Finansial

4 Instrumen Investasi dengan Modal Kecil dan Keuntungannya

Pretty Angelia Wuisan-

08 Nov 2021

4 Instrumen Investasi dengan Modal Kecil dan Keuntungannya

Investasi dengan modal kecil sekarang mudah ditemukan karena tersedia banyak pilihan. Anda sebagai investor pemula pun tidak perlu mencarinya sampai bingung.

Walaupun dimulai dari modal minim, instrumen investasi di bawah ini bisa mendatangkan cuan yang menjanjikan. Inilah instrumen investasi modal kecil, keuntungan, dan tips untuk memilihnya.


Baca juga: 5 Tips Menentukan Tempat Investasi untuk Jangka Panjang


4 Instrumen Investasi dengan Modal Kecil

Berinvestasi dulu hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu karena aksesnya yang memang sulit. Belum lagi syarat modal yang cukup berat untuk kalangan menengah ke bawah. Akhirnya yang berinvestasi pada saat itu hanya mereka yang berduit atau punya modal yang besar.

Namun, keadaan itu sekarang tidak terjadi lagi karena investor ritel atau investor dengan modal yang tidak seberapa pun punya kesempatan yang sama. 

Anda juga bisa memulai investasi dengan memilih mau investasi jangka waktu pendek atau jangka waktu panjang, sesuai dengan target investasi Anda.

Investasi modal kecil ini punya cara kerja dan risiko yang berbeda. Sebelum memilih jenis investasi modal kecil, Anda perlu mengenalnya secara umum terlebih dulu. Ini penjelasannya.

1. Menabung emas

Investasi emas batangan cocok untuk menjadi investasi dengan modal kecil. Hal ini karena emas menawarkan modal yang bisa dijangkau oleh siapa saja.

Anda perlu tahu bahwa emas 1 gram rata-rata harganya mencapai Rp900 ribu. Namun, walaupun Anda belum memiliki uang segitu, Anda tetap bisa pilih investasi emas dari modal Rp10.000 hingga Rp100.000.

Caranya adalah dengan membuka tabungan emas di lembaga keuangan resmi yang Anda pilih.

Investasi emas paling cocok untuk jangka panjang, jadi imbal hasil yang Anda dapatkan lumayan di masa depan.  

Investasi emas juga mudah dijalankan karena Anda tinggal membuka rekening emas, lalu mencicil hingga target 1 gram emas Anda raih. Jika ingin menambah jumlah emas, Anda bisa mengubah target.

2. Reksa dana

Investasi reksadana adalah salah satu investasi dengan modal kecil yang jangan sampai dilewatkan. Anda yang ingin mendapatkan keuntungan menjanjikan untuk setiap tahunnya, bisa mengandalkan investasi ini.

Manajer investasi adalah pihak yang akan hadir bersama Anda untuk mengelola modal. Modal dari investor mereka kumpulkan dan disebarkan ke berbagai produk reksa dana yang bekerja sama dengan mereka.

Memilih investasi reksa dana adalah pilihan tepat bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk analisis ini dan itu. Namun, bukan berarti Anda tidak mempelajarinya terlebih dulu. 

Apalagi produk reksa dana juga beragam mulai dari yang risikonya rendah, yaitu reksa dana pasar uang, sampai ke investasi yang punya risiko tinggi, reksa dana saham.

Biasanya reksa dana bisa dilakukan dengan modal mulai dari Rp100 ribu saja.

3. P2P lending

P2P lending biasanya diandalkan oleh mereka yang membutuhkan modal untuk kebutuhan harian atau untuk usaha. 

Namun, tidak hanya sebagai peminjam, Anda juga bisa menjadi pendana yang menyediakan modal untuk para pelaku UMKM yang mengajukan dana. Investasi P2P lending saat ini menjadi instrumen yang dipilih oleh masyarakat karena bermacam kemudahan yang menjadi ciri khasnya. 

Nanti pelaku UMKM akan melakukan pengembalian dana yang ditambahkan dengan bunga sesuai tenor.

Daripada Anda memilih investasi usaha yang tidak jelas di luar sana yang biasanya terindikasi bodong, P2P lending yang legal adalah pilihan yang paling aman.

Contoh P2P lending legal yang bisa dipilih adalah Modal Rakyat. Anda sangat mungkin memulai pendanaan dari Rp25.000. Bagi pemula yang ingin mencoba, ini adalah jumlah dana yang termasuk aman.

Potensi imbal hasil yang Anda peroleh mencapai 18% per tahunnya. Termasuk tinggi jika dibandingkan deposito dari bank. 

Ketika melakukan top up dana, jangan lupa input kode BLOG25 dan raih saldo Rp25.000 secara gratis


4. Saham 

Investasi saham menjadi investasi dengan modal kecil selanjutnya yang mudah dilakukan. Alasannya karena jual-beli saham sekarang cukup dilakukan melalui aplikasi.

Investasi saham juga saat ini semakin diminati oleh para investor awam. Jumlah investor ritel di Indonesia kian bertambah seiring dimudahkannya syarat untuk membeli saham. Saat ini 1 lot saham jumlahnya hanya 100 saham, dibandingkan dulu yang ketentuannya adalah 500 saham.

Namun, investasi satu ini punya risiko yang paling tinggi jika dibandingkan instrumen yang sudah dijelaskan sebelumnya. Alasannya karena imbal hasil yang diraih juga tidak kalah tinggi.

Untuk itu, Anda perlu banyak mempelajari dunia saham yang beragam mulai dari membaca grafik, analisis berbagai laporan keuangan perusahaan, hingga membaca kondisi pasar saham yang dinamis.


Keuntungan Memilih Investasi dengan Modal Kecil

Investasi dengan modal kecil tentu memiliki keuntungan untuk mereka yang menjalankannya. Ini dia alasannya. 

1. Cocok untuk pemula yang baru belajar

Siapa bilang pemula tidak boleh berinvestasi? Justru jika tidak mulai berinvestasi, selamanya akan berada di jalan yang sama.

Apalagi yang harus ditunggu? Harusnya modal kecil ini membuat Anda tidak punya beban apapun sebagai seorang pemula yang baru terjun di dunia investasi. Anda pun akan lebih fokus belajar berinvestasi dibandingkan harus menunggu uangnya besar dulu. 

Pengetahuan dasar investasi yang kuat akan membuat Anda cepat beradaptasi ketika menghadapi risiko apapun itu. Cara tepat untuk belajar berinvestasi memang langsung praktik di medannya.

2. Modal tidak besar

Kendala orang di zaman dulu adalah modal mereka tidak cukup untuk berinvestasi. Uangnya pun digunakan untuk sehari-hari saja.

Namun, sekarang kesempatan berinvestasi dari modal yang tidak besar semakin terbuka lebar. Anda seharusnya lebih berani untuk memulai dengan segala kemudahan yang ditawarkannya,

3. Tidak menunda berinvestasi

Investasi dengan modal kecil juga membuat Anda jadi menyegerakan berinvestasi, walaupun dengan pengetahuan yang masih sedikit. 

Semakin dini Anda melakukan investasi, hasil yang Anda harapkan di masa depan bukan tidak mungkin akan semakin besar. Ini berlaku untuk Anda yang ingin punya investasi jangka panjang demi kebutuhan masa pensiun nanti. Untuk jangka pendek pun punya kesempatan meraih keuntungan juga.


Tips Memilih Investasi dengan Modal Kecil Sesuai Kebutuhan

Supaya Anda sukses investasi dengan modal kecil, ini ada tips yang bisa Anda ikuti.

1. Aplikasi legal

Hal pertama yang harus Anda penuhi untuk berinvestasi adalah memilih aplikasi yang resmi atau legal. Aplikasi legal menjamin modal Anda terjaga dengan aman karena orang-orang yang ada di dalamnya profesional dan bertanggung jawab.

Aplikasi legal ini memiliki izin dari lembaga-lembaga terpercaya Indonesia mulai dari Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan, hingga Bappebti.

2. Aplikasi user friendly

Pastikan aplikasi yang Anda andalkan itu mudah digunakan. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari kesalahan teknis. 

Misalnya, Anda kebingungan menggunakan suatu aplikasi investasi. Niatnya Anda ingin menjual saham untuk raih keuntungan, tapi Anda ternyata malah memilih tombol beli. Ini tentu jadi masalah.

Cara untuk tahu aplikasi mudah digunakan atau tidak dengan menggunakannya secara langsung satu per satu.

3. Aplikasi dengan biaya transaksi yang wajar

Setiap aplikasi biasanya membebankan biaya transaksi untuk para pengguna. Hal ini sangat wajar mengingat mereka sudah menyediakan aplikasi dengan fitur yang lengkap.

Masing-masing aplikasi punya kebijakan yang berbeda soal penetapan biaya transaksi. Anda bisa membandingkannya dengan mencari tahu ketentuan biaya transaksi masing-masing aplikasi.

Biasanya informasi ini mudah Anda temukan di situs web resmi aplikasi tersebut.

4. Instrumen yang sesuai profil risiko

Yang terakhir adalah Anda perlu memilih instrumen yang risikonya sesuai dengan profil Anda dalam menghadapi risiko.

Apakah Anda orang yang santai saja dalam berinvestasi? Atau Anda sosok yang ambisius, yang ingin meraih imbal hasil setinggi-tingginya? 

Tidak semua orang punya keberanian untuk kehilangan modalnya. Tidak semua orang juga cukup sabar untuk keuntungan yang hanya bisa didapat di bawah 5% setiap tahunnya. 

Sebelum memilih, tentunya Anda perlu mengenali diri Anda dulu termasuk berani menerima tantangan atau berada di jalan yang mulus-mulus saja.


Baca juga: 6 Rekomendasi Investasi Mudah Cocok untuk Investor Pemula


Demikian penjelasan investasi dengan modal kecil, beserta keuntungan, dan tips yang dapat Anda jalankan. Memang berinvestasi itu butuh usaha dan waktu. Namun, apabila kesempatan bagus ini tidak dilaksanakan, Anda tentu tidak akan mendapatkan keuntungan itu. Selamat berinvestasi.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru