Bisnis

Gaya Hidup

CEO: Pengertian, Tugas, dan Penghasilan yang Didapatkan

Pretty Angelia Wuisan-

03 Oct 2022

CEO: Pengertian, Tugas, dan Penghasilan yang Didapatkan

CEO adalah posisi penting dalam sebuah perusahaan. Banyak yang bermimpi menjadi seorang CEO, tapi menjadi CEO tidak semudah yang dibayangkan. Gaji CEO juga yang paling besar di dalam perusahaan. Lalu, sebenarnya apa itu CEO

Untuk Anda yang bercita-cita menjadi CEO, Anda bisa meraih impian itu asalkan tahu dulu mengenai apa itu CEO dan tugas yang harus dimilikinya di bawah ini.


Baca juga: Kisah Sukses Nadiem Makarim dari CEO Gojek Hingga Menteri


Apa itu CEO?

Arti CEO adalah sebutan populer dari Chief Executive Officer. Termasuk posisi yang krusial di dalam perusahaan karena ada di susunan paling tinggi.

CEO adalah sosok yang memimpin semua direktur yang ada di perusahaan. Jadi, pihak direktur akan mempertanggung jawabkan kinerjanya pada CEO.

Menjadi CEO tidaklah mudah karena harus memiliki pengetahuan yang luas tentang usaha yang dijalankannya.

Baik atau buruknya kinerja CEO akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perusahaan. Itulah yang membuat tidak sembarang orang bisa menjadi CEO.

Butuh jalan panjang menjadi CEO dan koneksi yang luas juga bisa berpengaruh terhadap karier menjadi CEO ini.


Siapa yang Memilih CEO?

CEO adalah posisi yang bisa berpindah tangan. Siapa saja bisa menjadi CEO yang dipilih langsung oleh pemilik perusahaan atau para pemegang saham setelah melakukan meeting dan meraih kesepakatan yang sama.

Di perusahaan besar atau yang sudah go publik, CEO dipilih oleh para pemegang saham. Sering membuat keputusan strategis tingkat tinggi yang berpengaruh pada perusahaan dengan skala besar. 

Apabila kinerja CEO tidak ada membuat perusahaan lebih maju atau malah membuat perusahaan jadi buruk, para pemegang saham pasti akan langsung melakukan pemilihan CEO yang baru secepatnya.

Alasannya karena CEO dianggap sebagai wakil dari perusahaan. Untuk menjadi perusahaan yang baik, tentu CEO yang terpilih pun harus dapat bekerja sesuai ekspektasi.

Sementara itu, di perusahaan kecil biasanya CEO adalah pemilik perusahaan itu sendiri. Anda biasanya akan menemukan CEO perusahaan kecil berada di tengah-tengah anak buahnya karena terlibat langsung dengan aktivitas perusahaan sehari-hari. CEO tersebut biasanya akrab dengan anak buahnya.


Apakah CEO adalah Pemilik Perusahaan?

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa CEO umumnya bukanlah pemilik perusahaan. CEO justru dipilih oleh pemilik perusahaan untuk memimpin perusahaannya. Dipilihnya pun dengan melihat pengalaman selama bertahun-tahun dan kinerja yang dimilikinya.

Namun, di perusahaan kecil atau perusahaan yang baru berdiri, CEO bisa jadi berawal dari pemilik perusahaan. Apalagi jika ia memang mampu terlibat langsung dengan operasional perusahaan.


Apakah CEO Sama dengan Direktur Utama?

Posisi CEO biasanya sering dikaitkan dengan direktur utama. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. CEO menempati posisi tertinggi di perusahaan, sementara direktur utama adalah tertinggi kedua. Jadi, posisi direktur utama berada di bawah CEO.

Namun, ada perusahaan yang menjadikan CEO mengemban tugas direktur utama, sehingga posisi direktur utama tidak ada. Jadi, apabila ada yang mengatakan CEO adalah direktur utama bisa jadi hal yang benar untuk perusahaan yang menjalankan kebijakan ini.

 

Tugas Seorang CEO

Tugas CEO adalah mencakup hal-hal krusial dalam perusahaan. Seorang CEO harus bisa menyelesaikan tugas-tugas di bawah ini.

  • CEO adalah yang memimpin perusahaan
  • CEO membuat komunikasi di perusahaan berjalan lancar
  • CEO memberikan gagasan baru untuk perusahaan
  • CEO harus mampu menyelesaikan masalah
  • CEO adalah wajah perusahaan

1. CEO adalah yang memimpin perusahaan

CEO ditugaskan sebagai pemimpin perusahaan untuk kurun waktu tertentu. Posisi tersebut bisa diemban cukup lama, tapi juga bisa sebentar apabila kinerja CEO dinilai buruk.

Pemimpin harus bisa mengatur jalannya perusahaan dengan baik, menciptakan kultur yang positif, dan mampu diandalkan oleh seluruh bawahannya.

Walaupun tidak terlibat langsung pada operasional perusahaan, CEO harus memahami apa yang perusahaannya jalankan.

Kepemimpinannya juga dilihat berdasarkan visi dan misi perusahaan. Untuk itu CEO perlu mengenal perusahaan yang dipimpinnya dengan baik.

2. CEO membuat komunikasi di perusahaan berjalan lancar

CEO juga harus mampu membuat satu perusahaan dapat berkomunikasi dengan lancar. Bukan hanya pintar berbicara di depan umum, tapi membuat satu perusahaan bersinergi dengan suara yang sama.

Perusahaan yang kompak dihasilkan dari CEO yang mampu menyatukan semuanya dengan komunikasi internal yang rapi dan solid.

Hal ini terjadi karena keputusan yang datang dari tingkat atas langsung sampai ke tingkat bawah. Di sinilah CEO membutuhkan para direktur yang mumpuni.

3. CEO memberikan gagasan baru untuk perusahaan

CEO memberikan ide inovasi yang bersangkutan dengan masa depan perusahaan. Kemajuan perusahaan adalah tujuan kepemimpinan CEO.

Alasannya karena perkembangan dunia teknologi yang selalu dinamis, perusahaan besar maupun kecil harus mampu menyesuaikan diri untuk bisa bersaing secara terbuka.

Gagasan baru ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Untuk itu seorang CEO harus memahami pelanggan sebaik-baiknya.

Gagasan baru tidak hanya soal produk teranyar, tapi juga berhubungan dengan kultur baru yang dicanangkan perusahaan untuk kebaikan bersama.

4. CEO harus mampu menyelesaikan masalah 

CEO juga harus mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi yang tepat. Apalagi dalam perusahaan masalahnya tidak hanya ada di satu sisi, bisa datang silih berganti.

Di sinilah CEO harus mampu memberikan saran pada para direktur dan memberikan arahan untuk pemecahan masalah.

Keputusan yang diambil seorang CEO harus sudah dipikirkan secara matang dan diambil pada waktu yang relatif cepat.

5. CEO adalah wajah perusahaan

Tidak hanya berkomunikasi di bagian internal perusahaan, apa itu CEO juga harus cakap berkomunikasi di luar perusahaan. Hal ini pun akan berpengaruh terhadap citra perusahaan karena CEO adalah wajah perusahaan.

CEO juga akan sering bernegosiasi ke luar perusahaan. Berhubungan langsung dengan para investor yang tertarik menanamkan modal di perusahaan.

Artinya, CEO wajib menjaga hubungan dengan eksternal. Cukup wajar jika CEO akan sering berada di luar perusahaan. Jadwalnya memang cukup padat. Itulah yang membuat orang yang ingin bertemu dengannya harus melakukan penjadwalan dulu.


Berapa Gaji CEO per Bulan?

Gaji CEO di perusahaan tergantung dari jenis perusahaannya. Di perusahaan yang baru di tahap awal, gaji CEO dimulai dari Rp29 juta per bulan. Untuk perusahaan yang lebih besar, gaji CEO di Indonesia bisa mencapai Rp130 juta hingga Rp250 juta untuk per bulannya.

Gaji besar CEO sesuai dengan tanggung jawabnya yang besar pula. Kinerja CEO juga akan diawasi langsung oleh pemilik perusahaan apakah sudah sesuai atau malah jauh dari harapan. CEO juga bisa diganti kapan saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Tips Menjadi Seorang CEO

Tidak semua orang bisa menempati CEO, tapi sangat mungkin untuk diusahakan. Ini dia tips yang bisa mengantarkan Anda sukses menjadi CEO.

  • Memiliki pendidikan tinggi
  • Berpengetahuan luas
  • Punya kemampuan manajerial yang bagus
  • Punya komunikasi yang bagus
  • Jam terbang pengalaman yang tinggi

1. Memiliki pendidikan tinggi

Seorang CEO biasanya punya pendidikan yang tinggi. Dari pendidikan itu banyak hal yang dipelajari. Minimal memiliki gelar S1.

Jurusan yang berkaitan dengan CEO biasanya adalah manajemen, bisnis, dan ekonomi. Anda yang mau menjadi CEO, bisa memulainya dengan belajar di jurusan tersebut. Tidak sulit mencari jurusan itu di Indonesia karena banyak kampus yang menyediakannya.

2. Berpengetahuan luas

CEO juga punya pengetahuan luas dan selalu update dengan berita yang berkaitan dengan sektor perusahaan yang dipimpinnya.

Bisa dikatakan orang yang berhasil menjadi CEO adalah mereka yang punya hard skill dan soft skill yang seimbang. Untuk bisa mendapatkan kemampuan itu tidak dipupuk dalam waktu 1 atau 2 tahun, tapi bertahun-tahun.

3. Punya kemampuan manajerial yang bagus

Seorang CEO harus punya kemampuan manajerial yang baik dengan menjalankan visi dan misi perusahaan, mempengaruhi orang lain untuk bekerja sesuai dengan tugasnya, kemudian perusahaan pun akan berjalan sesuai tujuan yang sudah ditetapkan.

Untuk punya kemampuan mengatur yang bagus bisa diawali dengan sekolah secara formal di jurusan manajemen. Untuk belajar pun memakan waktu bertahun-tahun.

4. Punya komunikasi yang bagus

Komunikasi yang bagus ini tidak hanya berhubungan dengan kemampuan komunikasi di depan umum, tapi juga kemampuan berkomunikasi pada karyawan.

Caranya dengan memberikan motivasi dan memberikan briefing secara jelas, sehingga karyawan dapat mengerjakan tugasnya dengan benar.

5. Jam terbang pengalaman yang tinggi

Untuk menjadi CEO di perusahaan besar harus punya jam kerja yang tinggi. Anda memulainya dari menjadi karyawan.

Membutuhkan waktu memang untuk mencapai posisi CEO. Namun, kerja keras dan hasil kinerja yang bagus selama bertahun-tahun akan membuat seorang calon CEO dikenal oleh sektor bidang yang digelutinya. Dari sini, mereka akan ditawarkan menjadi seorang CEO.


Baca juga: Apa itu Komisaris? Simak Bedanya dengan Jajaran C-Level


Kesimpulan

Itu dia penjelasan mengenai apa itu CEO. Posisi ini mendapatkan gaji yang tidak sedikit di perusahaan karena tanggung jawabnya yang besar. Keputusan-keputusannya akan sangat berpengaruh pada seluruh isi perusahaan. Anda ingin bercita-cita menjadi CEO? Anda perlu belajar dari bawah dulu untuk bisa mencapai puncak.


Bergabung di Pendanaan Modal Rakyat untuk Mendapatkan Keuntungan!

Anda bisa memperoleh keuntungan dengan cara bergabung di pendanaan Modal Rakyat. Di sini Anda membantu pelaku UMKM mendapatkan modal yang dibutuhkannya untuk berkembang.

Modal yang Anda berikan mulai dari Rp500 ribu saja. Kemudian Anda berpotensi mendapatkan imbal hasil sampai 18% per tahun!

Modal Rakyat aman untuk pendanaan karena sudah berizin OJK dan diawasi. Ayo, raih keuntungan yang diinginkan dengan menjadi pendana di Modal Rakyat!



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru