Finansial

7 Cara Melakukan Investasi Agar Untung di Tahun 2022

Pretty Angelia Wuisan-

28 Dec 2021

7 Cara Melakukan Investasi Agar Untung di Tahun 2022

Cara melakukan investasi sebenarnya mudah bagi mereka yang mau belajar. Kabar baiknya, investasi ini bisa dipelajari siapa saja, tanpa memandang di mana Anda dulu mengenyam pendidikan.

Namun, melakukan investasi memang diperlukan usaha maksimal untuk hasil yang juga memuaskan. Di sini Anda akan tahu cara berinvestasi untuk cuan di tahun 2022


Baca juga: Cara Menginvestasikan Uang untuk Pelajar dan Mahasiswa


Cara Melakukan Investasi untuk Mendulang Profit 

Semua orang bisa berinvestasi asalkan mau memahami bagaimana investasi itu berjalan. Investasi memang memerlukan pengetahuan dasar yang solid agar ke depannya bisa berjalan sesuai harapan.

Lalu, bagaimana cara melakukan investasi yang benar? Ini dia daftar cara berinvestasi supaya bisa mendulang profit di tahun 2022.

  • Menetapkan tujuan investasi
  • Menyiapkan modal
  • Mencari tahu profil risiko
  • Menentukan jangka waktu
  • Menentukan instrumen investasi
  • Menentukan platform terpercaya
  • Melakukan investasi dan evaluasi

1. Menetapkan tujuan investasi

Tujuan investasi adalah hal pertama yang perlu Anda tentukan untuk berinvestasi. Ketika Anda hanya mengikuti orang lain, Anda telah kehilangan tujuan itu.

Jadi, buatlah tujuan investasi dari keinginan Anda. Hal ini sangat bisa dikaitkan dengan mimpi Anda.

Mengejar mimpi itu mengasyikkan, bukan? Apalagi ketika mimpi Anda berhasil tercapai. Berinvestasi adalah cara Anda untuk menggapai mimpi itu.

Tulis tujuan investasi Anda di tempat mana saja yang bisa selalu Anda lihat. Percayalah tujuan ini yang akan membuat Anda selalu berdiri menghadapi berbagai hambatan dalam berinvestasi.

2. Menyiapkan modal

Untuk berinvestasi, Anda memerlukan modal. Tenang saja modal ini tidak harus dalam jumlah besar. Anda bisa mengumpulkannya dari modal yang kecil.

Terlebih saat ini ada banyak platform khusus investasi seperti investasi saham, reksa dana, P2P lending, dan lainnya yang dapat dimulai dari modal kecil.

Modal kecil ini juga akan membuat Anda lebih rileks di percobaan pertama. Dari langkah awal ini, Anda pasti jadi lebih banyak belajar tentang berinvestasi.

Anda bisa menambah modal itu seiring waktu seperti menabung setiap bulan. 

3. Mencari tahu profil risiko

Cara melakukan investasi berikutnya, Anda harus paham betul Anda termasuk memiliki profil risiko yang seperti apa. Ada 3 jenis profil risiko yang perlu dipahami.

Pertama adalah tipe yang konservatif. Investor tipe ini adalah mereka yang enggan mengambil risiko karena tidak mau mendapatkan banyak kerugian. Instrumen investasi yang dipilih pun yang mudah.

Kedua adalah tipe moderat. Investor yang termasuk ke tipe ini berani mengambil risiko, tapi masih dalam batas wajar yang diterimanya. Jadi, tipe moderat masih mengambil jalan aman ketika berinvestasi. Posisinya berada di pertengahan.

Ada lagi tipe agresif. Tipe ini adalah mereka yang paling berani mengambil risiko karena berharap bisa mengambil keuntungan lebih banyak.

Mau di konservatif, moderat, atau agresif itu tidak masalah. Anda hanya perlu mengenali profil risiko supaya bisa memilih instrumen yang tepat.

4. Menentukan jangka waktu

Cara melakukan investasi yang jangan sampai dilupakan adalah menentukan jangka waktu investasi.

Ada dua macam investasi yang dapat Anda jalankan, yakni investasi jangka pendek dan yang satunya lagi adalah investasi untuk jangka waktu panjang.

Investasi jangka pendek adalah berinvestasi dalam waktu singkat, Umumnya tidak lebih dari 1 tahun atau bahkan lebih cepat dari itu.

Sedangkan untuk investasi jangka panjang minimal dilakukan 5 tahun atau lebih. 

Yang mana yang paling menguntungkan? Sebenarnya hal itu tergantung dari tujuan Anda. 

5. Menentukan instrumen investasi

Setelah berhasil menentukan jangka waktu berinvestasi, Anda akan lebih mudah dalam memilih instrumen investasi yang ada banyak itu.

Instrumen investasi yang tepat akan membawa keuntungan yang tepat juga. 

Jika Anda ingin mengambil keuntungan paling lama 1 tahun Anda bisa mengambil jenis investasi seperti reksa dana pasar uang, trading saham, trading mata uang digital.

Jika Anda mau mengambil keuntungan 5 tahun kemudian atau lebih, Anda bisa mengambil berbagai jenis investasi untuk jangka panjang seperti investasi properti, emas, dan investasi saham.

6. Menentukan platform terpercaya

Anda sangat beruntung karena sekarang sudah banyak platform terpercaya yang bisa dipilih untuk berinvestasi. 

Keberadaan aplikasi ini yang membuat berinvestasi bisa dilakukan dari jarak jauh, tidak harus mendatangi kantornya.

Masing-masing aplikasi pun bisa diunduh secara gratis. Anda baru membayar ketika benar-benar telah melakukan transaksi. Jadi, Anda bisa mencobanya satu per satu.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah platform tersebut harus Anda pastikan sudah berizin legal OJK atau berizin Bappebti dan lembaga keuangan terpercaya Indonesia lainnya.

Pilih platform yang menurut Anda paling mudah dan menawarkan biaya transaksi yang cukup murah.

7. Melakukan investasi dan evaluasi

Cara melakukan investasi yang sudah pasti harus dilaksanakan adalah langsung terjun ke dunia investasi.

Anda sudah melakukan semua hal di atas, sekarang waktu yang tepat untuk mempraktikkannya secara langsung. 

Anda tidak akan tahu bagaimana investasi sebenarnya tanpa terjun langsung ke dalamnya. Pasti akan banyak hal yang Anda temukan dan bisa jadi pelajaran.

Setelah melakukan berbagai kegiatan investasi, jangan lupa untuk melakukan evaluasi. Kegiatan ini akan berguna untuk pengambilan keputusan investasi Anda di masa depan.


Baca juga: Cara Investasi dengan Uang 100 Ribu, Ringan dan Mudah


Kesimpulan

Cara melakukan investasi mudah dilakukan selama Anda punya niat. Jangan ragu untuk keluar dari zona yang membuat Anda nyaman. Dengan begitu, Anda akan bisa melangkah lebih jauh pada keuntungan yang Anda incar.


Lakukan Pendanaan Mudah dan Terpercaya di Modal Rakyat dan Ambil Keuntungannya

Salah satu instrumen investasi yang dapat diandalkan untuk keuntungan di tahun 2022 adalah Modal Rakyat.

Selain platform pinjaman, Modal Rakyat juga menjadi platform pendanaan aman untuk siapa saja karena sudah mendapat izin legal OJK.

Pendanaan di Modal Rakyat mudah karena Anda bisa memulainya dari dana minim Rp25.000. Keuntungannya pun tidak kalah menarik, yaitu mencapai 18% per tahun.

Pakai kode BLOG25 di pengisian dana pertama Anda supaya Anda meraih bonus Rp25.000.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru