Bisnis

Fungsi Facebook Fan Page dan Cara Membuatnya

Brigitta Winasis-

14 Jul 2021

Fungsi Facebook Fan Page dan Cara Membuatnya

Dalam membangun bisnis digital, terindeks oleh mesin pencari adalah hal yang sangat penting. Di sisi lain, Facebook adalah salah satu platform yang membuat materi di dalamnya lebih mudah terindeks. Oleh sebab itu, membuat Facebook Fanpage adalah hal yang harus dilakukan pelaku bisnis digital.

Pengguna Facebook yang banyak memungkinkan pencarian konsumen lebih mudah dilakukan. Ditambah artificial intelligence Facebook yang dapat menentukan pangsa pasar bagi produk tertentu membuat branding menjadi lebih efisien. Lalu, apa itu sebenarnya Facebook Fanpage?


Memahami Apa Itu Facebook Fanpage

Facebook Fanpage adalah sebuah halaman khusus yang digunakan untuk tujuan bisnis atau kampanye konten tertentu. Meskipun pembuatannya dapat menggunakan profile personal Facebook, namun Facebook Fanpage berbeda dengan Facebook personal.

Ketimbang mengkampanyekan sebuah produk menggunakan akun personal Facebook, membangun brand menggunakan Facebook Fanpage jauh lebih efektif. Jika pada akun personal pengguna Facebook dapat dibebaskan untuk membagikan konten sehari-hari, di Facebook Fanpage cenderung mengharuskan pemilik akun untuk mengelola konten yang sistematis.

Facebook Fanpage dapat digunakan untuk mengenalkan produk, mengedukasi customer yang sesuai, menambah engagement melalui informasi menarik, hingga melakukan hard selling. Kelebihannya adalah bahwa konten yang kita masukkan ke dalam Facebook Fanpage akan dengan mudah terindeks oleh mesin pencari.


Baca Juga: Facebook Marketplace: Keunggulan hingga Tips Berjualan


Keuntungan Memiliki Facebook Fan Page

Facebook Fanpage memang dikhususkan untuk pihak-pihak yang ingin melakukan branding atau membangun bisnis digital. Oleh karena itu, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari Facebook Fanpage dibanding membangun laman web sendiri. Nah berikut ini adalah beberapa keuntungannya.

1.      Ramah SEO

Facebook Fanpage akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari, bahkan kerap menjadi urutan pertama di Search Engine Result Page (SERPs). Pemilik bisnis tidak perlu repot-repot memikirkan tentang konten yang ramah SEO.

2.      Menemukan Pangsa Pasar yang Tepat

Facebook memiliki teknologi untuk membaca konsumen yang sesuai dengan produk pada Facebook Fanpage. Dengan keunggulan tersebut, produk yang kita masukkan pada Facebook Fanpage akan dipertemukan dengan konsumen secara lebih akurat. Dengan begitu, kemungkinan transaksinya akan lebih tinggi.

3.      Menambah Kesan Kredibilitas

Memiliki sebuah laman khusus yang menyajikan informasi mengenai sebuah produk adalah hal penting. Cara itu digunakan untuk membangun kepercayaan konsumen bahwa produsen yang sedang mereka tuju memiliki informasi yang jelas.

Selain memberi kepercayaan pada konsumen, Facebook Fanpage juga memudahkan konsumen untuk menemukan informasi. Dalam satu laman, Anda bisa memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan konsumen dan mengarahkan ke bagian-bagian tertentu misalnya nomor kontak, email, dan marketplace.

4.      Kemudahan Terhubung dan Memberikan Feedback

Facebook Fanpage memungkinkan konsumen lebih mudah untuk menghubungi produsen. Hal tersebut tentu karena pada Facebook Fanpage dicantumkan siapa kreatornya. Konsumen juga dapat memberikan feedback yang dengan mudah tersampaikan kepada produsen.

Feedback yang baik oleh para pengunjung akan meningkatkan visibilitas Facebook Fanpage. Dengan begitu, pemberian konten menarik menjadi lebih memiliki nilai.

5.      Massive Marketing

Apabila memutuskan untuk melakukan kampanye, maka Facebook Fanpage akan menjadi sarana yang sesuai. Mengkampanyekan sebuah produk melalui Facebook Fanpage memungkinkan kampanye itu dapat tersebar sangat luas. Facebook Fanpage memungkinkan konten menarik dapat viral di internet.

6.      Tidak Memiliki Batas Pemirsa

Ada beberapa orang yang lebih suka menggunakan Facebook personal sebagai sarana berbisnis. Padahal, Facebook personal hanya memiliki maksimal 5000 pertemanan. Sementara itu, Facebook Fanpage tidak memiliki batasan konsumen untuk masuk melihat.


Baca Juga: Memaksimalkan Modal dengan Membuat Website Bisnis E-Commerce


Berbagai Fitur Facebook Fan Page

Untuk meningkatkan produksi konten, Facebook Fanpage memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik laman. Beberapa fitur yang dapat digunakan secara gratis adalah sebagai berikut.

1.      Fitur Insight Untuk Mengetahui Audience

Facebook Fanpage memiliki fitur insight yang memungkinkan Anda untuk mengetahui pemirsa. Beberapa hal yang dapat dibaca adalah seperti demografi pengunjung, waktu paling banyak dikunjungi, dan konten yang paling diminati oleh pengunjung. Menggunakan data tersebut, Anda dapat memaksimalkan produksi konten yang pemirsa inginkan.

2.      Post Schedule

Pengelola Facebook Fanpage dapat membuat konten dan mengunggahnya pada waktu yang diinginkan. Oleh karena itu, sebuah konten dapat dikerjakan lebih dini tetapi dapat diunggah pada jam-jam dimana audience sedang aktif. Dengan begitu, kemungkinan interaksi antara konten dengan audience lebih mungkin terjadi.

3.      Call to Action

Pada setiap unggahan Facebook Fanpage kita dapat melakukan call to action. Hal ini berguna untuk meningkatkan traffic di berbagai media sosial atau platform yang terhubung. Artinya, setelah Anda melakukan copywriting, dapat diakhiri dengan tombol link langsung yang terhubung dengan marketplace atau akun tertentu.


Cara Membuat Facebook Fan Page

Untuk membuat Facebook Fanpage, kita harus memiliki akun Facebook personal. Siapkan juga beberapa informasi seperti nama bisnis dan jenis bisnis. Nah, secara lengkap cara membuat Facebook Fanpage adalah sebagai berikut.

1.      Dalam posisi sudah masuk ke ke akun Facebook personal, silahkan akses laman berikut ini

2.      Pilih jenis laman yang akan dibuat berdasarkan modus bisnis atau brand dan komunitas atau tokoh. Dalam hal ini, karena akan membuat Fanpage Facebook untuk keperluan bisnis maka teruskan dengan klik tombol get started di bagian business or brand.

3.      Tentukan nama dan kategori laman yang akan dibuat. Kategori adalah penjelasan singkat mengenai Facebook Fanpage tersebut. Jika sudah, maka klik continue.

4.      Pada langkah selanjutnya Anda harus mengisi beberapa informasi seperti alamat, nomor telepon, foto profil berukuran 300px X 300px dan foto berukuran 828px X 315px.

Selamat, Facebook Fanpage sudah berhasil dibuat. Meskipun begitu, ada beberapa langkah tambahan untuk menyempurnakannya. Simak langkah selanjutnya.

5.      Perbarui username Facebook Fanpage dengan cara klik username di bawah nama fanspage.

6.      Unggah postingan pertama dan menambah teman atau invite 10 fans pertama.

7.      Lakukan pengaturan general dengan cara masuk ke bagian general dan pastikan page visibility dalam status published. Jangan lupa juga atur visitor post agar fans tidak sembarangan mengunggah kiriman.

8.      Atur info di bagian page info. Lengkapi informasi seperti jam operasional, alamat, deskripsi, dan lainnya.

9.      Lakukan pengaturan pesan di bagian messaging. Berikan pesan salam yang secara template dapat otomatis terkirim kepada fans yang mengirim pesan terlebih dahulu.

10.   Atur kolaborator di bagian panel page roles yang memungkinkan tim atau anggota pengelola Facebook Fanpage dapat berperan bersama.


Pendanaan Bisnis oleh Modal Rakyat

Meskipun dapat dilakukan secara efisien, namun melakukan kampanye bisnis melalui Facebook Fanpage dapat ditingkatkan dengan cara penambahan sumber daya manusia yang lebih mumpuni. Tidak dipungkiri bahwa hal tersebut berkaitan dengan peningkatan budget yang akan dikeluarkan.

Modal Rakyat sebagai medium yang mempertemukan pelaku bisnis dengan pendana telah berpengalaman dalam hal ini. Dengan semangat gotong royong, pelaku bisnis sebagai peminjam akan mendapatkan bantuan dari pendana terpercaya. Ketahui informasi lebih banyak mengenai Modal Rakyat di sini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru