Gaya Hidup

Kisah Sukses Nadiem Makarim dari CEO Gojek Hingga Menteri

Pretty Angelia Wuisan-

06 Aug 2021

Kisah Sukses Nadiem Makarim dari CEO Gojek Hingga Menteri

Nadiem Makarim yang dikenal sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengawali kariernya sebagai seorang pekerja di sebuah kantor konsultan ternama. Hingga akhirnya berhasil merintis usaha sendiri yang kini menjadi unicorn di Indonesia, yaitu Gojek. Tidak mengherankan kisah sukses Nadiem menarik untuk diikuti.

Di umur yang masih muda, Nadiem Makarim berhasil menjadi pengusaha sukses. Hal itu karena ia menempuh pendidikan yang berkualitas dan punya keinginan kuat untuk menjadi pengusaha. Di sini Anda akan lebih dekat mengenal kehidupan Mendikbud Nadiem yang memiliki kisah sukses menginspirasi.

 

Baca juga: Mengenal Kisah Sukses Warren Buffett, Sang Oracle of Omaha

 

Lahir dari Keluarga yang Berpendidikan

Nadiem Anwar Makarim lahir di Singapura 37 tahun yang lalu, tepatnya pada 4 Juli 1984. Ia merupakan anak seorang pengacara ternama Indonesia, Nono Anwar Makarim dan ibu, Atika Algadrie yang bekerja di kantor non-profit. Ayahnya lulusan Harvard Law School yang berhasil mencetak ahli-ahli hukum ternama dunia.

Bisa dikatakan keluarga Nadiem Makarim adalah orang-orang sukses. Berbeda dengan dirinya, adiknya yang bernama Rayya Makarim berkecimpung di dunia perfilman dengan menjadi penulis skenario. Filmnya yang sukses meraih penghargaan adalah 27 Steps of May.

Sejak kecil, Nadiem Makarim dan saudara-saudaranya menempuh pendidikan di sekolah-sekolah berkualitas bagus, sampai bersekolah di luar negeri. Ayahnya adalah pengacara sukses, tapi ia tidak ada minat sama sekali untuk mengikuti jejak ayahnya. Ia memilih jalannya sendiri di bidang entrepreneurship.

Oleh karena itu, ia pun masuk Harvard Business School yang merupakan sekolah bisnis yang mencetak banyak pebisnis sukses di dunia.

Dari sini kita bisa tahu bahwa kedua orang tua Nadiem membebaskan anak-anaknya untuk memilih jalannya sendiri tanpa harus ikut jejak orang tua. Anak-anaknya bebas menulis kisah sukses masing-masing.

 

Kisah Sukses Nadiem Makarim Berawal dari Obrolannya dengan Tukang Ojek

Walaupun memiliki kesempatan berkarier di Amerika Serikat, Nadiem memilih kembali ke Indonesia untuk meniti kariernya. Ia bekerja di perusahaan McKinsey & Company selama 3 tahun lamanya. Kemudian berpindah ke tempat lain, yaitu Zalora Indonesia sebagai managing editor.

Namun, tidak lama kemudian ia keluar dari tempat kerjanya dan memilih menjalankan bisnis dari idenya sendiri. Sejak masuk ke Harvard Business School, ia sudah bertekad memulai usaha dari idenya itu. Kisah sukses Nadiem Makarim ini pun masih dalam permulaan.

Kerja kerasnya dalam membangun usaha diawali dengan pengalamannya yang sering menggunakan ojek ketika bekerja. Nadiem lebih memilih naik ojek karena mobilitas motor yang mudah. Motor dapat menembus kemacetan terpanjang sekalipun. Tinggal di Jakarta selama bertahun-tahun, membuatnya tahu naik ojek adalah pilihan yang tepat.

Nadiem pun mengobrol dengan tukang ojek yang mengeluh padanya susah mendapatkan penumpang. Ojek-ojek itu menunggu di pangkalannya dan jarang mendapatkan penumpang. Mungkin salah satu alasannya karena ojek pangkalan juga sering memasang tarif seenaknya.

Dari sanalah kisah sukses Nadiem Makarim memulai bisnis Gojek yang kini menjadi menjadi salah satu perusahaan ternama Indonesia. Ia memulai Gojek pada tahun 2011. Pada saat itu, Gojek tidak langsung sukses karena internet belum secanggih hari ini. Pesanan untuk ojek pun masih menggunakan SMS, hingga akhirnya aplikasinya kian berkembang.

Tidak ada yang pernah berpikir bahwa kehadiran ojek online akan diterima di seluruh Indonesia. Naik ojek sekarang mudah dengan hanya mengandalkan aplikasi. Ongkosnya pun bisa langsung dilihat sebelum melakukan pesanan, jadi penumpang tidak akan merasa berat di ongkos.

Selain mengantar penumpang, ojek online juga bisa dimanfaatkan untuk antar pesanan makanan dan barang. Jasa antar ini membuat UMKM semakin bertumbuh di Indonesia. Satu perusahaan yang didirikannya berhasil membawa perubahan besar bagi banyak orang. Memang sungguh kisah sukses yang menginspirasi

 

Melepaskan Jabatan di Gojek dan Menjadi Menteri

Jiwa pebisnis Nadiem memang sudah teruji ada. Ia berhasil membawa bisnisnya ke tangga puncak. Hingga pada akhirnya Presiden Joko Widodo menawarkannya kursi Menteri Pendidikan. Ia pun menerima tawaran itu.

Kisah sukses Nadiem masih terus berlanjut selama menjadi menteri. Tahun 2019 ia mengeluarkan kebijakan menghapus UN (ujian nasional) yang tentu saja disambut baik oleh para murid. Walaupun kebijakannya ini dikritik, kebijakan ini akhirnya dijalankan juga.

Pendidikan di Indonesia di bawah kepemimpinannya harus mendapatkan cobaan di masa pandemi. Anak sekolah diharuskan bersekolah dari rumah untuk mencegah penularan virus Covid-19. Kebijakan ini awalnya cukup berat karena murid dan guru harus beradaptasi menggunakan gawai.

Selama ini murid di Indonesia belajar melalui tatap muka, sehingga ketika dipindahkan online menimbulkan banyak masalah. Tidak semua murid bisa memiliki alat yang memadai seperti laptop, ponsel, dan media lainnya untuk membantu mereka belajar. Belum lagi dengan internet yang tidak menjangkau ke bagian terpencil.

Dari sini Kementerian Pendidikan pun mulai menyediakan kuota gratis untuk murid. Untuk memudahkan pembelajaran online, diadakan juga program laptop dengan harga murah untuk para guru dan murid.

Lalu, menggalakkan program digitalisasi sekolah yang termasuk ke dalam program merdeka belajar. Salah satunya yang sudah dijalankan adalah kemunculan kembali konten belajar di televisi yang dulu sempat hilang. Dengan begini, murid yang belajar dari rumah bisa belajar sembari menonton televisi.

Kemudian Nadiem Makarim dilantik kembali menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di tahun 2021 ini karena penggabungan dua Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi.

Kisah sukses Nadiem Makarim tidak akan berhenti di sini karena ia masih punya tugas berat untuk memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia yang selalu dinilai tidak memuaskan. Untuk memperbaikinya memang diperlukan waktu dan jalan yang panjang. Selama ada perubahan, kualitas pendidikan yang bagus mungkin saja bisa tercapai.

 

Baca juga: Kisah Sukses Co-Founder Alibaba Jack Ma yang Inspiratif

 

Pelaku UMKM Membangun Bisnisnya  Bersama Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru