Finansial

Fraksi Harga Saham: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Pretty Angelia Wuisan-

18 Oct 2022

Fraksi Harga Saham: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Fraksi harga saham merupakan istilah yang penting dalam dunia saham. Anda yang berniat menjadi investor saham, perlu memahaminya agar tidak salah dalam melakukan pembelian, maupun penjualan saham. Dengan memahami istilah ini, Anda juga jadi lebih lancar dalam bertransaksi saham.

Mempelajari fraksi pada harga saham tidaklah sulit. Di sini akan dijelaskan mengenai apa itu fraksi saham, cara kerja, dan hal lain yang berkaitan dengan istilah tersebut. 


Baca juga: 30 Istilah Harga Saham yang Perlu Dipahami Investor Pemula


Apa yang Dimaksud dengan Fraksi Harga Saham?

Secara bahasa, fraksi artinya pecahan. Pengertian fraksi harga saham adalah perubahan batasan atau pecahan harga saham yang berubah baik untuk harga minimum dan harga maksimumnya.

Pembatasan harga saham ini ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia. Untuk itulah ada istilah fraksi harga saham IDX. 

Seluruh emiten yang ada di pasar modal Indonesia wajib mengikuti ketentuannya untuk menjalankan transaksi yang transparan dan adil untuk semua pihak.

Fraksi saham diberlakukan oleh Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2016. Beberapa kali mengalami perubahan karena menyesuaikan dengan kebutuhan dan untuk kebaikan para investor. Sampai ada juga istilah lainnya seperti ARA atau auto reject atas dan ARB atau auto reject bawah yang ketentuannya juga mengikuti kebaikan bersama. 

Anda perlu mengetahui ketentuan fraksi harga saham karena apabila Anda memasukkan harga order yang tidak sesuai batas minimum dan maksimum, order yang Anda lakukan langsung dibatalkan. Hal ini tentu disayangkan mengingat Anda pasti berminat memiliki saham tersebut. 


Cara Fraksi Harga Saham Bekerja

Untuk lebih memahami apa itu fraksi saham, di sini akan dibahas mengenai 5 jenis fraksi saham yang berlaku di pasar modal Indonesia. Ini dia penjelasannya.

  • Fraksi harga Rp1 diberlakukan pada saham-saham yang memiliki harga Rp200 per lembarnya.
  • Fraksi harga Rp2 diberlakukan pada saham-saham yang memiliki harga Rp200- Rp500 per lembarnya.
  • Fraksi harga Rp5 diberlakukan pada saham-saham yang memiliki harga Rp500 - Rp2.000 per lembarnya.
  • Fraksi harga Rp10 diberlakukan pada saham-saham yang memiliki harga Rp2.000 - Rp5.000 per lembarnya.
  • Fraksi harga Rp25 diberlakukan pada saham-saham yang memiliki harga di atas Rp5.000 per lembarnya.

Ketentuan lainnya dari fraksi harga adalah berlaku pada 10x batas harga maksimum, berada di bawah batas auto reject saham atau fraksi harga saham ARA (auto reject atas), dan tidak berlaku untuk pre-opening pasar.

Untuk lebih memahami cara kerjanya, di bawah ini adalah penjelasan mengenai fraksi yang berlaku di saham.

Contoh dari fraksi saham 1:

Saham YTRS memiliki harga Rp200 per lembar. Hal ini membuatnya termasuk golongan fraksi harga Rp1.

Ketika harga saham YTRS naik, kenaikannya akan menjadi Rp201, Rp202, Rp203 dan seterusnya. Artinya, harga akan ditambah 1 di setiap kenaikan.

Ketika harga saham YTRS turun penurunannya akan menjadi Rp199, Rp198, Rp197, dan seterusnya. Artinya, harga akan berkurang 1 di setiap penurunan.

Contoh dari fraksi saham 2:

Harga saham TREW adalah Rp6.000. Hal ini membuatnya termasuk golongan fraksi harga Rp25.

Ketika harga saham TREW naik, kenaikannya akan menjadi Rp6.025, Rp6.050, Rp6.075 dan seterusnya. Artinya, harga akan ditambah Rp25 di setiap kenaikan.

Ketika harga saham TREW turun, penurunannya akan menjadi Rp5.975, Rp5.950, Rp5.925 dan seterusnya. Artinya, harga akan dikurangi Rp25 di setiap penurunannya. 


Kenapa BEI Harus Menetapkan Fraksi atau Pecahan Harga Saham?

Bursa Efek Indonesia mengeluarkan aturan fraksi pada harga saham untuk mencegah harga saham memiliki volatilitas tinggi. Hal ini pun membuat perdagangan saham menjadi lebih teratur, transparan, dan daya saing sehat di pasar modal Indonesia.

Keuntungan lainnya dari fraksi untuk harga saham adalah para investor pemula dan konservatif jadi berani untuk mulai berinvestasi di pasar saham yang sebenarnya berisiko tinggi. Hal itu pun memancing lebih banyak munculnya investor yang bisa menaikkan nilai saham secara keseluruhan.

Manfaat lainnya yang cukup penting juga adalah transaksi saham yang masuk menjadi lebih mudah untuk dihitung dan dipantau. Anda yang investor pun tidak akan bingung melihat perubahan harga sahamnya yang didasarkan pada fraksi.

Kesimpulannya, aturan yang BEI keluarkan untuk fraksi harga pada saham ini tepat dan mudah diikuti oleh para investor yang bertransaksi di dalamnya. 

Anda bisa menggolongkan saham yang dimiliki berada di fraksi mana sesuai dengan harga yang berlaku. Penggolongan itu pun bisa berubah ketika harga saham mencapai angka yang sudah ditentukan di setiap golongan, jadi Anda juga harus sering memantau ketika pasar modal sedang buka. 


Kenaikan Harga Saham Berdasarkan Apa?

Harga saham mengalami kenaikan ketika emiten yang menaunginya mempunyai fundamental bagus, seperti memperoleh laba yang tinggi, sehingga membuat investor tertarik untuk membelinya. Jadi, harga saham sebenarnya ditentukan oleh para investor yang bertransaksi di dalamnya.

Ada juga faktor lainnya yang membuat harga saham naik seperti aksi korporasi yang dilakukan oleh emiten, contohnya adalah ketika emiten melakukan pembelian sahamnya sendiri dalam jumlah besar.

Harga saham juga dipengaruhi oleh makro ekonomi, nilai tukar Rupiah yang berlaku saat ini, dan kebijakan yang dicetuskan pemerintah. 

Untuk mengetahui kapan harga saham akan naik, Anda perlu memantau ketika pasar modal Indonesia sedang dibuka. Hanya di waktu itulah harga saham akan berubah-ubah sesuai transaksi yang terjadi.


Baca juga: Cara Jitu Membeli dan Menjual Saham agar Tidak Berakhir Rugi


Kesimpulan

Itu dia pembahasan tentang fraksi harga saham yang bisa Anda pahami. Semoga dengan informasi ini, kegiatan berinvestasi atau trading saham Anda semakin bertambah lancar. Jangan lupa melakukan analisis dulu sebelum membeli atau menjual saham agar keuntungan yang Anda inginkan pun tercapai.


Modal Rakyat Menyediakan Pendanaan UMKM yang Menguntungkan!

Anda yang mengharapkan keuntungan, bisa mendapatkannya lewat pendanaan UMKM di P2P lending Modal Rakyat. Di platform ini Anda meminjamkan bantuan modal pada UMKM yang membutuhkannya.

Modal yang bisa Anda sediakan adalah Rp500 ribu dan potensi keuntungannya sampai 18% per tahun. Tersedia asuransi untuk memproteksi dana dari 70% sampai 95%.

Modal Rakyat sudah berizin OJK, sehingga aman sebagai platform pendanaan UMKM. Ayo, jangan ragu lagi untuk raih keuntungan yang Anda impikan di Modal Rakyat!



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru