Finansial

Berbagai Tujuan Investasi Berdasarkan Usia Para Investor

Pretty Angelia Wuisan-

02 Nov 2021

Berbagai Tujuan Investasi Berdasarkan Usia Para Investor

Tujuan investasi perlu Anda tetapkan sebelum benar-benar melakukan investasi itu. Memiliki tujuan akan membuat kegiatan berinvestasi Anda jadi lebih serius. Tujuan ini juga perlu dicatat agar Anda selalu mengingatnya.

Namun, untuk Anda yang belum tahu untuk apa tujuan berinvestasi, di sini akan dijelaskan mengenai tujuan investasi sesuai dengan umur investor yang menjalankannya.


Baca juga: Beragam Contoh Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan


Mengapa Berinvestasi Harus Punya Tujuan?

Secara umum, investasi adalah penanaman modal yang bertujuan untuk menambah aset. Namun, Anda perlu menggali lagi mengapa Anda ingin menambah aset? Apa yang mau Anda lakukan dengan aset yang nilainya naik itu?

Dalam berinvestasi, Anda perlu menentukan tujuan yang pasti karena akan mempengaruhi performa Anda dalam mengusahakan investasi itu. 

Apabila Anda berinvestasi hanya karena ikut-ikutan orang, tanpa berniat memahaminya lebih jauh, Anda tentunya akan sulit meraih keuntungan yang maksimal. Hal itu karena Anda tidak melakukannya secara serius.

Tujuan investasi akan membuat Anda fokus dalam berinvestasi dan tentunya lebih bersemangat dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada di dalamnya. Tujuan itu akan memudahkan Anda dalam memilih jenis investasinya juga.

Untuk memperoleh keuntungan yang menarik, Anda perlu berusaha dulu. Usaha ini datang dari niat dan tujuan yang sudah mantap.

Tujuan juga akan membawa Anda untuk memilih jenis investasi jangka panjang atau malah untuk investasi jangka pendek. Di bawah ini akan dijelaskan tujuan investasi berdasarkan umur para investornya.


Tujuan Investasi untuk Usia 20-an

Di umur 20 tahun, Anda biasanya masih meniti karir dari bawah. Anda masih banyak belajar akan segala hal. Umur 20 tahun adalah salah satu waktu yang bagus untuk memulai investasi. 

Biasanya mereka yang berumur 20 tahun memilih produk investasi jangka pendek yang dilakukan dalam kurun waktu tidak lebih dari 3 tahun. 

Instrumen investasi yang bisa diandalkan adalah deposito atau reksa dana pasar uang yang tenornya tidak terlalu lama. Ini dia tujuannya.

a. Untuk dana darurat

Dana darurat adalah dana yang disiapkan untuk menghadapi hal diluar kendali dan tidak terduga juga. Ketika sudah terkumpul, Anda perlu menyimpannya di sebuah rekening dan hanya menggunakannya hanya untuk kepentingan yang darurat.

b. Untuk liburan

Biasanya orang menabung untuk mengumpulkan uang liburan. Menanamkan modal di suatu instrumen investasi akan membuat uang yang Anda butuhkan terkumpul dengan cepat. 

Tidak ada salahnya berinvestasi untuk mengumpulkan uang liburan. Anda pun jadi bisa berkunjung ke tempat impian Anda. Di masa muda ini, sangat bagus untuk eksplorasi ke berbagai macam tempat.


Tujuan Investasi untuk Usia 30-an

Di umur segini Anda biasanya akan merencanakan hal-hal yang lebih serius. Investasi akan membantu Anda untuk mewujudkan hal itu. 

Namun, Anda perlu melakukan perencanaan investasi yang lebih rapi supaya tujuan investasi Anda itu benar-benar bisa tercapai. Apalagi Anda juga akan lebih sibuk dibandingkan biasanya. 

Biasanya, inilah tujuan berinvestasi yang ditentukan mereka yang berusia 30 tahun.

a. Dana persiapan nikah

Umur 30 tahun biasanya Anda sudah masuk fase untuk berkeluarga dengan sosok yang Anda cintai. Anda pun akan mempersiapkan dana untuk acara pernikahan yang khidmat itu.

Biaya pernikahan sebenarnya tergantung dari diri Anda masing-masing, tapi tidak jarang ada yang ingin menyelenggarakannya secara totalitas mengingat acara ini hanya diinginkan terjadi sekali saja dalam hidup.

Tidak mengherankan jika Anda rela mengeluarkan uang banyak untuk acara spesial tersebut.

Menabung bisa menjadi opsi, tapi uangnya terkumpul dalam waktu yang lama. Anda bisa memilih berinvestasi jangka pendek seperti Obligasi Ritel Indonesia atau investasi di P2P lending untuk memenuhi tujuan tersebut.

b. Membeli rumah

Setelah menikah, Anda dan pasangan tentunya ingin menempati rumah yang nyaman. Anda akan mulai membeli rumah. Anda bisa memilikinya dengan sistem KPR yang mempermudah mereka yang ingin punya rumah.

Namun, membayar KPR pun tidak mudah karena berlaku bunga floating yang membuat suku bunga rumah berubah-ubah. Anda juga perlu perencanaan matang untuk pembelian rumah.

Supaya cepat lunas, Anda bisa berinvestasi di instrumen untuk jangka panjang, misalnya investasi saham atau bisa juga investasi emas.

Harga saham dan emas atau logam mulia bisa naik di tahun berikutnya. Keuntungan yang Anda dapatkan itu bisa dialihkan untuk membayar cicilan rumah. Jangan kaget apabila Anda nanti bisa melunasi pembayaran rumah sebelum waktunya.

Pastikan Anda memilih saham yang tepat di pasar modal. Itu artinya Anda perlu melakukan analisis fundamental terlebih dulu. Untuk investasi jangka panjang, Anda wajib menentukan saham yang punya fundamental terbaik.


Tujuan Investasi untuk Usia 40-an

Umur 40 tahunan Anda akan masih disibukkan dengan pekerjaan. Beberapa dari Anda mungkin sudah ada yang berhasil memperoleh karir yang sukses dan penghasilan di atas rata-rata.

Biasanya Anda juga sudah mulai mempersiapkan berbagai macam hal untuk hari tua. Anda bisa mempersiapkannya dengan investasi jangka panjang seperti investasi saham, properti, emas, atau obligasi yang jangka pembayarannya panjang.

Atau bisa juga untuk jangka pendek di tujuan yang Anda ingin capai 3 atau 5 tahun kemudian. Inilah tujuan investasi yang biasanya Anda buat untuk usia 40 tahun.

a. Persiapan naik haji

Untuk Anda yang beragama Islam, pasti punya keinginan untuk beribadah di Tanah Suci untuk sekali seumur hidup. Biayanya memang cukup mahal, jadi Anda akan mempersiapkannya sejak lama.

Anda bisa memanfaatkan tabungan haji untuk perencanaan haji yang lebih matang. Selain itu, Anda bisa menambah uang persiapan haji dengan return dari investasi jangka pendek Anda. Dengan begitu, Anda tidak membutuhkan waktu lama sampai uangnya bisa terkumpul.

b. Dana usaha

Tujuan ini biasanya dilakukan oleh Anda yang menjadi karyawan untuk sementara saja. Sudah saatnya Anda menjadi bos di tempat kerja Anda sendiri.

Walaupun harus memulai dari bawah, Anda akan melakukannya dengan perencanaan yang matang. Hal itu dimulai dari ketersediaan modal untuk usaha.

Anda bisa menyediakannya dari investasi yang Anda lakukan dari sekarang. Nanti modal tersebut digunakan untuk memulai bisnis yang Anda impikan sejak lama. Jika modal sudah terkumpul, semuanya nanti akan lebih terasa ringan.



c. Dana pensiun

Di usia 40 tahun, walaupun sedang ada di puncak karir, mungkin Anda juga akan memikirkan masa pensiun yang 20 tahun lagi akan datang.

Setelah bekerja keras selama puluhan tahun, Anda tentunya ingin menjalani hari tua dengan berbahagia. Anda sangat bisa menikmatinya selama punya persiapan yang matang untuk hidup di masa tua.

Anda perlu merencanakan ketersediaan dana pensiun untuk kebutuhan harian. Untuk menyediakannya, Anda dapat menyetor dana di investasi jangka panjang. Beberapa jenis investasi itu juga masih bisa dijalankan ketika Anda sudah masuk ke masa pensiun.


Baca juga: Beragam Contoh Investasi Jangka Pendek yang Recommended


Itulah tujuan investasi yang bisa Anda tentukan untuk kepentingan Anda. Yang penting Anda jangan berjalan tanpa tujuan karena hal itu bisa membuat Anda tersesat. Tujuan itu bisa apa saja, yang penting Anda memang benar-benar ingin mencobanya. Selamat berinvestasi ya!


Kembangkan Penghasilan Anda Melalui Pendanaan P2P Lending Modal Rakyat

Untuk Anda yang ingin meraih imbal hasil dalam waktu singkat, bisa memilih P2P lending Modal Rakyat sebagai media untuk meraih tujuan itu.

Anda bisa menyalurkan modal dari Rp25.000 saja ke pelaku UMKM yang membutuhkan dana untuk pengembangan bisnisnya. 

Pakai kode BLOG25 untuk top up saldo agar Anda mendapatkan Rp25.000 gratis. Yuk, mulai menjadi pendana di Modal Rakyat.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru