Finansial

Bisnis

Format Invoice Sederhana yang Sering Digunakan

Kabrina Rian Ferdiani-

04 Feb 2021

Format Invoice Sederhana yang Sering Digunakan

Format invoice diperlukan untuk Anda yang berusan tentang pembayaran dengan pihak lain. Invoice tersebut sangat penting untuk melakukan penagihan terhadap partner atau pelanggan.

Namun, apa saja komponen yang terdapat di dalam tagihan tersebut? Berikut pembahasannya.


Baca juga: Investasi Properti atau Pasar Saham? Ini Pembahasannya


Mengenal Invoice Lebih Jauh

Sebelum mengetahui format invoice, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh tentang itu.

Invoice merupakan dokumen tertulis yang di dalamnya memuat tagihan atas pembelian barang atau penggunaan jasa. Invoice bisa dibuat rangkap tiga, arsip perusahaan penyedia jasa atau barang, konsumen, dan arsip bagian keuangan.

Dalam bahasa Indonesia, invoice dikenal sebagai faktur. 


Komponen dalam Invoice

Format invoice bisa berbeda-beda tergantung pada karakter sebuah perusahaan. Namun, ada beberapa komponen yang wajib ada di dalam sebuah faktur. Berikut di antaranya.

Nama dan Alamat Penerbit

Komponen pertama yang harus ada di dalam sebuah invoice adalah nama dan alamat penerbitnya. Hal ini penting untuk menyajikan identitas penjual jasa atau penyedia jasa yang dibeli oleh konsumen.

Nomor Invoice dan Tanggal Penerbitan

Dalam dokumen juga harus memuat nomor terbit. Ini penting untuk melakukan arsip. Selain nomor, tanggal invoice diterbitkan juga harus dicantumkan.

Jika di kemudian hari Anda ingin melakukan pengecekan, nomor dan tanggal penerbitan penting untuk verifikasi.

Identitas Pembeli

Selain data diri penerbit, data diri pembeli juga harus dicantumkan. Identitas yang dicantumkan bisa berupa nama perusahaan atau perorangan yang membeli barang atau jasa.

Nama dan Jumlah Barang atau Jasa

Di dalam dokumen ini juga perlu mengandung nama barang atau jasa yang dibeli. Ini adalah bukti bahwa pembayaran yang ditagih dan dibayar sesuai dengan pesanan.

Harga Satuan dan Harga Total

Jangan lupa untuk mencantumkan rincian harga satuan barang atau jasa yang dibeli. Ini penting untuk memastikan bahwa harga yang dibayarkan sudah sesuai dengan harga barang atau jasa yang dibeli oleh konsumen.

Stempel atau Tanda Tangan Resmi

Selanjutnya, sisihkan tempat untuk stempel atau tanda tangan resmi sebagai bukti bahwa invoice sah dikeluarkan oleh perusahaan penerbit.


Contoh Invoice

Berikut ini adalah beberapa contoh invoice sederhana yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuatnya. Invoice yang baik mengandung komponen-komponen yang sudah disebutkan sebelumnya.

Invoice Penagihan

Invoice Barang


Cara Membuat Invoice

Ada banyak cara untuk membuat invoice, Anda bisa menggunakan microsoft word atau google docs untuk membuat invoice. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan microsoft excel atau google sheet.

Namun, jika ingin lebih mudah Anda bisa mencoba membuat online invoice. Ada banyak invoice software yang bisa digunakan. Di dalamnya terdapat banyak free invoice template yang bisa dipilih.


Baca juga: Keuntungan Berinvestasi Surat Utang Negara (SUN)


Lakukan Pendanaan UMKM sembari Mengembangkan Dana bersama Modal Rakyat

Kesuksesan juga bisa diimbangi dengan melakukan kebaikan. Salah satunya adalah dengan melakukan pendanaan modal usaha bagi pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 25% per tahun.

Ayo gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru