Finansial

4 Alasan Fintech Tetap Jadi Primadona di Era Modern

Kabrina Rian Ferdiani-

13 Oct 2020

4 Alasan Fintech Tetap Jadi Primadona di Era Modern

Hidup di era digitalisasi membuat banyak orang menyadari pentingnya fintech. Istilah ini memang banyak sekali digunakan dalam dunia permodalan. Lebih-lebih sekarang ini penanaman modal sedang tren di berbagai belahan dunia. Termasuk salah satunya di Indonesia yang sudah banyak ditemukan perusahaan financial tersebut.

Sesuai namanya financial technology berkaitan dengan jasa keuangan yang dipadukan teknologi mutakhir. Bukan rahasia umum jika dalam financial sekalipun masyarakat kini memanfaatkan teknologi canggih. Memang jika berbicara mengenai perkembangannya sejak lama pemanfaatan teknologi merambah ke berbagai bidang. Hingga mengarah pada bidang jasa keuangan. 

Lantas bagaimana sejarah munculnya istilah fintech tersebut? NDRC yang merupakan National Digital Research Centre memberikan pemahaman tersendiri mengenai kehadiran inovasi ini. Financial technology disebutkan sebagai istilah yang merujuk pada inovasi terbaru di bidang keuangan masa kini.  Embel-embel technologi di belakang nama tersebut bukan tanpa sebab.

Pasalnya sistem financial di dalamnya memanfaatkan teknologi modern. Hal tersebut tertuang dalam berbagai layanan yang diberikan perusahaan jasa keuangan. Seperti halnya metode pembayaran sampai masalah sistem peminjaman yang sudah memanfaatkan teknologi baru. Berikut adalah empat alasan mengapa financial technology jadi primadona banyak orang.


Baca juga: Hadapi Resesi, Ini 7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet!


Fintech Startup Membantu Pengusaha Mendapat Modal 

Satu dari empat alasan financial technology menjadi pilihan masyarakat saat ini yaitu memudahkan pengusaha agar mendapat modal. Bukan rahasia umum jika usaha tidak hanya membutuhkan tekad dan kerja keras. Melainkan pengusaha juga harus memerlukan modal agar dapat berkembang di tengah persaingan pada bisnis yang ketat. 

Banyak usaha yang akhirnya harus terhenti di tengah-tengah perjalanan bisnis lantaran terkendala modal. Apalagi persaingan bisnis yang melibatkan pengusaha skala besar. Paling tidak inilah yang bisa dirasakan oleh para pengusaha UMKM. Kebanyakan pengusaha tersebut baru saja merintis usahanya dan hendak mengembangkan bisnis.

Ketersediaan modal mempengaruhi jalannya roda bisnis UMKM. Apalagi jika produksi barang perlu ditingkatkan untuk skala yang lebih besar. Namun hal tersebut terbantu dengan hadirnya perusahaan fintech yang mendukung kebutuhan modal mereka. Secara garis besar manfaatnya sangat besar terhadap perkembangan usaha menengah ke bawah. 

Masyarakat tidak perlu menyiapkan berkas yang ribet untuk mendapatkan bantuan modal. Hal ini dikarenakan adanya gabungan teknologi modern. Sehingga berkas dapat dikirim secara online lewat perusahaan jasa keuangan tersebut. Bahkan pencairan modal tidak membutuhkan waktu lama bagi para pengusaha milenial yang mempunyai rekam jejak bagus.


Fintech Menumbuhkan Laju Bisnis Startup

Alasan kedua mengapa hingga saat ini kebanyakan masyarakat menganggap financial technologi sebagai primadona lantaran mampu mendongkrak bisnis startup. Namanya saja bisnis startup yang berarti dalam proses pengembangan. Sehingga bisnis tersebut perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk perusahaan jasa keuangan. 

Bisnis startup bisa jadi masih harus berbenah dari berbagai sektor. Biasanya usaha tersebut belum dilengkapi dengan gedung milik sendiri. Artinya pengusaha masih harus menyewa gedung maupun lahan untuk menjalankan usahanya. Dalam hal ini peran fintech sangat penting bagi laju bisnis usaha rintisan. 

Pasalnya lewat perusahaan financial kalangan pengusaha milenial lebih cepat menemukan investor. Anda pun tidak harus menunggu lama untuk bisa mendapatkan pendanaan dari para investor. Apalagi persyaratan yang harus disiapkan tidaklah rumit untuk kalangan pengusaha era modern seperti saat ini. Anda hanya perlu menyertakan beberapa dokumen pendukung.

Berkat kemudahan layanan fintech tidak heran pertumbuhan usaha sektor menengah makin berkembang. Terbukti dengan menjamurnya pengusaha startup yang tersebar di segala penjuru Indonesia. Ini membuktikan bahwa minat mereka dalam menggunakan layanan keuangan masih tinggi. Lebih-lebih untuk urusan produktivitas perusahaan startup.


Berperan Membantu Pengentasan Kemiskinan

Alasan lain mengapa financial technology diminati yaitu perannya dalam membantu pengentasan kemiskinan. Seperti penjelasan di atas bahwa inti dari inovasi tersebut adalah kemudahan financial yang dirasakan oleh banyak orang. Hal tersebut didukung dengan adanya pemanfaatan layanan sistem canggih. Alhasil semua orang bisa menikmati layanannya. 

Fintech sendiri tidak hanya membawa dampak baik bagi perusahaan berskala kecil maupun startup saja. Perusahaan besar pun mendapat keuntungan dari hadirnya inovasi tersebut. Misalnya dengan bantuan pendanaan yang diberikan perusahaan besar. Dengan begitu perusahaan besar juga ikut membantu perkembangan bisnis startup. 

Hal tersebut juga diupayakan untuk mengentaskan kemiskinan. Salah satu langkahnya ialah dengan mendongkrak nilai jual beli masyarakat. Jika pendanaan, penanaman modal dan pinjaman mudah didapat tentu minat masyarakat terhadap daya beli semakin meningkat. Hal tersebut bagus untuk memperbaiki perekonomian di sebuah negara. 


Fintech Mengurangi Angka Pinjaman Bunga Tinggi

Satu lagi alasan financial technologi berjaya di era digitalisasi saat ini karena mampu mengurangi adanya pinjaman dengan bunga tinggi. Setiap orang memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda. Ada yang harus mencukupi kebutuhannya sendiri untuk saat ini dan masa mendatang. Sebagian lainnya memerlukan bantuan pinjaman.

Sebelum adanya inovasi tersebut banyak orang harus berkutat dengan pinjaman bunga tinggi. Dalam waktu lama pinjaman berbunga tinggi justru dapat mencekik roda financial. Oleh karena itu kehadiran dari fintech ini membantu mereka yang sedang membutuhkan pinjaman dengan bunga yang rendah. Satu di antaranya adalah layanan peer to peer lending.

P2P Lending merupakan inovasi yang memungkinkan kebanyakan orang mendapatkan pinjaman. Bahkan bagi mereka yang hendak mengalokasikan uang kepada peminjam. P2P lending memang dikenal dengan pinjaman berbunga rendah. Sehingga masih aman bagi kalangan pengusaha UMKM yang perlu berkembang di tanah air. 

Modal Rakyat merupakan perusahaan pendanaan dengan dukungan financial technology. Kami sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Kami memungkinkan Anda mengalokasikan dana sebagai modal pengusaha UMKM. Keuntungan yang didapat dengan modal Rp25.000 mencapai 25 persen per tahun. Untuk informasi lebih lengkapnya  tentang fintech tersebut bisa melihat di sini.  


Baca juga: Keluarga Muda, Yuk Intip Perencanaan Keuangan Berikut ini

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru