Finansial

Cara Investasi dan Manfaatnya yang Perlu Dipahami Pemula

Pretty Angelia Wuisan-

29 Oct 2021

Cara Investasi dan Manfaatnya yang Perlu Dipahami Pemula

Cara investasi yang baik dan benar perlu diketahui oleh investor pemula. Mengapa harus tahu? Karena investasi sendiri bukan kegiatan yang main-main. Apabila Anda fokus menjalankannya, bisa mendapatkan keuntungan yang tidak terkira.

Untuk pemula, melakukan investasi yang tepat itu penting. Di sini akan dijabarkan cara investasi yang benar dan manfaatnya untuk Anda. 


Baca juga: 9 Tips Saham Pemula Biar Tidak Gagal di Percobaan Pertama


Cara Investasi untuk Investor Pemula

Untuk investasi yang lancar, Anda perlu tahu cara investasi yang benar. Ini penjelasannya untuk pemula.

1. Tentukan tujuan investasi

Salah satu cara investasi, yaitu menetapkan tujuan jelas. Anda perlu tahu bahwa berinvestasi janganlah hanya ikut-ikutan orang. Anda harus punya tujuan tersendiri dalam memilih jenis investasi yang tepat. 

Tujuan jelas akan membuat Anda lebih fokus dan semangat dalam memulai investasi. Apabila Anda melakukannya hanya untuk main-main, ketika mengalami kerugian, Anda pun akan kecewa setengah mati. Padahal hal itu disebabkan ketidaktahuan Anda mengambil keputusan dalam berinvestasi. 

Tentukan tujuan sesuai dengan preferensi Anda. Tujuan pribadi pun tidak masalah karena yang mengerti diri Anda hanya Anda.

2. Ketahui profil risiko

Anda harus memahami beberapa profil risiko, supaya Anda kenal dengan diri sendiri. Di dalam investasi, ada 3 profil risiko yang bisa Anda temukan. Yang pertama adalah konservatif, mereka adalah tipe investor yang cari aman dalam berinvestasi dan memiliki investasi dengan risiko rendah.

Lalu, ada moderat, mereka adalah tipe investasi yang lebih berani dari konservatif, tapi mereka juga pilih-pilih instrumen investasi yang cocok. Mereka masih memikirkan risiko dengan sebaik-baiknya.

Terakhir adalah agresif, mereka adalah sosok yang berani mengambil risiko karena percaya high risk high return. Jadi, mereka menaruh dana untuk instrumen yang berisiko tinggi.

3. Ketahui jenis investasi

Cara investasi berikutnya adalah Anda wajib memahami produk investasi pada umumnya. Sehingga, nanti bisa menjalankan salah satu investasi atau beberapa pun bisa.

Anda bisa memilih investasi jangka pendek yang tidak lebih dari 1 tahun, dan jangka pendek yang biasanya lebih dari 3 tahun.

Untuk jangka waktu pendek, Anda bisa memilih investasi di pasar uang. Untuk risiko menengah, Anda bisa memilih investasi emas dan reksa dana. Untuk risiko tinggi, Anda bisa memilih saham.

4. Cari tahu cara kerja investasi

Anda perlu mempelajari juga cara kerja investasi yang dipilih. Masing-masing investasi punya cara kerja yang berbeda. 

Misalnya, untuk reksa dana, biasanya Anda akan dibantu oleh manajer investasi, jadi bisa lebih leluasa mengerjakan kegiatan lainnya. Manajer investasi yang akan memilih dana Anda akan disalurkan ke produk reksa dana apa saja atas persetujuan Anda juga.

Lalu, ada juga investasi emas yang saat ini bisa dilakukan dengan menabung. Jadi, Anda tidak perlu menunggu punya uang banyak untuk memiliki investasi tersebut. Anda cukup membuka tabungan emas di sebuah lembaga yang menyediakannya.

Lalu, untuk investasi saham Anda perlu selalu memantau pergerakan pasar modal, sehingga nanti akan lebih mudah dalam mengambil keputusan.

Sebagai tambahan, semua investasi sekarang bisa dilakukan secara online lewat aplikasi atau situs web resmi platform yang menyediakannya. Tidak ada salahnya memilih investasi yang bisa dilakukan online.

5. Kenali risiko investasi yang dipilih

Masing-masing investasi juga punya risiko yang perlu Anda pahami. Dengan mengetahui risiko, Anda bisa melakukan tindakan preventif yang lebih matang. Ini adalah cara investasi yang jangan Anda lupakan.

Masing-masing instrumen investasi punya risiko yang sulit untuk dihindari. Namun, Anda bisa mengatasi hal itu dengan melakukan diversifikasi salah satunya. 

Diversifikasi ini adalah menaruh dana Anda di beberapa instrumen. Ketika satu instrumen merugi, tapi instrumen lain meraih untung, Anda pun tidak akan merasa terlalu apes karena keuntungan tetap Anda raih.

6. Rutin melakukan investasi

Investasi ini adalah kegiatan yang perlu dilakukan secara rutin. Cara investasi yang benar, bukan hanya dilakukan sekali, tapi dilakukan berkesinambungan sampai Anda merasa sudah cukup karena tujuan akhirnya terwujud.

Investasi bisa dilakukan seperti menabung, yaitu menyalurkan dana secara rutin setiap bulannya. Cara investasi ini bisa dilakukan oleh Anda yang belum bisa mengumpulkan dana dalam jumlah banyak di satu waktu.

Yang terpenting adalah uang yang Anda sediakan untuk investasi adalah uang dingin atau idle money.


Manfaat Investasi untuk yang Menjalankannya

Walaupun ada risikonya, tidak dipungkiri bahwa manfaat investasi lebih besar dibandingkan dengan risiko tersebut. 

Anda tidak perlu ragu dalam berinvestasi karena akan memperoleh berbagai manfaat sebagai berikut.

1. Sebagai perencanaan masa depan yang matang

Investasi adalah salah satu bagian dari perencanaan keuangan yang membuat Anda lebih teratur dalam mengelola keuangan. Perencanaan keuangan penting agar uang yang Anda miliki tidak terbuang dengan percuma.

Masa depan sendiri adalah waktu yang penuh dengan misteri. Kita benar-benar tidak paham apa yang terjadi nantinya. Namun, yang namanya persiapan itu tetap diperlukan.

Investasi adalah salah satu persiapan Anda dalam menghadapi ketidakpastian itu. Namun, Anda tetap boleh berencana apa saja di masa depan. Apapun yang terjadi, Anda akan lebih siap ketika memiliki amunisi investasi.

2. Dana pensiun

Dana pensiun adalah hal yang Anda perlukan ketika nanti sudah tidak bekerja. Anda tentunya tidak ingin merepotkan anak-anak Anda nantinya. Untuk itu, dana pensiun ini perlu disediakan untuk keperluan harian.

Dengan menyediakan dana pensiun dari sekarang, Anda tidak akan kebingungan lagi soal masa depan. Anda juga membantu memutus rantai sandwich generation yang saat ini menjadi masalah serius yang kita hadapi bersama.

Berinvestasi membuat Anda bisa lebih cepat dalam mengumpulkan dana pensiun, bahkan bisa lebih banyak juga dibandingkan menabung biasa.

3. Meraih financial freedom

Anda juga bisa meraih financial freedom yang Anda impikan. Kebebasan finansial ini membuat Anda tidak lagi mengkhawatirkan soal uang. 

Kebebasan finansial memungkinkan Anda untuk bersantai, tapi uang tetap mengalir masuk ke rekening Anda. Uang tersebut datang dari aset-aset Anda.

Anda tidak perlu menjadi orang kaya dulu untuk meraih kebebasan finansial. Anda hanya membutuhkan perencanaan yang matang. Dengan melakukan investasi rutin, kebebasan finansial tersebut pasti bisa Anda raih.

4. Membantu gapai cita-cita yang tertunda

Selama ini Anda sudah bekerja dengan giat sampai tidak sempat bersenang-senang. Dengan berinvestasi, Anda bisa menggapai mimpi tertunda Anda nantinya. 

Untuk itu berinvestasi dari sekarang. Semakin dini, semakin banyak pula potensi keuntungan yang dapat Anda raih. 

Tidak ada salahnya berjuang dari sekarang, walaupun dalam waktu yang lama. Suatu saat nanti, Anda pasti bisa meraih hal yang sudah lama didambakan. Catat cita-cita Anda dengan baik, supaya Anda terus mengingatnya.

5. Menambah aset

Ada berbagai macam aset yang bisa Anda miliki, yaitu aset produktif dan konsumtif. Aset konsumtif merupakan harta yang hanya digunakan oleh Anda untuk kegiatan harian.

Sedangkan aset produktif adalah harta yang dapat membawa Anda meraih keuntungan. Dengan berinvestasi, itu artinya Anda sudah menyediakan aset produktif untuk keuangan Anda.

Aset produktif ini bisa mendatangkan uang, meskipun Anda sebenarnya tidak melakukan apapun. Misalnya, Anda meraih passive income ketika menyewakan ruko yang Anda miliki. 

Berinvestasi memang seajaib itu. Bisa bekerja mendatangkan uang bagi Anda, padahal Anda hanya diam. Dengan memiliki investasi, Anda bisa menambah aset yang bermanfaat bagi keuangan Anda.


Baca juga: Memahami Jenis Deposito, Manfaat, dan Ketentuan Pajaknya


Demikian cara investasi dan manfaatnya sebagai informasi untuk Anda. Berinvestasi mudah dilakukan untuk orang-orang yang niat. Anda bisa mempelajarinya dari nol. Hindari cara cepat untuk meraih untung karena berinvestasi pun membutuhkan waktu. Anda perlu bersabar sebelum bisa meraih apa yang diinginkan.

Semangat berinvestasi!


Mendanai di Modal Rakyat Membantu Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Bisnisnya

Ingin menyalurkan modal secara aman? Pilih saja Modal Rakyat yang menyediakan pendanaan menguntungkan bagi Anda. Modal yang Anda miliki akan diberikan pada pelaku UMKM yang membutuhkannya.

Dari Rp25.000 saja Anda sudah membantu pelaku UMKM Indonesia untuk menggapai mimpi mereka. Keuntungan yang Anda raih adalah 18% untuk per tahunnya

Jangan lupa input kode BLOG25 ketika akan melakukan top up saldo buat meraih modal gratis Rp25.000. Jangan ragu lagi mendanai di Modal Rakyat.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru