Bisnis

Finansial

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Ibu Rumah Tangga

Pretty Angelia Wuisan-

28 May 2021

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Ibu Rumah Tangga

Cara mendapatkan uang dari internet bagi ibu rumah tangga sebenarnya termasuk mudah. Peluang mendapatkan penghasilan untuk ibu rumah tangga sangat banyak. Dapat dilakukan sambil menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. 

Ibu rumah tangga pun tetap bisa menghasilkan uang dari internet untuk ditabung atau digunakan untuk keperluan lainnya. Apalagi sekarang internet mudah diakses, jadi mendapatkan pekerjaan atau peluang lain melalui internet itu sangat mudah. Di bawah ini adalah cara mendapatkan uang di internet yang bisa dipraktikkan oleh ibu rumah tangga.


Baca juga: 10 Cara Menambah uang Jajan Untuk Mahasiswa dan Lulusan Baru


1. Berbisnis dropship

Berbisnis dropship sangat menguntungkan untuk ibu rumah tangga karena mudah dilakukan dan tidak butuh modal. Anda hanya perlu mencari toko online atau bisnis lainnya yang membuka program dropship, lalu mendaftarkan diri menjadi dropshipper.

Di sini tugas Anda adalah menghubungkan antara penjual dan pembeli. Ketika ada pembeli yang berminat membeli produk penjual, Anda yang menghubungi penjual untuk mengirimkan barang. Anda pun tidak perlu menyetok barang.

Yang Anda perlu lakukan adalah membantu promosi produk tersebut agar semakin banyak yang membeli. Jika Anda mencapai target yang diberikan, Anda akan mendapatkan komisi yang lumayan.

Pekerjaan ini tidak terikat waktu. Anda yang mengatur waktunya sendiri. Yang penting adalah Anda memilih toko online yang kredibel dan memiliki produk yang sekiranya diminati oleh masyarakat.


2. Menjadi reseller

Reseller sering disamakan dengan dropship, padahal keduanya berbeda. Untuk menjadi reseller, Anda perlu menyetok barang. Sedangkan, dropshipper barang akan dikirimkan oleh penjual aslinya. Walaupun begitu, bisnis ini tetap menguntungkan karena Anda tidak perlu repot mengeluarkan tenaga untuk menghasilkan produk sendiri.

Anda perlu menyiapkan modal yang cukup, lalu menyediakan waktu untuk berhubungan dengan pembeli, dan melakukan packing ketika ada yang membeli. Apabila bisa mengatur waktu, ibu rumah tangga pun dapat meraih keuntungan besar dari sini.

Biasanya pihak penjual mau memberikan diskon kepada reseller, sehingga hal itu bisa menjadi keuntungan besar apabila reseller menjual barang di harga yang berlaku secara umum.

Tips agar sukses menjadi reseller, Anda perlu memilih produk yang kira-kira sudah banyak memiliki pelanggan. Anda pun jadi tidak terlalu rumit dalam melakukan pemasaran. Lalu, Anda perlu memeriksa stok dengan baik karena reseller sering terkena masalah barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan ketentuan.


3. Menjadi buzzer

Buzzer adalah profesi yang cukup terkenal beberapa tahun ini. Buzzer saat ini lebih dikenal sebagai pendukung setia dalam dunia politik, padahal awalnya buzzer ini lahir sebagai bentuk promosi untuk memperkuat branding

Profesi buzzer yang bisa Anda pilih adalah buzzer yang membantu promosi kampanye sebuah brand untuk meningkatkan awareness. Contoh nyata hasil dari pekerjaan ini adalah dapat dilihat dari topik-topik apa yang sedang trending di Twitter. Kebanyakan topik itu bisa naik karena jasa buzzer.

Untuk Anda yang berminat jadi buzzer, wajib memiliki jumlah pengikut yang besar. Minimal 1000 pengikut, tapi biasanya jika lebih banyak pengikutnya, Anda akan lebih potensial mendapatkan pesanan. 

Pekerjaan ini sangat menghasilkan juga karena Anda akan dibayar per proyek. Lalu, tidak dilakukan setiap waktu. Jadwal akan ditentukan oleh pihak perusahaan. Pekerjaan ini sangat mungkin untuk dilakukan di rumah. Anda tinggal mengatur dengan baik saja.

Lalu, Anda wajib menjaga image di akun media sosial Anda karena pihak perusahaan biasanya lebih menyukai buzzer yang tidak memiliki masalah terkait SARA atau hate speech.


4. Mengisi survei berbayar

Mengandalkan internet dalam mencari uang bisa dilakukan dengan mengisi survei berbayar. Anda bisa memanfaatkan situs-situs khusus survei seperti Yougov Indonesia, Toluna, Nusaresearch, dan masih banyak banyak lagi. 

Situs khusus survei ini ada untuk membantu beberapa perusahaan yang mencari tahu kira-kira produk yang akan diluncurkannya itu akan disukai atau tidak. Atau perusahaan yang ingin tahu minat masyarakat saat ini lebih condong ke mana.

Ada situs yang menyediakan bayaran per survei yang Anda isi. Ada juga yang mengharuskan Anda mengisi beberapa survei sampai bisa mendapatkan poin. Ketika poin berhasil dikumpulkan pada jumlah tertentu, Anda bisa menukar poin itu dengan uang, pulsa, voucher, dan hadiah menarik lainnya yang akan membantu keseharian Anda.

Cara ini cukup mudah dilakukan selama Anda memiliki ponsel pintar dan koneksi internet yang bagus.


5. Membuka channel Youtube

Ibu rumah tangga bisa mendapatkan uang dari membuka channel Youtube. Isi kontennya bisa bermacam-macam. Umumnya ibu rumah tangga kontennya tidak jauh membahas rumah tangga, menyediakan resep dan tata cara memasak, atau konten jalan-jalan bersama keluarga. Yang penting kontennya Anda sukai.

Anda perlu mengajukan adsense agar mendapatkan uang dari iklan yang muncul di konten Anda. Hasilnya sangat lumayan, lho. Apalagi jika Anda berhasil mendapatkan banyak pengikut dan jumlah penonton yang selalu meningkat.

Jika Anda tidak bisa membuat konten sendiri, Anda bisa melakukannya bersama suami, keluarga, dan rekan kerja. Tidak masalah jika Anda tidak mampu mengedit videonya karena Anda bisa mempekerjakan editor dari luar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang itu.

Hanya saja Anda perlu mempersiapkan peralatan yang memadai untuk menghasilkan gambar dan suara yang berkualitas.

 

6. Menulis blog

Jika Anda suka menulis, menulis blog adalah cara yang tepat untuk menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga. Apalagi sekarang ada situs khusus blog yang bisa digunakan secara gratis. 

Anda perlu mempublikasikan tulisan dalam secara rutin agar semakin banyak pembaca yang berdatangan. Jika trafik blog Anda bagus, Anda bisa melakukan pengajuan adsense. Anda dapat menghasilkan uang dari iklan di blog Anda yang diklik pengunjung. Namun, harus diingat, bahwa tulisan Anda harus bebas dari plagiarisme.

Paling bagus jika blog Anda fokus pada topik tertentu, misalnya topik jalan-jalan, topik keluarga, topik kuliner, dan lainnya. Biasanya blog dengan topik khusus ini mudah mendapatkan pembaca setia.

Selain itu, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan promosi. Misalnya saja, jika Anda memiliki blog khusus jalan-jalan, Anda diundang berkunjung ke sebuah hotel di Bali, lalu menuliskan pengalaman Anda di blog. Atau Anda bisa mendapatkan penghasilan dari review produk toko online.

Kesempatan ini sangat bagus untuk Anda. Anda juga bisa mengikuti berbagai macam lomba blog dengan hadiah menarik. Setiap bulannya sering ada lomba yang diselenggarakan berbagai pihak. Anda tinggal mencari informasinya saja di internet.


7. Membuat toko online

Membuat toko online sangat mungkin dilakukan oleh ibu rumah tangga. Anda bisa menjual produk yang Anda rintis sendiri, misalnya menjual baju bekas atau menjual kue kering yang Anda buat sendiri.

Membuat toko online ini bisa dilakukan di mana saja, mulai dari media sosial, marketplace, sampai membuat website sendiri. Pilihan toko online ada di tangan Anda. Peluang toko online ini sangat besar karena Anda bisa saja mendapatkan pelanggan dari luar kota, bahkan dari luar negeri.

Agar lancar melakukannya, Anda perlu menyediakan modal yang cukup. Lalu, harus konsisten juga supaya bisa memiliki pelanggan tetap. Bisnis online sangat mungkin dilakukan dari rumah dan tidak perlu menyewa tempat untuk toko fisik.


Baca juga: 5 Syarat dan Manfaat Untuk Melakukan Pinjaman Usaha


8. Menjadi admin media sosial

Beberapa toko online atau perusahaan mempekerjakan tenaga tambahan untuk mengelola media sosialnya. Biasanya tenaga yang dipekerjakan adalah tenaga lepas, jadi Anda dapat melakukannya dari rumah.

Tugas admin media sosial biasanya adalah mengunggah konten yang sudah disiapkan, memeriksa trafik, lalu merespons pengikut yang memberikan komentar atau yang mengirimkan pesan.

Ada juga perusahaan yang mengharuskan Anda menaikkan pengikut di media sosialnya. Anda tinggal mengikuti arahan dari pemilik media sosial. Untuk sukses menjadi admin media sosial, Anda wajib sabar dalam merespons pengikut dan mengunggah konten tanpa kesalahan.


9. Menjadi penerjemah lepas

Jika ada bahasa asing yang Anda kuasai, tidak ada salahnya menjadi penerjemah lepas. Media yang diterjemahkan bisa apa saja mulai dari film, buku bahasa asing, dokumen resmi yang dikeluarkan sebuah lembaga, dan dokumen-dokumen lainnya. Bayaran penerjemah lepas ini pun lumayan karena Anda bisa memasang tarif per lembar.

Kemampuan lain yang sebaiknya Anda miliki adalah menulis dan mengedit tulisan. Pekerjaan lepas ini juga bisa Anda lakukan dari jarak jauh atau dari rumah. Akan sangat bagus jika Anda mendapatkan klien dari luar negeri karena biasanya mereka mau membayar dengan tarif yang lebih tinggi.

Bahasa yang Anda kuasai tidak harus bahasa Inggris, bisa bahasa Arab, bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Mandarin, dan bahasa lainnya.


10. Investasi online

Investasi online bisa menjadi cara meraih penghasilan untuk ibu rumah tangga. Wanita biasanya paling jago dalam mengatur keuangan, jadi Anda bisa mengatur modal untuk masuk ke investasi online.

Investasi online yang disarankan untuk ibu rumah tangga adalah investasi reksa dana dan saham, yang dilakukan di pasar modal. Jika Anda ingin modal dikelola oleh yang ahlinya, sebaiknya mengandalkan reksa dana.

Modal yang Anda setorkan sebagai pemula, bisa dari jumlah yang kecil, yaitu Rp100.000 dulu. Nanti seiring waktu ketika sudah menjadi yang ahli, Anda bisa menambahkan modalnya.

Agar Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda perlu belajar banyak tentang investasi ini dari konten yang tersedia di internet, dari buku, atau mengikuti seminar online yang diselenggarakan oleh para investor yang sudah ahli.

Investasi di pasar modal ini tidak ada setiap waktu, jadi Anda tidak akan kelelahan dalam melakukannya. Biasanya hanya buka di hari dan jam kerja. Hari libur pasar modal akan tutup. Jadi, cara ini bisa dipraktikkan oleh ibu rumah tangga.

 

Butuh Modal untuk Usaha? Andalkan Modal Rakyat Saja!

Anda butuh modal untuk usaha kecil Anda? Modal Rakyat adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Modal Rakyat adalah P2P Lending yang membantu peminjam bertemu dengan pendana yang bersedia menyalurkan modalnya. Anda bisa meminjam dari Rp500 ribu hingga paling banyak Rp2 miliar.

Anda akan dibebankan bunga yang disesuaikan dengan risiko usaha. Tidak perlu khawatir karena Modal Rakyat sudah mendapatkan izin dari OJK dan terpercaya dan aman. Untuk mengajukan pinjaman, Anda bisa memulainya dari halaman ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru