Finansial

Gaya Hidup

Tidak Hanya soal Keuangan, ini 7 Manfaat Menabung Lainnya

Kabrina Rian Ferdiani-

01 Jul 2021

Tidak Hanya soal Keuangan, ini 7 Manfaat Menabung Lainnya

Manfaat menabung memang tidak perlu diragukan lagi karena bisa mempersiapkan masa depan lebih cerah. Tidak salah memang mengapa orang tua kita selalu melatih kebiasaan menabung sejak kecil karena memang manfaatnya yang sangat banyak. 

Bayangkan saja jika kita sudah menabung sejak Sekolah Dasar, maka sudah berapa uang yang terkumpul dan bisa membantu kita di kehidupan masa depan. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak menabung sedini mungkin. 


Baca juga: 8 Cara Masuk Akal Menabung di Rumah ala Ibu Rumah Tangga


Manfaat Menabung Sejak Muda

Menabung merupakan kebiasaan baik yang selalu diajarkan orang tua kepada anaknya. Kita bisa memulai kebiasaan ini kapan saja, namun alangkah lebih baiknya jika kita segera memulai kebiasaan ini agar uang yang terkumpul lebih banyak. 

Ternyata, manfaat menabung tidak melulu berkaitan dengan uang tapi juga bisa melatih karakter positif kita. Siapa sangka jika menabung secara tidak langsung melatih dan mengasah kebiasaan baik lainnya. 

Anda akan merasakan sendiri manfaat berikut ini apabila sudah memulai kebiasaan menabung, apalagi jika terus konsisten melakukannya hingga dewasa dan berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Terhindar dari Kebiasaan Boros

Siapa di sini yang masih boros saat menggunakan uang? Kebiasaan boros ini bisa menjadi penyebab mengapa Anda tidak kaya-kaya. Itulah mengapa kebiasaan boros harus segera dihentikan dan salah satu caranya adalah dengan menabung.

Manfaat menabung yang satu ini bisa Anda rasakan setelah melakukannya beberapa waktu saja. Menabung membuat Anda harus menyisihkan sebagian uang untuk disimpan sehingga pengeluaran harus ditekan agar tabungan semakin banyak. 

Jika Anda sudah membiasakan diri dengan menabung, maka lama kelamaan kebiasaan boros Anda akan berkurang dan akhirnya tidak lagi boros karena Anda harus lebih berhemat.

2. Mengasah Kedisiplinan

Manfaat menabung yang lainnya adalah mengasah kedisiplinan yang penting dalam hidup. Tanpa adanya kedisiplinan, hidup kita cenderung tidak terarah dan bisa mengganggu orang lain, misalnya membayar cicilan dan tagihan yang terlambat.

Menabung diperlukan konsistensi yang baik agar uang bisa segera terkumpul dan bisa Anda gunakan sesuai tujuan atau keinginan. Tanpa adanya kedisiplinan dalam menabung, perlu waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uang tabungan. 

Oleh karena itu, secara tidak langsung menabung juga mengasah kedisiplinan kita, baik dalam menabung itu sendiri atau dalam kegiatan lain yang kita lakukan sehari-hari. 

3. Mengasah Kemandirian

Manfaat menabung berikutnya adalah mengasah kemandirian atau tidak bergantung pada orang lain. Dengan menabung, maka kita memiliki simpanan yang bisa digunakan dalam kondisi tidak terduga jadi kita tidak perlu meminjam uang. 

Selain itu, kita juga diharuskan untuk melakukan semuanya sendiri dalam rangka berhemat. Jika sebelumnya Anda terbiasa laundry, maka Anda bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan mencuci sendiri agar lebih hemat. 

Anda juga bisa memasak sendiri makanan dibanding harus membeli karena uang yang dihemat bisa Anda masukkan ke dalam tabungan agar uang bisa segera terkumpul dan bisa digunakan sesuai tujuan.

4. Mempersiapkan Masa Depan Lebih Baik

Meski kita hidup sekarang, tapi kita juga harus memikirkan bagaimana kehidupan kita di masa depan. Itulah mengapa kita harus mempersiapkan masa depan sebaik mungkin dan ini adalah salah satu manfaat menabung yang bisa Anda dapatkan.

Menabung sejak dini berarti mengumpulkan uang sebagai penambah penghasilan sehingga Anda bisa menggunakannya di masa depan. Misalnya saja, Anda menabung untuk masa pensiun yang lebih terjamin dan sejahtera. 

Manfaat menabung untuk mempersiapkan masa depan lebih baik juga bisa dilakukan jika Anda sedang mengumpulkan modal bisnis. Itulah mengapa kita harus membiasakan menabung sedini mungkin demi masa depan lebih cerah.

5. Membantu Mengatur Skala Prioritas

Tidak mudah menggunakan uang dengan bijak karena terkadang kita tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Untuk bisa menggunakan uang dengan bijak, maka kita harus bisa memprioritaskan kebutuhan dan keinginan. 

Manfaat menabung yang akan Anda dapatkan adalah mengasah kemampuan dalam mengatur skala prioritas. Skala prioritas sangat dibutuhkan sebagai pedoman kita dalam menggunakan uang agar tidak salah.

Kebiasaan menabung membuat kita harus memikirkan bagaimana menentukan anggaran untuk setiap kebutuhan agar terpenuhi dengan baik, khususnya kebutuhan pokok. Jika kita sudah bisa mengatur skala prioritas, lebih mudah gunakan uang. 

6. Melatih Kesabaran

Bagi orang yang tidak sabaran, pasti ingin segera mendapatkan apa yang diinginkannya. Padahal, jika kita menginginkan sesuatu, maka kita harus melakukan upaya yang setara dan salah satunya kita juga harus menunggu dengan sabar. 

Manfaat menabung secara tidak langsung adalah melatih kesabaran kita dalam mendapatkan apa yang diinginkan. Misalnya saja, Anda ingin membeli rumah maka Anda harus bersabar mengumpulkan uang hingga uangnya mencukupi. 

Selagi menunggu dan bersabar, Anda juga harus melakukan upaya sebaik mungkin dalam menambah penghasilan dan menabungnya agar keinginan bisa segera terwujud.

7. Lebih Menghargai Uang

Bagi Anda yang sudah bekerja pasti setuju bahwa mendapatkan uang bukanlah perkara mudah. Kita harus bekerja keras terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan gaji, misalnya dengan bekerja, mencari pekerjaan sampingan dan usaha lainnya. 

Dengan usaha yang keras, tentu kita harus lebih menghargai uang karena belum tentu orang lain bisa mendapatkan kenikmatan seperti Anda. Oleh karena itu, menabung bisa menjadi salah satu cara untuk menghargai uang dengan baik. 

Menabung membuat Anda lebih hemat dan bijak dalam membelanjakannya jadi tidak akan menghamburkan uang. Dengan lebih menghargai uang, maka Anda akan merasa sayang jika harus membeli sesuatu yang tidak penting atau tidak dibutuhkan.

Sudah tidak diragukan lagi dengan manfaat yang diberikan kebiasaan menabung. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat menabung di atas dan masih banyak lagi lainnya, maka jangan ragu untuk segera memulai kebiasaan baik ini. 


Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan agar Kaya Sebelum Tua


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru