Finansial

Alasan Anak Muda Harus Bisa Financial Planning

Kabrina Rian Ferdiani-

30 Jun 2021

Alasan Anak Muda Harus Bisa Financial Planning

Financial planning atau rencana keuangan dibutuhkan oleh setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan dalam hal ekonomi. Anak muda identik dengan kebiasaan berfoya-foya, suka nongkrong, suka belanja hingga liburan ke sana kemari. 

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan nongkrong, belanja atau liburan karena terkadang kita juga membutuhkannya. Hanya saja, Anda tetap membutuhkan rencana keuangan agar kondisi keuangan tetap stabil meski sedang liburan.


Baca juga: Cara Menabung yang Benar demi Masa Depan Lebih Baik


Alasan Pentingnya Financial Planning untuk Anak Muda 

Dalam kehidupan manusia, kita tidak bisa terlepas dari yang namanya uang karena hampir semua kebutuhan hidup membutuhkan uang. Misalnya saja untuk membeli makan, memiliki tempat tinggal, pakaian, membayar sekolah dan lain sebagainya. 

Masalah keuangan lebih sering dialami oleh orang dewasa atau orang tua karena kebutuhan yang semakin bertambah. Untuk terhindar dari masalah tersebut, kita tentu membutuhkan kemampuan dalam mengatur uang saat masih muda.

Itulah mengapa Anda harus mempelajari financial planning sedini mungkin dan berikut ulasan lengkap mengenai alasan mengapa Anda harus bisa membuat rencana keuangan. 


Menghindari Perilaku Boros

Pemahaman tentang financial planning akan membuat masa muda Anda lebih hemat karena terhindar dari perilaku boros. Umumnya, pengalaman yang masih kurang terkadang membuat Anda kurang bijak dalam menggunakan uang. 

Selain itu, kita cenderung tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan sehingga pengeluaran terasa membengkak dan cenderung boros. Berbeda jika Anda sudah memiliki rencana dalam menggunakan uang sehingga lebih bijak.

Saat Anda bisa menggunakan uang tanpa kebiasaan boros, maka kita bisa menyisihkan uang lebih besar untuk tabungan masa depan. Anda juga bisa mengurangi kebiasaan buruk dalam menghambur-hamburkan uang tanpa tujuan yang jelas.


Kehidupan Lebih Terarah

Anak muda cenderung memiliki energi dan waktu yang berlebih sehingga mereka bisa melakukan banyak hal. Misalnya, bermain dengan teman, belanja, suka nongkrong di cafe, dan lain sebagainya.

Kemampuan financial planning sangat diperlukan bagi anak muda untuk membuat kehidupannya lebih terarah. Umumnya, anak muda belum memiliki tujuan yang pasti sehingga apapun yang dilakukan belum menuju pada satu tujuan. 

Rencana keuangan secara tidak langsung membuat Anda lebih berhati-hati dalam melangkah dan setiap perilaku kita sesuai dengan rencana keuangan tersebut. Dengan begitu, kehidupan anak muda menjadi lebih bermakna. 


Hidup dengan Lebih Tenang

Segala sesuatu apabila telah direncanakan pasti membuat Anda lebih tenang dalam menjalani hidup. Selagi kita masih hidup, maka tetap membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti makan, tempat tinggal, dan lainnya.

Financial planning yang Anda jalankan mulai sekarang adalah untuk pencapaian di masa depan. Misalnya saja, tujuan Anda adalah pensiun di usia 50 tahun maka Anda akan tahu berapa dana pensiun yang harus dipersiapkan. 

Dalam membuat rencana keuangan tersebut, kita juga akan membuat rencana cadangan atau alternatif apabila ada kondisi tidak terduga. Dengan begitu, kita sudah tidak perlu khawatir tentang keuangan di masa depan.


Baca juga: 9 Siasat Cerdas untuk Memiliki Work Life Balance


Hidup Lebih Mandiri

Kemandirian sangat penting untuk menjalankan hidup tanpa bergantung pada orang lain. Sayangnya, masih banyak anak mudah yang belum memiliki kemandirian tersebut karena terbiasa dengan bantuan orang tua, khususnya dalam finansial.

Mengajarkan tentang keuangan sedini mungkin sangatlah baik untuk masa depan anak muda. Itulah mengapa Anda bisa membuat financial planning mulai sekarang sesuai dengan keinginan dan tujuan hidup Anda di masa depan. 

Dengan adanya perencanaan keuangan yang matang, maka Anda dituntut untuk bertanggung jawab atas semua langkah yang diambil sehingga Anda bisa lebih mandiri.


Lebih Cepat Mewujudkan Mimpi

Setiap anak muda pasti memiliki mimpi dalam hidupnya, seperti ingin memiliki rumah sendiri, membeli mobil, liburan ke luar negeri, kuliah di perguruan tinggi ternama, membeli peralatan hobi dan lain sebagainya. 

Untuk mewujudkan mimpi tersebut, bukan hanya tekad yang diperlukan, tapi persiapan dalam hal keuangan. Itulah mengapa dibutuhkan financial planning yang matang untuk mewujudkan mimpi tersebut. 

Semakin dini Anda melakukan rencana keuangan tersebut, maka semakin cepat juga bagi Anda untuk mewujudkan mimpi tersebut. Sudah tidak sabar bukan mencapai mimpi yang diinginkan?


Bisa Pensiun Dini

Pegawai negeri mungkin sudah merasa tenang dengan adanya jaminan masa tua, tapi bagaimana dengan karyawan atau pegawai biasa? Tidak perlu khawatir karena sebenarnya Anda juga bisa memiliki jaminan masa tua yang sama baiknya. 

Justru Anda bisa mempersiapkan keuangan untuk pensiun lebih dini, bahkan Anda bisa pensiun di usia 50 tahun atau bahkan kurang. Untuk mencapainya tentu tidaklah mudah karena Anda membutuhkan financial planning yang matang.

Cara paling mudah adalah menyisihkan sebagian gaji Anda untuk masa pensiun atau bahkan membeli investasi yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan. Semakin besar pendapatan yang bisa Anda sisihkan, maka semakin dini masa pensiun Anda.


Memperbesar Peluang Investasi

Sebagian besar anak muda pasti sudah familiar dengan cara menabung untuk menyisihkan uang, tapi masih jarang dari mereka yang mengenal investasi. Padahal, investasi bisa menjadi cara tepat untuk mendapatkan penghasilan lebih menjanjikan.

Meski demikian, menjalankan investasi sebagai financial planning tidak semudah yang dibayangkan karena ada risiko yang juga harus diperhatikan. Bagi Anda yang ingin terjun pada investasi, maka wajib untuk mempelajarinya terlebih dahulu. 

Jangan lupa untuk menyiapkan modal investasi sesuai dengan kemampuan tanpa memaksakan diri. Semakin besar pemasukan yang Anda sisihkan atau tabungan yang besar maka Anda juga bisa memiliki peluang investasi yang lebih besar juga.

Jika Anda ingin berinvestasi dengan mudah dan aman, P2P Lending dari Modal Rakyat bisa dijadikan pilihan. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan financial planning yang diharapkan untuk mewujudkan mimpi di masa depan.


Baca juga: Womenpreneur Pemula, ini Tips Sukses untuk Anda


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru