Finansial

30 Istilah Saham yang Perlu Dipahami Investor Pemula

Pretty Angelia Wuisan-

29 Oct 2021

30 Istilah Saham yang Perlu Dipahami Investor Pemula

Istilah saham itu ada banyak dan unik-unik. Saat pertama mendengarnya, mungkin Anda sebagai investor pemula  juga bingung. Namun, Anda perlu memahami istilah tersebut supaya ketika berdiskusi dengan investor lain, Anda bisa memahami apa yang tengah dibicarakan.

Tidak sulit untuk memahami istilah saham. Inilah penjelasannya untuk Anda.


Baca juga: 10 Jenis Saham yang Perlu Diketahui Investor Pemula


Daftar Istilah Saham untuk Pemula

Anda yang tertarik untuk membeli saham, perlu mengerti tentang istilah yang akan sering Anda dengar di dunia saham. Ini dia istilahnya untuk Anda.

1. IHSG

Dikenal juga sebagai Indeks Harga Saham Gabungan. IHSG merupakan nilai gabungan seluruh saham yang ada di pasar saham Indonesia yang menunjukkan peningkatan atau penurunan kinerja saham Indonesia.

2. Kapitalisasi pasar

Merupakan istilah yang dapat diartikan sebagai nilai atau harga dari sebuah perusahaan. Anda akan menemukan istilah ini untuk menilai kesuksesan perusahaan dalam sektor bisnisnya.

3. Pasar modal

Pasar modal adalah tempat Anda melakukan transaksi berbagai macam efek seperti saham, reksa dana, obligasi, dan lainnya. Pasar modal yang tersedia di Indonesia hanyalah Bursa Efek Indonesia. Transaksi jual-beli saham resmi hanya di sini.

4. Emiten

Merupakan sebutan dari perusahaan yang menjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Tidak mudah untuk dapat menawarkan saham kepada publik karena syarat yang harus diikuti emiten itu bermacam-macam.

5. Bearish

Merupakan keadaan pasar saham ketika terjadi aksi ambil untung secara besar-besaran sehingga membuat harga saham secara umum mengalami penurunan.

6. Bullish

Istilah yang merujuk pada keadaan pasar yang sedang naik karena banyaknya pemegang saham yang melakukan pembelian. Harga saham pun terkerek naik.

7. Dividen

Merupakan imbal hasil yang diperoleh pemegang saham secara rutin. Jumlah dividen yang diterima akan disesuaikan dengan saham yang dimiliki investor.

8. Capital gain

Keuntungan yang didapatkan pemegang saham karena harga jual saham naik dibandingkan harga beli.

9. Capital loss

Kebalikan dari capital gain, istilah ini merujuk pada kerugian yang dialami karena perdagangan saham yang harga jual lebih rendah dibandingkan ketika ada membelinya.

10. Saham gorengan

Merupakan istilah untuk jenis saham yang harganya murah, tapi kemudian naik signifikan secara tidak wajar. Namun, tidak lama kemudian harganya bisa jatuh. Hal ini terjadi karena ada investor dengan modal besar yang mempermainkan harganya.

11. Saham pom pom

Merujuk ke istilah saham yang harganya naik karena dipromosikan secara terselubung oleh seorang yang terkenal, tapi kemudian bisa mengalami penurunan di waktu yang tidak terduga. 

12. Serok saham

Merupakan istilah ketika Anda membeli saham karena pasar yang sedang melemah. Ini adalah waktu yang pas untuk menyerok saham karena harga saham sedang murah.

14. Cuci piring

Istilah satu ini merujuk pada fenomena Anda terlambat masuk ke pasar modal ketika sedang naik. Baru saja masuk, harga saham menjadi turun dan Anda merugi. 

Anda ketinggalan pesta yang mengasyikkan dan malah mendapatkan kerugian yang diibaratkan Anda hanya kebagian mencuci piring. 

15. ARA

Atau dikenal juga sebagai Auto Rejection Atas. ARA ini istilah yang berhubungan dengan kenaikan saham yang melebihi ambang batas. Kenaikan ini perlu dibatasi untuk memberikan transaksi saham yang wajar bagi para investor.

16. ABA

Dikenal juga sebagai Auto Rejection Bawah. Istilah ABA ini berhubungan dengan penurunan saham yang melebihi batasnya. Penurunan dilakukan supaya tidak membuat harga saham terus jatuh.

17. Saham blue chip

Saham ini adalah saham dengan kapitalisasi paling besar di BEI, rutin memberikan dividen, dan memperoleh laba yang memuaskan. Bursa Efek Indonesia 6 bulan sekali akan memperbarui daftar saham ini sebanyak 45 saham.

Investasi saham untuk pemula paling tepat dimulai dari membeli saham blue chip.

18. Boncos

Merupakan salah satu istilah gaul saham yang menggambarkan Anda sedang mengalami kerugian, sehingga Anda terpaksa menjual saham di harga yang rendah.

19. Cuan

Istilah saham ini merujuk pada investor yang bisa meraih untung. Jadi, untung disamakan dengan cuan, kebalikannya dari boncos. Cuan adalah keadaan yang sering dinantikan oleh para investor.

20. Nyangkut

Istilah saham ini berkaitan dengan keadaan ketika Anda sebagai investor mengalami kerugian karena harganya yang lebih rendah dibandingkan ketika Anda membelinya.

Jadi, harga sahamnya nyangkut di harga yang rendah dan Anda belum menjualnya karena berharap suatu hari nanti harga saham tersebut akan kembali naik.

21. Saham gocap

Merupakan istilah saham yang merujuk pada saham dengan harga paling rendah di Bursa Efek Indonesia, yaitu sebesar Rp50. Disebut juga dengan saham yang tertidur.

22. Rapat Umum Pemegang Saham

Merupakan rapat yang diadakan oleh emiten yang melibatkan para pemegang saham untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan yang akan diambil emiten.

23. Saham middle cap

Istilah saham ini maksudnya adalah saham lapis kedua yang harganya cukup murah. Kapitalisasinya biasanya ada pada angka lebih sedikit dari Rp500 miliar. Harganya biasanya Rp1.000 per lembar saham.

24. Saham small cap

Saham ini yang paling sering dijadikan sebagai saham gorengan. Harga sahamnya paling murah di bawah Rp700. Kemudian, sering dimainkan juga oleh para spekulan.

25. Buyback

Istilah yang merujuk pada emiten yang membeli kembali sahamnya yang ada pada publik. Publik biasanya menanti hal ini untuk meraih cuan. Kegiatan ini biasanya sering dilakukan perusahaan untuk menstabilkan harga sahamnya.

26. Cut loss

Merupakan istilah saham yang artinya Anda mengalami kerugian, daripada mengalami kerugian lebih banyak, akhirnya Anda menjual saham di harganya lebih kecil. Ini adalah salah satu cara untuk mengantisipasi kerugian besar.

27. Stop Loss

Merupakan istilah yang maksudnya adalah ketika Anda memasang target order tertentu kepada pihak broker atau aplikasinya. Pemesanan Anda akan diproses ketika mencapai angka yang Anda tentukan.

28. Suspend

Merupakan istilah yang terjadi ketika suatu saham mengalami pergerakan yang tidak wajar atau dihukum karena melanggar aturan, akibatnya pihak yang berwenang menghentikan sementara transaksinya.

29. Kustodian

Merupakan tempat di mana Anda menyimpan modal dan dana hasil berinvestasi. Bank kustodian ini berbeda dengan bank biasa. Anda perlu membuka rekening di bank kustodian sebelum masuk ke pasar modal.

30. IPO

Atau disebut juga dengan Initial Public Offering yang merupakan penawaran pertama kalinya yang dilakukan emiten ketika baru saja hadir di pasar saham Indonesia. 

Selama masa penawaran, emiten membuka pemesanan selebar-lebarnya kepada publik yang berminat memiliki sahamnya. Oleh sebab itu, IPO selalu diumumkan secara besar-besaran.


Baca juga: 8 Langkah Cara Beli Saham dan Platform Andalannya


Itulah istilah saham yang akan Anda temukan dalam kegiatan berinvestasi Anda. Semoga informasinya bermanfaat. 


Kembangkan Dana untuk Menambah Pemasukan dengan Mendanai di Modal Rakyat

Anda yang ingin meraih keuntungan 18% per tahun, bisa menjadi pendana di Modal Rakyat dengan membantu UMKM meningkatkan usahanya.

Dari Rp25.000, Anda sudah dapat mendanai UMKM yang menjadi pilihan Anda. Pakai kode BLOG25 ketika Anda top up saldo, maka Anda akan memperoleh bonus sebesar Rp25.000. Yuk, mendanai sekarang di Modal Rakyat.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru