Finansial

Gaya Hidup

Cara Menabung yang Benar demi Masa Depan Lebih Baik

Kabrina Rian Ferdiani-

29 Jun 2021

Cara Menabung yang Benar demi Masa Depan Lebih Baik

Menabung dianggap sebagai hal sederhana namun faktanya banyak orang kesulitan menerapkan cara menabung yang benar. Hal ini karena mereka tidak mengetahui bagaimana langkah-langkahnya sehingga akhirnya tabungan tidak terkumpul.

Menabung sangat dibutuhkan sebagai salah satu cara terpenting dalam mengelola keuangan secara bijak. Tabungan sangat bermanfaat untuk masa depan lebih baik sehingga harus diterapkan secara bijak oleh setiap orang.

Kebiasaan menabung membantu Anda menahan diri untuk tidak memboroskan uang tanpa tujuan jelas. Agar mampu menerapkan cara menabung yang benar dan efektif maka ikuti 7 langkah sederhana berikut ini.


Baca juga: Menghitung dan Mengumpulkan Dana Darurat untuk Persiapan Situasi Tak Terduga


1. Tetapkan Tujuan Anda Menabung

Pertama sebagai dasar sangat penting adalah menetapkan terlebih dahulu apa sebenarnya tujuan Anda menabung. Melakukan sesuatu dalam hidup tanpa adanya tujuan jelas tidak ada motivasi sehingga malas mewujudkan hal tersebut.

Sebelum membahas lebih mendalam tentang cara menabung yang benar sebaiknya tetapkan tujuan Anda. Misalnya tabungan untuk membeli aset dalam beberapa tahun kedepan seperti tanah atau rumah.

Tentukan juga berapa jumlah yang akan didapatkan, misalnya menabung selama 5 tahun harus mendapatkan Rp 100 juta. Dengan begitu Anda akan bersemangat apalagi jika sudah mendekati nominal mencapai target.


2. Pisahkan Tabungan Harian dengan Tabungan Masa Depan

Penyebab kegagalan paling sering dari cara menabung yang benar yaitu masih mencampur adukkan rekening menjadi satu. Sehingga tidak diketahui berapa jumlah tabungan yang sudah dikumpulkan akibatnya sulit melakukan pengecekan.

Bahkan sering tidak disadari tabungan Anda ikut terambil demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sehingga terus menerus habis dan tidak bisa mencapai target karena kesalahan kecil namun terus terulang-ulang.

Maka cara menabung yang benar paling sederhana yaitu mulai memisahkan tabungan harian dengan masa depan. Buat rekening berbeda agar Anda tidak mudah mengambil dana dari budget untuk menabung.

Triknya lagi Anda bisa membuat tabungan yang tidak bisa diambil dengan mudah atau sesuai jangka waktu. Misalnya hanya bisa diambil setelah 5 tahun sehingga dianggap sebagai uang hilang.


3. Lakukan Pengaturan untuk Transfer Otomatis

Kesulitan menabung menjadi hal yang sering dialami oleh kebanyakan orang tanpa melihat berapapun usianya. Maka perlu adanya cara menabung yang benar agar dapat membantu menyisihkan penghasilan secara efektif.

Contohnya dengan melakukan pengaturan untuk bisa transfer secara otomatis setiap bulannya agar tidak lupa. Misalnya dari 20% gaji ditransfer ke rekening khusus secara otomatis jadi sudah pasti aman.

Hal ini menjadi cara termudah bagi Anda yang suka lupa atau memiliki kebiasaan menunda menyisihkan uang. Dengan begitu resiko tidak menyisihkan dana semakin kecil dan bisa mencapai target tepat waktu.


Baca juga: Penjelasan Jenis, Persyaratan, dan Link KPR BCA


4. Mulai Biasakan Diri dari Jumlah Kecil

Kunci utama dari cara menabung yang benar adalah mulai membiasakan diri dulu menyisihkan uang. Bukan dilihat dari seberapa besar yang Anda sisihkan namun bagaimana mampu membuat diri sendiri menjadi terbiasa.

Maka disarankan mulai dari jumlah kecil terlebih dahulu terpenting rutin dilakukan setiap bulannya. Memang dibutuhkan paksaan dalam menyisihkan penghasilan sehingga harus dibiasakan dulu dari nilai kecil kemudian dinaikkan.

Jangan menghitung berapa hasil yang didapatkan dari jumlah kecil jika Anda sendiri belum mampu menyisihkan dalam jumlah besar. Lebih baik dilakukan secara perlahan dan tanpa disadari tabungan terkumpul sudah banyak.


5. Membiasakan Mengumpulkan Uang Kembalian

Ada cara menabung yang benar dan sangat menarik dilakukan yaitu dengan membiasakan mengumpulkan uang kembalian. Ternyata masih banyak orang mengabaikan uang kembalian meskipun hanya Rp 500 atau Rp 1.000.

Terkadang malah kembalian tersebut tidak diambil atau justru diberikan dalam bentuk permen semua. Padahal dari cara-cara sederhana dengan mengumpulkan sisa uang kembalian sangat bermanfaat untuk menambah tabungan Anda.

Buatlah tempat khusus untuk menyimpan uang kembalian sisa belanja dari uang koin sampai nilai berapapun. Setiap kali mendapatkan uang kembalian masukkan saja dan biarkan sampai terkumpul banyak.

Jika sudah terkumpul cobalah hitung kemudian masukkan ke rekening tabungan meskipun nilainya hanya Rp 100.000 misalnya. Terus lakukan kebiasaan ini karena sangat menguntungkan untuk jangka panjang dan menjadi kebiasaan positif.


6. Jangan Menabung dari Sisa Penghasilan

Cara menabung yang benar dan dijamin efektif yaitu dengan tidak menabung dari sisa penghasilan. Jangan menunggu penghasilan sisa baru kemudian ditabung karena sampai kapanpun tidak akan bisa berhasil.

Jauh lebih baik jika Anda menentukan sendiri berapa budget untuk tabungan seperti dijelaskan di atas. Namun dengan disiplin dan konsisten berapapun nilainya jauh lebih baik daripada menunggu sisa.

Karena jika hanya mengandalkan sisa bisa jadi dalam bulan ini sisa sedikit namun bulan depan justru habis semua. Akibatnya Anda tidak jadi menyisihkan apapun dan tidak pernah bisa mencapai target.


7. Disiplinkan Diri Sendiri

Kunci sukses dari 6 cara menabung yang benar di atas yaitu dengan menerapkan disiplin pada diri sendiri. Kedisiplinan sangat membantu menerapkan apapun cara agar bisa memiliki tabungan untuk masa depan.

Misalnya dengan disiplin menyisihkan penghasilan setiap bulannya tanpa adanya pengurangan dari segi nominal. Sehingga dalam sekian tahun dapat diketahui berapa jumlah yang didapatkan dan apakah sudah sesuai target.

Disiplin juga dengan tidak mengambil hasil yang sudah didapatkan sebelum jangka waktu menurut target Anda sendiri. Termasuk membelanjakan hasil tabungannya untuk hal-hal bersifat konsumtif sehingga bisa menahan diri.

Disiplin juga dalam mengelola keuangan sehingga tidak ada dana tabungan yang digunakan untuk hal lainnya. Sehingga semua sudah sesuai dengan budget dan pos-pos yang ditentukan karena adanya kedisiplinan.

Memiliki tabungan membuat Anda menjadi lebih tenang dan lebih baik dalam menjalani hidup. Maka mulai dari sekarang pelajari cara menabung yang benar agar bisa mewujudkan mimpi-mimpi di depan depan.


Baca juga: Berencana Resign Kerja? Ini yang Perlu Dipertimbangkan


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru