Bisnis

Facebook Marketplace: Keunggulan hingga Tips Berjualan

Brigitta Winasis-

07 Jul 2021

Facebook Marketplace: Keunggulan hingga Tips Berjualan

Media sosial kini tidak sekadar menjadi tempat berinteraksi sosial. Banyak yang memanfaatkannya untuk memasarkan bisnis.

Menanggapi peluang tersebut, Facebook kini meluncurkan fitur Facebook Marketplace. Secara ringkas, marketplace adalah tempat bertemunya seller dan buyer di dunia maya. Situs marketplace menjadi pihak ketiga yang memfasilitasi penjualan dan pembelian tersebut. Biasanya, ia juga memfasilitasi pembayaran.

Apa saja fitur-fitur yang terdapat dalam Facebook Marketplace? Apa tips agar sukses berjualan di marketplace? Berikut penjelasannya.


Baca juga: Dynamic Pricing adalah Rahasia Sukses E-Commerce, Mengapa?


Pengertian

Facebook ingin mempermudah orang yang hendak menjual dan membeli barang di komunitas mereka. Media sosial tersebut mengajak pelaku bisnis untuk menggunakan fitur mereka sebagai cara berjualan dan berinteraksi dengan pembeli.

Facebook sendiri mengklaim komunitas di marketplace mereka semakin berkembang. Banyak pebisnis atau tenaga penjualan lainnya yang memanfaatkan Facebook Marketplace untuk mengetahui prospek, berinteraksi dengan calon konsumen, dan meningkatkan penjualan.

Dalam prakteknya, Facebook Marketplace menggunakan fitur Messenger untuk berkomunikasi. Messenger dapat menjadi corong penjualan dan membantu perjalanan pembeli. Mulai dari berinteraksi pertama kali hingga terjadi penjualan.

Fitur ini tersedia di aplikasi Facebook mobile dan situsnya. Dengan kata lain, marketplace ini cocok untuk bisnis online karena mudah diakses layaknya e-commerce lainnya.


Keunggulan

Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan Facebook Marketplace kepada pemilik bisnis.

1. Peluang Meraih Pasar

Facebook menawarkan kemungkinan meraih komunitas yang aktif berkembang. Pemilik bisnis akan memperoleh akses komunitas pembeli. Dengan demikian, kemungkinan pasar akan semakin luas.

Dengan berjualan di Facebook Marketplace, pemilik bisnis berpeluang membuat atau menjaga distribusi untuk meraih komunitas pembeli. Hal ini nantinya akan mendukung perkembangan bisnis.

2. Komunikasi Melalui Messenger

Komunikasi melalui Messenger dapat dilakukan secara real-time. Pembeli dapat bertanya-tanya secara langsung kepada penjual jika tertarik atau ingin tahu lebih dalam tentang produk yang dijual.

Messenger adalah salah satu feature di Facebook yang memungkinkan komunikasi real-time. Dengan demikian, penjual tidak akan kehilangan calon pembeli yang kehilangan minat lalu memutuskan beralih ke produk lain.

3. Tanpa Biaya Administrasi

Umumnya marketplace menerapkan biaya administrasi sebagai pihak ketiga. Namun tidak demikian halnya dengan Facebook. Platform penjualan dan pembelian ini tidak meminta biaya tambahan.

Sebagai catatan, ada kemungkinan biaya penyiapan feed inventaris atau layanan lainnya lewat partner Facebook. Namun pihak Facebook sendiri tidak menarik biaya administrasi.


Baca juga: Inilah Peluang Usaha Berjualan di e-Commerce


Jenis Bisnis yang Bisa Dijual

Ada tiga tipe bisnis yang bisa menjual inventarisnya di Facebook Marketplace. Berikut penjelasannya.

1. Kendaraan

Jual beli kendaraan bekas sangat populer di Facebook, bahkan sebelum ada fitur Marketplace. Dilansir dari halaman Facebook, lebih dari 20 juta orang mengklik penawaran kendaraan bekas setiap bulan di Amerika Serikat.

Melalui Marketplace, penjual dapat mengunggah penawaran secara manual menggunakan laman Facebook Business. Penawaran tersedia di Amerika Serikat, Prancis, Jerman, dan Indonesia. Setelah penawaran diunggah, calon pembeli bisa mengirim pesan lewat Messenger.

2. Ritel

Berbagai perusahaan ritel kini dapat memanfaatkan Facebook Marketplace. Mereka juga dapat meraih pasar yang lebih luas dan bekerja sama dengan Facebook Partner.

Proses pembayaran, fitur pemesanan, insight penjualan, dan lain-lain termasuk fitur yang ditawarkan. Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, akan mendorong penjualan dan perkembangan usaha.

3. Real Estate

Agen real estate dapat menawarkan properti di Facebook Marketplace. Namun fitur ini baru tersedia di AS dan Kanada. Penawaran dilakukan secara manual di inventaris Marketplace di laman Facebook Business.


Hal yang Harus Dipertimbangkan Pemilik Bisnis

Sebelum berjualan, pemilik bisnis harus memperhatikan beberapa hal. Mereka tidak dapat seenaknya berjualan begitu saja.

1. Pengiriman

Batas waktu pengiriman barang adalah tiga hari. Maksimal barang diterima pembeli dalam tujuh hari. Anda harus mempersiapkan bagaimana caranya supaya pesanan datang pada ketentuan waktu tersebut.

2. Banyak Pesan Masuk

Anda akan mendapat banyak pesan masuk dalam Messenger Anda. Baik yang bertanya-tanya tentang produk atau hendak membeli. Anda dapat menggunakan Messenger Chatbot untuk membantu menjawab pesan-pesan yang masuk.

3. Integrasi Facebook Marketplace

Anda dapat mengintegrasikan platform Facebook Marketplace dengan e-commerce lainnya yang dimiliki. Anda bisa memanfaatkan platform sinkronisasi e-commerce melalui Shopify, BigCommerce, CommerceHub, dan lain-lain.


Baca juga: WhatsApp Business: Fitur dan Cara Membuatnya


Kriteria Barang yang Tidak Dapat Dijual

Facebook melarang beberapa barang tertentu untuk dijual di marketplace-nya. Untuk berjualan dengan aman, sebaiknya perhatikan kebijakan tersebut. Berikut beberapa contohnya.

1. Barang Non-fisik

Anda dilarang menjual barang yang bersifat non-fisik, seperti software. Anda diharuskan menjual sesuatu yang bersifat fisik.

2. Hewan

Menjual atau membeli hewan dilarang di Marketplace. Termasuk juga unggahan tentang hewan untuk diadopsi.

3. Alat Kesehatan

Produk yang berhubungan dengan alat kesehatan dilarang dijual. Misalnya obat-obatan, termometer, dan lain-lain.

4. Tiket Acara atau Jasa

Anda tidak dapat menjual tiket acara atau jasa di Facebook Marketplace. Anda hanya dapat menjualnya seizin Facebook.

5. Deskripsi dengan Foto Tidak Sesuai

Produk yang dijual harus sesuai dengan deskripsi dan judul yang diunggah.

6. Gambar Sebelum dan Sesudah

Facebook melarang menampilkan gambar yang menunjukkan perbedaan sebelum dan sesudah. Misalnya, gambar perubahan berat badan.


Tips Berjualan di Facebook

Untuk meningkatkan penjualan di Facebook, optimalkan listing dengan memuat keyword yang berhubungan dengan produk di judul dan deskripsi. Buatlah deskripsi yang mendetail.

Agar penawaran Anda semakin menarik, gunakan foto-foto produk yang bagus. Anda dapat menyewa jasa fotografer profesional.

Anda juga harus memastikan produk yang dijual tidak melanggar kebijakan Facebook. Tentu ini demi keamanan bisnis Anda. Jika melanggar, Facebook dapat menindak tegas toko online Anda.


Kembangkan Bisnis Anda dengan Dana Tambahan dari P2P Lending Modal Rakyat

Anda ingin memulai atau mengembangkan bisnis tetapi memerlukan modal tambahan? Anda bisa mendapatkannya melalui P2P lending Modal Rakyat.

Layanan P2P lending ini sudah berizin OJK, sehingga dijamin keamanannya. Bunga yang ditawarkan relatif kompetitif dibandingkan alternatif pinjaman lain. Pinjaman Anda dapat disetujui dengan cepat, yakni dalam lima hari kerja, jika sudah memenuhi syarat. Proses pengajuannya pun secara online dan dapat dilakukan hanya dengan 15 menit.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru