Bisnis

Bisnis PPOB Masih Eksis Hingga Sekarang, ini Manfaatnya

Pretty Angelia Wuisan-

28 Oct 2021

Bisnis PPOB Masih Eksis Hingga Sekarang, ini Manfaatnya

Bisnis PPOB merupakan bisnis yang mudah untuk dilakukan karena dapat Anda buka di rumah Anda sendiri. Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis rumahan, bisa memilih PPOB sebagai peluang usaha yang menarik. 

Menjalankan bisnis PPOB juga dapat mendatangkan keuntungan apabila Anda jalani secara serius. Untuk memulainya, Anda perlu tahu dulu tentang usaha PPOB, manfaat, dan hal yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan bisnis ini.


Baca juga: Apa itu Waralaba: Jenis, Tujuan, Karakteristik, dan Contoh


Pengertian Bisnis PPOB

Usaha PPOB atau yang dikenal juga dengan Payment Point Online Bank adalah usaha layanan keuangan yang membantu pelanggan untuk membayarkan tagihan yang harus mereka bayar setiap bulannya. 

Pembayaran tagihan di PPOB terhubung dengan sistem perbankan sehingga dapat dipercaya dan Anda bisa meraih calon pelanggan yang rutin menjadikan Anda sebagai tempat untuk bayar tagihan.

Untuk pembayaran, semuanya dilakukan secara online, jadi Anda memerlukan koneksi internet yang memadai.

Bisnis ini mudah dijalankan karena Anda tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya. Selain itu ada banyak pembayaran online yang dapat Anda lakukan. Mulai dari membayar listrik untuk pasca bayar, membeli token listrik untuk prabayar, bayar tagihan internet untuk berbagai provider, membeli pulsa untuk ponsel, dan lainnya.

Anda perlu tahu, masih banyak masyarakat yang belum bisa memanfaatkan ponsel pintar untuk melakukan segala kegiatan berkaitan finansial, salah satunya adalah pembayaran tagihan.

Bisnis ini hadir bukan hanya untuk Anda sebagai pelaku usaha, tapi juga untuk membantu masyarakat di sekitar Anda melakukan pembayaran tagihan di satu lokasi saja.

Anda juga pasti bisa menemukan usaha PPOB ini di sekitar rumah Anda karena PPOB adalah bisnis yang umum dijalankan. Kalaupun belum ada yang memulainya, Anda bisa menjadi orang yang pertama kali membuka bisnis ini di rumah Anda.


Manfaat Bisnis PPOB

Ada manfaat bisnis PPOB yang bisa Anda rasakan dan orang-orang di sekitar Anda. Dengan mengetahuinya, Anda pasti jadi tidak ragu lagi menjalankan bisnis menarik ini.

1. Pembayaran di satu tempat

Saking banyaknya pembayaran yang bisa Anda sediakan untuk calon pelanggan, mereka jadi hanya perlu mendatangi tempat Anda saja. Tidak perlu berkunjung ke masing-masing tempat pembayaran yang berbeda-beda. Jadi, Anda perlu mempersiapkan pembayaran yang beragam.

2. Bermanfaat untuk mereka yang tidak punya fasilitas internet

Walaupun banyak orang yang tidak bisa terpisah dengan internet, masih ada orang yang belum bisa menyediakan internet untuk keseharian mereka.

Atau mereka tidak download aplikasi seperti mobile banking atau dompet digital yang sekarang banyak digunakan untuk membayar tagihan secara cashless karena belum memahami bagaimana cara menggunakannya.

Kesimpulannya, bisnis PPOB ini punya potensi pelanggan yang cukup besar. Anda jangan ragu untuk mendirikannya.

3. Fleksibel untuk dijalankan

Kalau dulu bisnis ini mengharuskan Anda membuka toko, di sini Anda tidak perlu menyewa toko karena Anda dapat melakukannya dari rumah. Jadi, Anda bisa membukanya kapan saja, sesuai waktu yang diinginkan. Jika Anda ingin mengambil satu hari libur itu tidak masalah.

Atau Anda bisa saja melakukan pembayaran jarak jauh. Misalnya, Anda memproses pembayaran yang masuk dari pelanggan yang menghubungi Anda via pesan. Anda pun tinggal memprosesnya lewat pesan. Pelanggan pun jadi tinggal transfer uang pada Anda.

4. Mudah dipraktikkan

Anda tinggal mencari agen yang menyediakan jasa bisnis PPOB, setelah itu Anda baru bisa melaksanakan bisnis yang menjanjikan ini. Kemudian, Anda tinggal mempromosikan bisnis ini ke orang-orang terdekat Anda yang ada di sekitar rumah.

Anda tidak perlu capek-capek memesan barang karena di sini Anda menyediakan jasa. Anda tinggal memberikan layanan pembayaran yang mudah untuk pelanggan.

5. Modal termasuk kecil 

Untuk memulai bisnis PPOB, Anda dapat melakukannya dari modal yang minim. Nanti setelah meraih untung, Anda pun bisa menambah modalnya.

Untuk mencetak tanda pembayaran, Anda perlu menyediakan printer. Anda bisa menggunakan jenis printer mana saja, tidak perlu yang mahal.

Atau jika ingin menyediakan pembayaran jarak jauh, Anda tinggal mengirimkan tanda bukti bayar atau invoice yang dapat dikirimkan secara online.


Yang Harus Dipersiapkan dalam Bisnis ini

Walaupun membuka bisnis ini mudah, Anda juga butuh persiapan yang memadai. Ini yang perlu Anda lakukan.

1. Modal

Modal usaha adalah syarat awal yang perlu dipenuhi ketika ingin membuka bisnis ini. Anda biasanya perlu mengisi saldo untuk membayar sementara tagihan pelanggan Anda. Nanti Anda meraih pembayaran dengan nilai yang lebih tinggi, di sana lah ada keuntungannya.

Modal ini tidak perlu tinggi di awal. Anda masih mencoba, jadi tidak masalah memulainya dari yang minim dulu. Kemudian, jika Anda sudah mulai terbiasa dengan kegiatan pembayarannya dan meraih untung, baru Anda bisa menambah modal.

2. Vendor

PPOB bisa dilakukan ketika Anda menemukan vendor yang memadai. Vendor ini yang menyediakan akses berbagai macam pembayaran untuk Anda.

Ada beberapa vendor yang menyediakan aplikasi untuk pendaftaran bisnis PPOB, jadi Anda tidak perlu mendatangi kantor vendor. Sekarang karena teknologi semakin bagus, Anda jadi bisa mendirikan bisnis PPOB secara online. 

3. Lokasi

Lokasi bisnis ini penting bagi Anda yang ingin mempunyai toko fisik. Namun, untuk Anda yang modalnya masih minim, tidak masalah membuka tempat pembayaran di rumah. Anda sediakan palang untuk menandakan bahwa Anda menyediakan jasa pembayaran apa saja secara lengkap.

4. Strategi pemasaran

Anda perlu melakukan strategi pemasaran yang mumpuni biar lebih banyak yang tahu tentang bisnis Anda ini. Anda dapat membuat banner sederhana yang nanti di pasang di depan komplek rumah.

Atau menyebarkan banner online lewat grup WhatsApp komplek rumah Anda. Untuk meraih pelanggan yang lain, Anda sangat bisa mempromosikannya melalui media sosial. 


Baca juga: 9 Tips Mengatur Modal Usaha UMKM Agar Menguntungkan


Lancarkan Bisnis Anda dengan Pengajuan Pinjaman di Modal Rakyat

Anda ingin meningkatkan bisnis UMKM, tapi terkendala dana? Hal itu tidak perlu Anda khawatirkan karena Anda bisa mengajukan pinjaman di Modal Rakyat.

Di sini Anda bisa mendapatkan bantuan pinjaman yang berasal dari pendana yang tertarik untuk meminjamkan dana untuk Anda. Anda bisa ajukan modal dari yang minim sebesar Rp500 ribu hingga paling besar Rp 2 miliar.

Tidak perlu takut soal bunga karena akan ditentukan berdasarkan risiko usaha. Yuk, ajukan pinjaman mulai sekarang melalui Modal Rakyat.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru