juga: 7 Manfaat Modal Usaha untuk Kemajuan Bisnis Anda

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru