Finansial

Finansial: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Kabrina Rian Ferdiani-

01 Feb 2021

Finansial: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Finansial adalah hal yang perlu diperhatikan dalam hidup kita. Tentu saja karena ini menyangkut keuangan dan perekonomian.

Dalam artikel ini, Anda akan memahami pengertian finansial, jenis, fungsi, dan juga manfaatnya. Berikut penjelasan lebih lanjut.


Pengertian Kata

Sebenarnya kata finansial merupakan serapan dari bahasa Inggris financial yang artinya segala hal yang berkaitan dengan keuangan.

Jika berbicara soal financial tidak lepas dari kata finance yang artinya keuangan. Kata ini berasal dari bahasa Latin, financius.

Banyak hal yang dipelajari dalam finansial, seperti pengelolaan, pengembangan, dan pemberdayaan uang, juga termasuk perhitungan peluang dan risiko di masa yang akan datang.

Tidak hanya perusahaan yang perlu memiliki pengelolaan finansial yang baik. Organisasi, negara, bahkan individu pun perlu belajar soal ilmu keuangan.


Baca juga: Edukasi Finansial dari Drama Korea Populer


Jenis-Jenis Finansial

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, finansial memiliki beberapa jenis. Setidaknya ada tiga jenis finansial yaitu, finansial negara atau pemerintah, finansial perusahaan atau organisasi, dan finansial individu. Berikut penjelasan lebih lanjut.

Negara atau Pemerintah

Kesehatan keuangan negara bisa dilihat dari banyak faktor. Ini karena di dalam sebuah negara banyak aspek yang harus diperhitungkan. Beberapa di antaranya adalah nilai tukar mata uang, daya beli masyarakat, angka kemiskinan, juga ekspor dan impor.

Perusahaan atau Organisasi

Selanjutnya, kondisi keuangan dalam perusahaan atau organisasi. Hal ini mencakup keuntungan bagi pemilik usaha, kemampuan untuk bertahan dan berkembang, juga mencakup pemenuhan kebutuhan dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Individu

Keuangan individu lebih sederhana dibandingkan dua yang sudah disebutkan di atas. Kondisi keuangan seseorang bisa dilihat dari penghasilan, rasio utang, dan juga aset yang dimiliki.

Dalam artikel ini, finansial individu akan dibahas lebih dalam.


Fungsi Finansial

Manajemen keuangan tidak hanya dilakukan oleh negara dan perusahaan, Anda sebagai orang yang berada dalam usia produktif juga harus bisa.

Fungsi keuangan sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan Anda. Berikut di antaranya.

Planning Function

Dalam keuangan, perencanaan adalah hal yang sangat penting. Tanpa perencanaan, keuangan bisa berantakan. Itulah mengapa ada planning function atau fungsi perencanaan.

Anda perlu menyeimbangkan antara pemasukan dengan pengeluaran setiap bulan. Namun, melakukan pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan bisa membuat Anda menabung untuk memenuhi kebutuhan yang lebih besar.

Controlling Function

Perencanaan yang matang tidak berarti bila Anda tidak melakukannya. Karena itu, dibutuhkan controlling function dalam keuangan. Jika Anda tidak bisa mengendalikan pengeluaran, sudah tentu keuangan akan terganggu.

Inspection and Reporting Function

Terakhir adalah inspection and reporting function atau fungsi pemeriksaan dan pelaporan. Ini penting agar Anda bisa mengevaluasi keuangan Anda. Hal ini bisa dilakukan secara berkala setiap minggu atau setiap bulan dan juga setiap tahun.

Setelah periode waktu tertentu, coba lihat kembali kinerja keuangan Anda.

Apakah penganggaran Anda sudah tepat? Apakah ada pengeluaran yang melebihi atau mungkin kurang dari anggaran? Bagaimana dengan target keuangan Anda.

Dengan melakukan pemeriksaan dan evaluasi, Anda bisa menemukan strategi yang tepat dan cocok untuk pengelolaan uang pribadi.


Baca juga: Mantapkan Perencanaan Keuangan dengan Proteksi Asuransi


Manfaat Finansial

Mengelola keuangan sangat penting untuk memiliki kondisi finansial yang sehat. Jika Anda berhasil melakukan manajemen finansial dengan baik, berikut manfaat yang bisa didapat.

Perencanaan Keuangan yang Lebih Baik

Setelah mengetahui prinsip-prinsip keuangan, Anda akan bisa melakukan perencanaan keuangan yang lebih matang. Pendapatan setiap bulan bisa Anda atur dengan lebih bijak untuk memenuhi kebutuhan harian.

Tidak hanya perencanaan keuangan harian, Anda juga bisa membuat perencanaan untuk kebutuhan yang akan datang. Menabung dan berinvestasi menjadi kebiasaan yang akan dilakukan tanpa paksaan.

Belajar Hidup Hemat

Anda akan lebih bisa menghargai uang yang didapat. Ketika sudah mengetahui tujuan keuangan dan memiliki rencana yang matang, Anda akan terdorong untuk hidup hemat. Berbagai cara hidup hemat bisa akan Anda terapkan supaya bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang akan datang.

Berhasil Meraih Financial Goals

Dengan perencanaan keuangan dan disiplin, tentu Anda akan berhasil meraih financial goals. Entah mengumpulkan dana darurat, mempersiapkan dana pernikahan, dana pensiun, hingga kebebasan finansial. Anda tidak akan lagi kesulitan mengatur keuangan.

Mengembangkan Uang yang Dimiliki

Selain itu, Anda juga akan terdorong untuk mengembangkan uang yang sekarang dimiliki. Ini karena Anda paham bahwa mengandalkan hanya pendapatan bulanan tidak akan bisa membantu mewujudkan kebutuhan di masa depan.

Anda akan mulai membangun bisnis untuk mendapatkan uang tambahan. Anda juga akan mulai memanfaatkan instrumen investasi untuk mendapatkan keuntungan.


Lakukan Pendanaan UMKM sembari Mengembangkan Dana bersama Modal Rakyat

Kesuksesan juga bisa diimbangi dengan melakukan kebaikan. Salah satunya adalah dengan melakukan pendanaan modal usaha bagi pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 25% per tahun.

Ayo gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut.

Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru