Gaya Hidup

13 Buku Motivasi Diri Terbaik yang Akan Menginspirasi Anda

Brigitta Winasis-

16 Jul 2021

13 Buku Motivasi Diri Terbaik yang Akan Menginspirasi Anda

Membaca buku adalah kegiatan yang tidak mengenal waktu dan tempat. Hobi ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Membaca juga dapat menjadi sumber inspirasi. Jika Anda merasa jenuh dengan pekerjaan dan rutinitas, mungkin Anda perlu membaca buku motivasi diri. Banyak buku yang terbukti dapat mengubah hidup seseorang dalam mencapai kesuksesan. Berikut rekomendasi buku-buku motivasi diri terbaik yang akan menginspirasi Anda.


Baca juga: Kumpulan Kata Motivasi Kerja Keras untuk Karier yang Sukses


1. Think and Grow Rich

Buku karya Napoleon Hill ini luar biasa populer. Dikenal sebagai salah buku pengembangan diri terbaik sepanjang masa, Think and Grow Rich terbit pada 1937 dan masih menjadi rujukan orang zaman sekarang.

Dalam penulisannya, Hill selalu menyertakan contoh nyata. Hal ini membuat apa yang ia tulis relevan dengan kehidupan sehari-hari. Edisi barunya dilengkapi dengan kasus modern, sehingga dapat diaplikasikan untuk menjadi orang sukses.


2. The 7 Habits of Highly Effective People

Buku ini ditulis profesor ternama di Universitas Utah, Stephen R Covey. Buku terbitan 1989 ini luar biasa sukses. Bahkan terjual 25 juta kopi di seluruh dunia pada penerbitan pertamanya.

Covey melakukan pendekatan terkait bagaimana meraih tujuan dengan efektif. Caranya adalah menyelaraskan diri dengan apa yang ia sebut prinsip true north, berdasarkan etika yang dianggap universal dan timeless.


3. The Power of Positive Thinking

Buku motivasi diri klasik ini termasuk salah satu buku best seller. Pustaka yang ditulis Norman Vincent Peale ini ditulis pada 1952.

Peale menggunakan pendekatan agamis dan instruksi praktis yang didesain agar pembaca dapat mencapai sikap positif. Teknik ini juga melibatkan afirmasi dan visualisasi. Peale mengklaim teknik ini akan membuat pembaca lebih puas akan kualitas hidupnya.


4. Mestakung

Mestakung, atau singkatan dari semesta mendukung, merupakan teori yang dicetuskan fisikawan Profesor Yohanes Surya. Ada konsep sederhana fisika, yakni ketika suatu hal dalam situasi kritis maka setiap partikel di sekitarnya bekerja sama untuk mencapai titik ideal. Ia menyebutnya sebagai kekuatan alam.

Yohanes Surya membagikan pengalaman dan impiannya. Ketika hukum mestakung terjadi, cakrawala Anda semakin terbuka.


5. Young on Top

Young on Top menceritakan kisah sukses pengusaha muda, Billy Boen. Buku tersebut termasuk best seller di Indonesia. Bahkan kini Young on Top tidak lagi sekadang buku, melainkan juga brand dan komunitas.

Billy Boen memiliki visi menciptakan generasi yang lebih kuat untuk Indonesia. Ia mendukung masyarakat generasi muda agar meraih kisah suksesnya sesegera mungkin.


Baca juga: Kerja Keras vs Kerja Cerdas? Yuk, Baca ini Selengkapnya!


6. The Power of Doing Less

Apakah kesibukan bekerja sehari-hari membuat Anda kewalahan? Buku karya Fergus O'Connell ini mungkin dapat membantu Anda.

O'Connell akan menuntun Anda bagaimana mengatur keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Dalam bukunya, ia juga mengajarkan bagaimana mengambil keputusan sebagai skill paling penting dalam hidup.


7. The Power of Habit

Buku peraih penghargaan karya Charles Duhigg ini mengajarkan pembacanya cara untuk mendapatkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam hidup. Duhigg blak-blakan membuka penemuan sains yang menjelaskan mengapa ada kebiasaan dan bagaimana mengubahnya.

Duhigg membawa pembacanya ke perspektif baru dalam memahami manusia dan potensinya untuk bertransformasi. Ia juga menggunakan narasi dari kisah-kisah nyata yang relevan dengan hidup.


8. How to Win Friends and Influence People

Buku self-help yang ditulis Dale Carnegie ini ditulis pada 1936. Sebanyak 30 juta kopi sudah terjual di seluruh dunia, membuatnya sebagai salah satu buku best-seller di seluruh dunia. Selain itu, buku ini disebut-sebut sebagai buku nomor 19 dari 100 most influential books menurut Time Magazine.

How to Win Friends and Influence People mengajarkan cara berinteraksi dengan orang di sekitar kita. Termasuk di antaranya bagaimana membuat orang menyukai dan tertarik dengan kita, memenangkan pendapat dari orang lain, serta cara mengubah orang lain tanpa menimbulkan konflik.


9. Mimpi Sejuta Dolar

Buku yang ditulis Alberthiene Endah ini menceritakan kisah hidup pengusaha sukses Merry Riana. Miliuner muda tersebut kini menjadi motivator dan pengarang buku laris.

Ia mengungkapkan paradigma berpikir yang berbeda dengan menciptakan etos kerja keras luar biasa. Pada usia 26 tahun, Merry Riana mendapat 1 juta dolarnya yang pertama.


11. The One Thing

Buku yang ditulis Gary Keller dan Jay Papasan ini pertama kali terbit di tahun 2013. Bagi Anda yang kewalahan menyelesaikan pekerjaan, Anda mungkin membutuhkan buku ini.

Buku ini akan menuntun Anda tentang cara berfokus dan meningkatkan produktivitas. Fokus pada satu pekerjaan akan berdampak pada segala hal lainnya.


12. The Alchemist

Buku karya Paulo Coelho ini menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia. Walaupun berbentuk novel, kisah yang dituliskan Coelho sangat kuat dan akan menyentuh hati Anda.

The Alchemist berkisah tentang seorang bocah penggembala bernama Santiago. Ia berkelana dari kampung halamannya di Spanyol menuju Mesir karena keinginannya melihat piramida.

Namun perjalanan mencari "harta karun" itu justru membuatnya menemukan harta tersembunyi dalam dirinya. Santiago akan membuat Anda kembali percaya kepada kekuatan mimpi dan pentingnya mendengarkan kembali kata hati.


Baca juga: Lima Ciri-Ciri Pekerja Keras, Apakah Anda Memilikinya?


13. The Four Agreements

Buku yang ditulis Don Miguel Ruiz bersama Janet Mills ini termasuk jajaran pustaka yang laris, terutama di Amerika Serikat. Buku ini menjadi populer setelah disebut dalam Oprah Winfrey Show pada 2001.

The Four Agreements mengungkapkan apa yang dilakukan setiap orang berdasarkan persetujuan yang dibuat dengan diri mereka sendiri, orang lain, Tuhan, dan hidup itu sendiri. Ruiz meyakini untuk menemukan kebahagiaan, seseorang harus melepaskan diri dari persetujuan yang dipaksakan masyarakat atau terbentuk dari ketakutan dalam mindset.


Jadilah Pendana UMKM Indonesia Melalui Modal Rakyat

Kehidupan finansial yang stabil akan membuat Anda hidup lebih nyaman dan tenang. Salah satu yang dapat Anda lakukan untuk meraih kesuksesan dalam finansial adalah dengan menjadi pendana, salah satunya melalui P2P lending Modal Rakyat.

Modal Rakyat sudah berizin OJK, sehingga dijamin keamanannya. Selanjutnya, imbal hasil yang ditawarkan menarik, yakni mencapai 18 persen per tahun.

Minimal pendanaan rendah. Artinya, Anda dapat mendanai mulai dari Rp25.000 saja. Anda juga dapat memilih durasi pendanaan untuk memudahkan Anda mengelolanya, misalkan satu bulan.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru