Finansial

8 Langkah Cara Beli Saham dan Platform Andalannya

Pretty Angelia Wuisan-

04 Oct 2021

8 Langkah Cara Beli Saham dan Platform Andalannya

Cara beli saham saat ini mudah karena munculnya berbagai macam aplikasi saham. Untuk Anda yang pemula, pembelian saham mungkin masih membingungkan. Namun, tidak masalah, Anda sangat bisa belajar dari awal sekali. Yang terpenting adalah Anda memilih platform legal untuk melancarkan Anda dalam berinvestasi saham.

Investasi saham hingga kini menjadi instrumen yang dipilih untuk menambah kekayaan. Syarat untuk membelinya pun dipermudah, sehingga bisa menghasilkan banyak investor ritel dengan modal kecil. Untuk Anda investor pemula, di sini akan dijelaskan cara beli saham yang benar dan platform apa saja yang menyediakan transaksi jual beli saham.


Baca juga: 7 Acuan Beli Saham yang Perlu Anda Perhatikan


8 Langkah Cara Beli Saham yang Mudah

Cara membeli saham bagi pemula ini bisa diikuti siapa saja yang tertarik menanam modal di dunia saham. Umumnya saham bisa menjadi investasi jangka panjang, tapi Anda juga bisa mengandalkannya untuk meraih keuntungan di jangka pendek. Inilah cara beli saham yang dapat Anda ikuti.

1. Memilih perusahaan sekuritas

Anda harus paham bahwa untuk membeli saham di pasar modal, Anda pertama kali harus memilih perusahaan sekuritas. Pasalnya setiap pembelian atau penjualan saham harus melalui perusahaan tersebut atau bisa kita kenal sebagai broker.

Broker saham biasanya memiliki aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk transaksi saham. Untuk transaksi aman, Anda wajib memilih broker yang operasionalnya sudah berizin OJK.

2. Membuka rekening saham

Cara beli saham selanjutnya adalah membuka rekening saham. Anda tidak perlu bingung karena perusahaan sekuritas biasanya sudah menyediakan fiturnya. Jadi, Anda bisa melakukan pembukaan rekening saham melalui aplikasi yang sudah disediakan. Rekening ini akan memudahkan Anda saat melakukan transaksi saham.

3. Mendaftar Rekening Dana Saham (RDN)

Setelah buka rekening saham, Anda juga akan diarahkan untuk membuka RDN atau Rekening Dana Saham. Bedanya dengan rekening saham, RDN ini akan digunakan sebagai tempat menyimpan modal dan hasil investasi saham Anda.

Cara membuka rekening ini cukup gampang, Anda tinggal mengikuti petunjuk di aplikasinya. Artinya, hal ini pun bisa dilakukan secara online.

4. Menyetor modal

Setelah RDN dan rekening saham sudah tersedia, Anda bisa langsung menyetorkan modal. Berapa jumlah modalnya sesuaikan dengan rencana investasi Anda dan harga saham perusahaan yang Anda minati. 

Beberapa aplikasi online ada yang memberikan minimal setoran dengan besaran yang beragam. Anda bisa memilih aplikasi yang memberikan syarat minimal setoran modal yang minim.

5. Transaksi beli saham

Cara beli saham berikutnya adalah Anda bisa langsung melakukan transaksi. Begini caranya:

  • Pilih saham yang ingin dibeli. Hafalkan kodenya yang biasanya terdiri dari empat huruf, misalnya BBCA untuk BCA, INDF untuk Indofood, dan lain sebagainya.
  • Setelah itu Anda bisa bid dengan harga yang paling rendah. Nanti Anda akan mendapatkan saham tersebut apabila ada investor lain yang menjual saham itu dengan harga yang telah Anda pasang.
  • Anda harus ingat bahwa transaksi saham ini ditentukan oleh kecepatan Anda melakukan bid dan harga yang Anda pasang pada bid tersebut.
  • Anda juga akan dikenakan biaya transaksi di setiap Anda melakukan transaksi.

6. Transaksi jual saham

Setelah berhasil beli saham, Anda juga bisa menjualnya. Untuk meraih untung, Anda bisa menjual saham dengan menawarkan harga lebih tinggi dibandingkan di awal pembelian. Anda tinggal menentukan sendiri harga yang ingin dijual dan berapa banyak sahamnya.

Namun, Anda perlu melihat kondisi pasar saat itu. Apabila Anda menentukan harga terlalu tinggi, bisa saja saham Anda tidak ada yang mau beli. Jadi, sesuaikan dengan kondisi pasar.

7. Mengubah order saham

Anda dapat mengubah saham yang sudah dipesan untuk harga beli atau jualnya. Cara beli saham ini dapat Anda lakukan saat rencana Anda sebelumnya tidak bisa tereksekusi dengan baik. Ini adalah strategi yang bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki strategi sebelumnya.

8. Penyelesaian transaksi

Cara beli saham selanjutnya adalah Anda perlu melakukan penyelesaian transaksi. Hal ini biasanya perlu Anda lakukan dua hari setelah melakukan transaksi. Anda harus mentransfer sejumlah uang pada pihak sekuritas melalui RDN apabila modal yang Anda setorkan kurang. Anda juga akan dibebankan biaya transaksi.


Platform untuk Membeli Saham

Untuk membeli saham yang Anda inginkan, Anda bisa mengandalkan beberapa platform atau aplikasi yang sudah berizin dari OJK. Ini daftarnya.

1. Ajaib

Merupakan aplikasi legal yang menyediakan transaksi jual saham dengan berbagai macam fitur. Anda yang punya modal minim sangat bisa memanfaatkan Ajaib karena minimal transfer modalnya juga minim. Selain itu ada fitur forum untuk Anda belajar bareng bersama investor pemula lainnya.

2. Bibit

Bibit juga menyediakan layanan jasa jual-beli saham yang bisa dilakukan dari modal minim. Di aplikasi ini ada AI yang akan membantu Anda memberikan rekomendasi pembelian saham sesuai dengan profil risiko yang Anda isi di awal pendaftaran.

3. IPOT

Aplikasi IPOT juga menawarkan cara beli saham yang mudah untuk investasi saham pemula. Apabila Anda sedang mengalami masalah, Anda bisa menghubungi customer service yang tersedia lewat Telegram.

4. MOST

Aplikasi yang disediakan oleh Mandiri Sekuritas ini dapat dimanfaatkan oleh investor mana saja. Namun, untuk bisa menggunakan jasanya, Anda perlu mempunyai tabungan rekening Mandiri.


Baca juga: 5 Strategi Cuan Investasi Saham Bagi Pemula


Raih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


Pertanyaan Umum

1. Apa itu saham?

Saham adalah surat berharga, biasanya dimiliki oleh perusahaan sebagai tanda kepemilikan perusahaan tersebut. Perusahaan juga bisa menawarkan sahamnya ke publik lewat pasar modal. 

2. Di mana membeli saham?

Membeli saham bisa dilakukan di pasar modal melalui perusahaan sekuritas legal yang keberadaannya diakui di Indonesia.

3. Beli saham minimal berapa?

Anda bisa membeli 1 lot yang isinya adalah 100 lembar saham.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru