Bisnis

20+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal

Brigitta Winasis-

28 May 2021

20+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal

Mendapatkan uang kini bisa dilakukan melalui internet. Dengan masifnya penggunaan internet zaman sekarang, orang pun mulai menghabiskan waktu dan uangnya di internet.

Asalkan Anda mengetahui cara mendapatkan uang dari internet dengan tepat, Anda bisa memperoleh pundi-pundi uang yang tak sedikit jumlahnya. Dalam artikel ini akan dibahas sejumlah tips mendapatkan uang dari internet. Simak penjelasan di bawah ini.


Baca juga: Usaha Sampingan Modal Internet, Kantong Aman Hidup Lebih Nyaman


1. Toko Online

Anda dapat menjual produk atau layanan di toko online. Apalagi jika produk atau layanan yang Anda miliki berkualitas.

Toko online adalah situs yang menayangkan berbagai jenis barang dagangan. Biasanya toko online juga disertai sistem pembayaran.

Anda dapat membuat situs sendiri menggunakan WordPress. Namun apabila Anda tidak ingin terlalu ribet, Anda dapat memakai jasa marketplace misalnya Zalora atau Tokopedia.


2. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis ini berkaitan dengan promosi produk. Anda nantinya akan mendapatkan komisi untuk setiap produk yang terjual alias bagi hasil.

Usaha ini adalah bisnis tanpa modal, Anda dapat bergabung tanpa dipungut biaya. Untuk memulai, Anda dapat mendaftar program afiliasi.

Selanjutnya Anda akan diberikan kode kupon. Anda bisa membagikannya di media sosial atau ke rekan-rekan Anda. Jika mereka membelinya melalui Anda, maka Anda akan mendapatkan keuntungan.


Baca juga: 8 Manfaat Internet Marketing untuk Sebuah Bisnis


3. Membuat Blog

Kini blogging bukan lagi menjadi hobi, tetapi juga cara mendapatkan uang. Apalagi bisnis ini dilakukan tanpa modal.

Anda dapat membuat dan menulis blog sesuai topik yang Anda senangi. Misalkan tentang resep makanan atau destinasi wisata favorit Anda.

Anda dapat menggunakan situs blogging gratis untuk memulainya. Setelah mulai banyak pengunjung, Anda dapat membayar hosting lalu memasang iklan untuk mendapat penghasilan.


4. Kursus Online

Untuk mengajarkan bidang tertentu di kursus online, Anda tidak perlu memiliki kualifikasi khusus. Anda hanya cukup memiliki keahlian di bidang tersebut.

Kini kursus online mulai digemari orang karena situasi pandemi Covid-19. Banyak bidang yang ditawarkan dalam kursus online, mulai dari mata pelajaran sekolah, memasak, kerajinan tangan, dan lain-lain.


5. Berjualan Tema WordPress

Jika Anda ahli dalam bidang coding dan pembuatan situs, Anda dapat berjualan tema atau plugin WordPress. Penjualan ini cukup menguntungkan, Anda dapat memperoleh hingga $1 juta.

Anda dapat bergabung ke berbagai marketplace yang menjual tema WordPress. Lalu Anda dapat meningkatkan penjualan Anda.


6. Desain Grafis

Melakukan desain grafis bukan hal yang mudah. Maka dari itu, kemampuan desainer grafis banyak dicari orang untuk keperluan bisnis.

Ada banyak cara menerapkan keahlian Anda dalam mendesain. Misalkan dengan berbagi pengetahuan dalam kursus daring. Anda dapat memasarkan desain Anda dalam situs berbayar.

Sebaiknya Anda memiliki portofolio, misalkan melalui media sosial. Selanjutnya Anda juga dapat membuat portofolio di situs dan platform freelance agar tampak lebih profesional.


7. Menjadi YouTuber

Profesi YouTuber tengah digandrungi banyak orang kini. Selain sebagai sarana hiburan, platform penayangan video ini menawarkan cara memperoleh uang.

Anda bisa mencari ide dari konten yang Anda senangi. Misalkan tentang ulasan makanan, produk elektronik, atau produk kecantikan. YouTuber dapat pula menjadi seorang influencer.

Diketahui membuat channel YouTube tidak berbayar.Anda hanya perlu kemampuan berbicara di depan kamera dan keahlian mengedit.

Agar laris ditonton, pastikan konten Anda menarik. Gunakan peralatan yang memadai untuk menghasilkan konten yang unik.


8. Bisnis Dropship

Bisnis ini termasuk tanpa modal dan dapat dilakukan melalui internet. Cara kerjanya adalah Anda berjualan produk yang dibuat pemasok. Namun Anda tidak perlu menyetok barang, cukup memasarkannya saja.

Jika nanti ada pembeli, Anda akan menyampaikannya ke pemasok. Lalu pemasok tersebut yang akan mengirimkannya langsung ke pembeli. Mudah bukan?


9. Menulis Lepas (Freelance)

Penulis lepas umumnya bekerja untuk agensi penulisan tertentu. Biasanya mereka sudah terfokus pada satu topik yang menjadi keahlian masing-masing.

Menghasilkan uang dari penulisan freelance cukup menjanjikan. Pasalnya Anda hanya bermodal kemampuan menulis yang mumpuni.

Saat ini lebih dari 90 persen perusahaan menggunakan strategi pemasaran memakai konten untuk meraih pasar yang lebih luas dan menaikkan penjualan. Maka dari itu, kebutuhan konten yang berkualitas terus naik.


10. Mengisi Survei Online

Anda mungkin pernah mendengar bagaimana orang bisa mendapatkan uang hanya dari mengisi survei. Hal ini mulai dikenal banyak orang. Cara ini mungkin tidak terlalu menghasilkan uang berlimpah, tetapi cukup sebagai tambahan ekstra uang saku.

Mengapa perusahaan melakukan survei? Mereka ingin tahu kepuasan pelanggan dan mendapatkan data untuk mengembangkan produksi.

Anda bisa bergabung dengan berbagai platform survei. Di Indonesia pun sudah banyak. Imbalan yang didapat tidak melulu berbentuk uang, bisa juga voucher belanja atau diskon.


11. Berjualan e-Book

e-Book kini kian populer di kalangan masyarakat. Pasalnya harga buku fisik kian menanjak dan membuat orang malas membeli.

Maka dari itu, banyak penerbit yang mengalih cetak bukunya menjadi bentuk digital. Anda dapat menjadi reseller e-book atau bahkan menulis buku Anda sendiri.


12. Menjadi Influencer

Influencer alias pemengaruh membuat orang membeli produk berdasarkan ulasannya. Di media sosial, menjadi influencer adalah cara mencari uang yang ampuh.

Sekitar 80 persen perusahaan membayar influencer untuk mempromosikan produk mereka karena dianggap efektif. Mereka umumnya menyesuaikan dengan target pasar yang sesuai dengan audiens influencer itu.

Untuk menjadi influencer, pilih suatu topik dan bagikan informasi yang bermanfaat. Kemudian bangun komunikasi dan personal branding dengan baik.


13. Menjual Foto

Jika Anda berbakat dalam bidang fotografi, Anda dapat menjual foto yang Anda hasilkan di internet. Kini ada banyak situs pihak ketiga yang menyediakan platform untuk menjual foto, seperti Shutterstock atau iStock. Anda bisa mencari platform mana yang paling menguntungkan.


14. Menjual Domain

Domain yaitu alamat situs yang menjadi identitas atau nama online. Bagi perusahaan, nama dagang mereka sangat penting untuk branding. Maka dari itu mereka rela mengeluarkan uang demi domain yang sesuai.

Dari sinilah Anda bisa melakukan jual-beli domain alias domain flipping. Bisnis ini bisa menjadi cara mendapatkan uang yang mudah.

Caranya yaitu Anda membeli domain di platform jual beli domain. Pikirkan nama yang akan menjual, lalu cek apakah nama tersebut masih tersedia. Pasang harga dan promosikan di media sosial.


15. Transkripsi

Transkripsi yaitu kegiatan mengubah percakapan audio menjadi teks. Transkripsi ini juga bisa digunakan untuk memberi teks pada film alias subtitling.

Kini semakin banyak orang membutuhkan jasa ini, meskipun sudah mulai dikembangkan artificial intelligence (AI) untuk membantu orang melakukan transkripsi. Namun transkripsi pada AI belum tentu tepat, sehingga tetap dibutuhkan jasa manual.

Anda dapat mendaftarkan diri pada platform penyedia jasa transkripsi. Metode pembayaran bisa dilakukan berbeda-beda, mulai dari per jam, per proyek, hingga per bulan.


16. Proofreader

Proofreading adalah kegiatan mengecek kesalahan pada dokumen sebelum diterbitkan. Proofreading ini lebih sederhana dibandingkan editing.

Proofreading hanya mengoreksi salah ketik, tata bahasa, dan penulisan. Jika Anda adalah orang yang teliti, maka Anda tepat melakukan pekerjaan ini.

Di Indonesia sendiri profesi ini belum terlalu banyak dikenal. Namun sudah mulai ada beberapa tawaran pekerjaan ini di situs-situs freelance.


17. Manajer Media Sosial

Pekerjaan ini banyak dicari, baik oleh perusahaan besar maupun bisnis kecil. Pasalnya pemasaran zaman sekarang banyak menggunakan media sosial.

Media sosial banyak berperan dalam membangun social branding sebuah perusahaan. Maka dari itu, manajer media sosial adalah posisi yang penting.

Kini banyak pula situs freelance yang menawarkan pekerjaan jasa mengelola media sosial. Anda perlu mengasah kemampuan di bidang ini, karena media sosial bukanlah bidang yang mudah. Selalu perbarui ilmu Anda dan ikuti tren yang sedang berkembang.


18. Podcast

Menjadi podcaster juga tengah digandrungi banyak orang, terutama anak muda. Pasalnya podcast dapat dilakukan dengan mudah dan minim modal.

Anda bisa menjadi podcast yang mengusung tema tertentu dan mendapat ribuan bahkan jutaan pendengar. Sebagai awal, cobalah mencari topik yang Anda kuasai. Lalu Anda dapat mencari pengiklan yang bersedia membayar Anda melalui sponsor atau afiliasi.


19. Cryptocurrency

Cryptocurrency akhir-akhir ini sedang populer di kalangan masyarakat, baik pebisnis maupun orang awam. Cryptocurrency sendiri adalah uang digital yang digunakan dalam transaksi online.

Beberapa Cryptocurrency yang populer adalah bitcoin, ethereum, litecoin, dan lain-lain. Uang digital ini menjadi populer karena dianggap sebagai mata uang di masa mendatang.


20. Jasa SEO

Search Engine Optimization (SEO) yaitu kegiatan mengoptimalkan situs agar berada di posisi atas mesin pencari. Tujuannya agar semakin banyak pengunjung situs.

Untuk situs bisnis, berada di posisi teratas SEO berarti meningkatkan pemasaran. Namun tidak semua perusahaan memiliki orang khusus untuk melakukan kinerja SEO. Maka dari itu, jasa SEO sangat dibutuhkan.

Jika Anda memiliki kemampuan SEO, Anda dapat menawarkan diri ke perusahaan atau bisnis tertentu. Jasa konsultan SEO cukup tinggi tarifnya, hingga mencapai jutaan rupiah.

Untuk memulainya, Anda dapat membuat situs untuk memperkenalkan diri pada orang banyak. Lalu Anda dapat menjelaskan apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu klien.


21. Jasa Jual Beli Barang dari Luar Negeri

Jika Anda memiliki kartu kredit atau akun Paypal, Anda dapat membuka jasa pembelian barang dari luar negeri. Pasalnya banyak yang belum bisa bertransaksi secara online dengan situs luar negeri.

Akibatnya, banyak orang batal membeli barang dari luar negeri. Anda bisa menjadi perantara untuk pembayaran mereka. Pastikan Anda selalu berhati-hati dalam transaksi, agar kepercayaan selalu terjaga.


22. Main Game

Jika kegemaran Anda adalah bermain game, bisnis ini bisa menjadi solusi yang tepat. Banyak orang yang meremehkan professional gamer, padahal pendapatan yang diperoleh sangat menggiurkan. Hingga saat ini banyak anak kecil bercita-cita menjadi professional gamer alias atlet e-sport.

Bermain game bisa membantu menghasilkan uang jika dijalani dengan serius. Namun Anda tentunya juga harus memiliki modal seperti karakter atau kekuatan spesial untuk menambah kemampuan gaming Anda.


Memang daftar yang dicantumkan atas hanya membutuhkan minim modal atau bahkan tanpa modal sama sekali. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha Anda.

Caranya mudah, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai peminjam di P2P lending Modal Rakyat. Dengan proses yang mudah dan cepat, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan modal. Bunga yang ditawarkan pun relatif lebih kompetitif dibandingkan pinjaman lain.

Demikian penjelasan tentang cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Selamat mencoba.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru