Finansial

Elemen Penting Pembangunan Ekonomi yang Perlu Anda Tahu

Kabrina Rian Ferdiani-

26 Oct 2020

Elemen Penting Pembangunan Ekonomi yang Perlu Anda Tahu

Pembangunan ekonomi menjadi perbincangan yang sangat menarik, apalagi bagi para pemula dalam bidang investasi. Tidak mudah untuk melakukan investasi karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu agar nantinya tidak salah dalam mengambil langkah dan kondisi ekonomi menjadi bagian yang tidak boleh Anda lupakan.

Setiap negara memiliki kondisi ekonomi yang berbeda-beda dan hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap nasib kita dalam melakukan investasi. Berdasarkan kondisi ekonomi, kita dapat membedakan tipe negara menjadi negara maju dan berkembang. Bukan hanya masalah pendapatan tapi juga berpengaruh terhadap kesejahteraan warga negara tersebut.

Mengenal pembangunan ekonomi menjadi bagian yang harus kita pahami bersama sebelum melangkahkan kaki. Istilah ini sering digunakan untuk menunjukkan suatu proses peningkatan pendapatan per kapita penduduk di suatu negara. Dengan pengertian ini kita akan lebih memahami langkah terbaik berinvestasi. 

Berbicara tentang pembangunan ini maka tidak akan jauh dari elemen penting di dalamnya. Setiap elemen memiliki pengaruhnya masing-masing terhadap kondisi ekonomi suatu negara sehingga kita harus lebih memahaminya dengan baik. Berikut penjelasan mengenai tiga elemen penting yang wajib kita ketahui untuk memahami pembangunan. 


Baca juga: Kenali Pengertian Pembangunan Ekonomi Sebelum Investasi


Pembangunan sebagai Suatu Proses

Jika kita sudah menyimak pengertian dari pembangunan ekonomi di atas, maka ada kata proses di dalamnya. Pembangunan memang diartikan sebagai suatu proses di mana menggambarkan suatu perubahan dari rendah ke tinggi, kecil ke besar, atau miskin ke kaya yang terjadi di suatu negara.

Proses ini merupakan tahapan yang memang harus dijalani oleh setiap bangsa atau masyarakat. Tidak mungkin jika suatu negara langsung dalam posisi paling tinggi dalam melalui proses terlebih dahulu. Negara maju pun dulu pasti juga mengalami keterbelakangan terlebih dahulu baru kemudian karena proses berhasil mencapai titik tersebut. 

Setiap negara harus menjalani tahap-tahap pembangunan ekonomi hingga mencapai suatu kondisi yang sejahtera, makmur dan adil secara merata ke semua masyarakat. Masyarakat merupakan sekelompok orang yang tinggal di wilayah negara tersebut sehingga tidak ada pengecualian untuknya merasakan kesejahteraan tinggal di negara tersebut. 

Pada tahap awal, wajar jika masyarakat di dalam negara tersebut kurang merasakan kemakmuran, kesejahteraan atau pun keadilan karena memang belum merata ke semua wilayah. Apalagi untuk negara seperti Indonesia di mana terdiri dari banyak pulau sehingga tidak mudah untuk mencakup semua tanpa terkecuali. 

Namun, dengan adanya proses maka semua keadaan bisa menjadi lebih baik. Pembangunan ekonomi dikatakan sebagai suatu proses sehingga seiring dengan berjalannya waktu, pasti akan terjadi perubahan, baik sedikit atau banyak. Proses ini pun tentunya menuju ke kondisi yang lebih baik karena berbagai pihak telah mengupayakan.


Pendapatan Per Kapita yang Meningkat

Pendapatan per kapita menjadi indikator pembangunan ekonomi di suatu negara. Pendapatan inilah yang menjadi perbedaan antara negara maju dengan negara berkembang dan hal ini pada akhirnya akan berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat di negara tersebut. Oleh karena itu, pendapatan per kapita harus menjadi pertimbangan sebelum investasi.

Bukan perkara mudah untuk meningkatkan pendapatan per kapita hingga mendapatkan posisi kuat sebagai negara dengan kondisi ekonomi yang stabil dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat secara merata. Dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak untuk bisa mencapainya sehingga tidak akan berhasil jika hanya dilakukan satu pihak saja.

Tindakan aktif sangat diperlukan untuk meningkatkan pendapatan per kapita suatu negara. Untuk itu, semua tindakan aktif ini harus dilakukan oleh semua pihak, mulai dari pemerintah, lembaga swasta hingga masyarakat untuk saling bekerja sama dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui pembangunan ekonomi. 

Semua hal ini bisa dicapai apabila semua pihak dapat berpartisipasi dengan baik karena jika hanya satu pihak saja yang mengupayakan, maka itu akan percuma. Komunikasi harus dilakukan agar semua pihak berada dalam satu visi dan misi untuk meningkatkan pendapatan per kapita negara tersebut. 

Pendapatan per kapita dikatakan sebagai cermin kebaikan dari kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat bisa tercapai apabila negara tempatnya tinggal memiliki pendapatan per kapita tinggi. Begitu pula sebaliknya, kesejahteraan masyarakat tidak akan tercapai sebelum suatu negara memiliki pendapatan per kapita tinggi atau pembangunan ekonomi tidak berjalan.


Harus Berlangsung dalam Jangka Panjang

Kita tidak bisa mendapatkan data secara pasti berapa pendapatan per kapita suatu negara dan data tersebut pun bersifat fluktuasi atau dinamis di mana selalu ada perubahan setiap waktunya. Percuma jika pendapatan per kapita tahun ini meningkat, tapi tahun depannya justru mengalami penurunan secara signifikan. 

Meningkatnya pendapatan per kapita di suatu negara bisa menjadi tanda bahwa bagaimana kondisi pembangunan ekonomi. Pendapatan merupakan indikator paling mudah untuk melihat proses atau tahapan ekonomi yang terjadi di suatu negara. Karena sebenarnya, ada indikator kualitatif yang juga harus dilihat sebelum mengatakan terjadi perkembangan di bidang ekonomi. 

Peningkatan kegiatan ekonomi setiap tahun dapat membangun berlangsungnya pembangunan ekonomi dengan lancar. Dengan begitu, sedikit demi sedikit pendapatan per kapita akan terus naik meskipun tetap ada gangguan sementara yang harus dihadapi. Gangguan ini wajar terjadi, tinggal bagaimana suatu negara bisa mengatasinya dengan baik. 

Apabila suatu negara berhasil mengatasi berbagai permasalahan yang berdampak buruk pada ekonomi, maka tidak akan mengganggu kenaikan pendapatan per kapita. Dengan begitu, manfaat yang dirasakan oleh warga negaranya akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang dan hal inilah yang menjadi elemen ketiga dari pembangunan. 

Setelah memahami ketiga elemen penting di atas, pasti Anda sudah memahami apa itu perkembangan. Dengan begitu, pastinya Anda sudah siap untuk memulai investasi menguntungkan dan P2P Lending bisa jadi pilihannya. Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan, baik untuk diri sendiri maupun pembangunan ekonomi di negara. 


Baca juga: Faktor yang Memengaruhi Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru