Gaya Hidup

Bisnis

Apa itu Google Ads, Manfaat, dan Cara Membuat Akunnya

Pretty Angelia Wuisan-

26 Oct 2021

Apa itu Google Ads, Manfaat, dan Cara Membuat Akunnya

Apa itu Google Ads saat ini sering dimanfaatkan pelaku bisnis untuk mempromosikan situs web bisnisnya. Google Ads adalah salah satu tool digital marketing yang menjadi pilihan para marketer

Apa itu Google Ads memungkinkan pencarian situs web Anda jadi lebih mudah dalam menjangkau pelanggan. Supaya Anda lebih memahami Google Ads, di sini akan diterangkan mengenai apa itu Google Ads, manfaat, jenis, dan cara membuat akunnya.


Baca juga: Apa itu Google Carousel? Praktisi SEO Wajib Paham



Apa itu Google Ads?

Iklan Google Ads adalah iklan berbayar dari Google yang memungkinkan untuk situs web yang diiklankan akan muncul di bagian pertama halaman Google Search.

Misalnya, Anda mengetikkan kata kunci tentang P2P lending. Nanti di bagian halaman hasil pencarian Google akan muncul perusahaan P2P lending yang mengiklankan situs web miliknya di Google. Iklannya akan muncul di bagian pertama, sehingga mudah terlihat.

Untuk Anda yang ingin memasang iklan secara mudah, memang layak mencoba apa itu Google Ads. Jenis iklan satu ini sudah dimanfaatkan banyak pelaku usaha untuk melakukan kampanye iklan. 

Tidak hanya pelaku usaha besar, pemilik usaha kecil pun bisa menampilkan iklan mereka di Google. Hal itu karena budget iklan yang dapat Anda atur sendiri. Google sudah mengaturnya sedemikian rupa, sesuai dengan kebutuhan kampanye Anda.


Manfaat Google Ads

Mengapa Anda sebaiknya memilih apa itu Google Ads? Alasannya karena Google menawarkan berbagai macam manfaat Google Ads yang membuat pelaku usaha bisa mencapai tujuannya.

Apalagi di Indonesia, Google menjadi mesin pencarian yang diandalkan banyak orang untuk mencari sesuatu yang mereka butuhkan dalam keseharian

Inilah manfaat apa itu Google Ads yang perlu diketahui.

1. Lebih mudah memahami audiens

Anda akan lebih mengenal baik keinginan audiens dari kata kunci yang diketiknya. Dari sini, Anda pun bisa menggunakan hasilnya untuk mengoptimalkan iklan Anda di waktu berikutnya. 

Minat audiens juga lebih terlihat di sini dan bisa dinilai dari keputusan yang mereka lakukan. Misalnya, ketika mengetikkan kata kunci tertentu, audiens berkunjung ke situs web Anda dan langsung tertarik yang akhirnya membuatnya tidak ragu melakukan pembelian.

Atau bisa juga dalam kunjungan beberapa kali, baru audiens akan membeli. Jadi, di sini Anda perlu mengatur strategi yang baik. Apabila tujuan Anda melakukan kampanye iklan supaya ada yang membeli produk Anda, maka Anda perlu menyediakan pembelian di halaman yang diiklankan itu.

2. Mudah mengetahui ROI

Untuk membuka iklan Google Adwords ini Anda tentunya membutuhkan budget. Anda tentunya ingin budget yang sudah dikeluarkan itu tidak berakhir sia-sia alias berhasil mencapai ekspektasi Anda. 

Kabar baiknya, dengan menggunakan Google Ads, Anda bisa lebih mudah mengetahui Return of Investment (ROI) karena data tersebut akan langsung muncul.

Apabila Anda menjalankan dua iklan sekaligus, yang satu tampak berhasil, yang satu tidak sesuai yang diharapkan, Anda bisa menyudahi kampanye iklan yang gagal dan menyalurkan budget ke kampanye yang cenderung berhasil.

3. Iklan yang mudah dijalankan

Apa itu Google Ads sangat mudah untuk dijalankan oleh bisnis apa saja. Fitur yang ditawarkan Google juga memang sesuai dengan kebutuhan. 

Fitur di Google Ads bisa terhubung dengan produk software lainnya. Misalnya, Anda ingin memindahkan data iklan yang ada di Google Ads, Anda tinggal mengunduhnya dan data tersebut akan muncul dalam bentuk Excel. Anda pun tentu jadi lebih mudah mengolahnya tanpa melakukan pemindahan secara manual.

Untuk penetapan budget juga bisa diatur dengan baik. Anda bisa menentukan budget harian dengan mudah. Tidak ada patokan budget karena semua hal itu benar-benar keputusan dari Anda. 

4. Menemukan audiens yang tepat

Berbeda halnya dengan iklan yang muncul di media sosial yang bisa muncul secara acak ke audiens, di Google Ads, Anda juga jadi lebih mudah menemukan audiens yang memang benar-benar mencari produk Anda dari kata kunci yang diketikkan.

Jadi, untuk goal yang spesifik, Anda bisa menggunakan Google Ads sebagai tool iklan yang paling efektif. 


Jenis Iklan Google Ads

Google Ads menawarkan pada Anda berbagai jenis iklan yang dapat dimanfaatkan. Ini penjelasannya.

1. Google Display Network

Merupakan jenis iklan Google yang memiliki fitur yang paling lengkap karena memungkinkan situs web Anda tidak hanya muncul di halaman pencairan, tapi di seluruh konten internet yang relevan.

Di sini Anda perlu menambahkan visual yang menarik agar audiens tertarik berkunjung ke situs web Anda. Lalu, Google akan membantu Anda agar iklan Anda itu muncul di lokasi yang relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan. 

2. Google Search Network

Merupakan jenis Google Ads yang memungkinkan situs web Anda muncul di mesin pencarian. Tidak hanya itu, situs web Anda juga bisa muncul di produk Google lainnya seperti Google Map, Google Images, dan lainnya.

Menggunakan jenis iklan ini akan membuat iklan Anda muncul dalam bentuk apa saja mulai dari tulisan, gambar, bahkan video. Jadi, Anda bisa memilih bentuk iklan sesuai keinginan.

3. Google Shopping

Jenis iklan Google ini memungkinkan Anda untuk menampilkan yang lebih eye catching. Anda pun bisa menampilkan iklan dengan informasi yang lengkap, sehingga audiens jadi lebih mengenal produk Anda dengan sekali lihat. Audiens pun jadi bersedia membeli produk Anda.

4. Google Video

Iklan video Google ini memungkinkan iklan Anda tayang di Youtube dan lokasi lainnya yang memungkinkan. Anda tentunya perlu membuat video ciamik untuk iklan jenis ini. 

Youtube ads sendiri ada banyak jenis video yang dapat Anda pilih. Jadi, sesuaikan juga dengan kebutuhan usaha Anda.

5. Google Play

Jenis iklan satu ini memungkinkan iklan usaha Anda muncul di aplikasi yang hadir di Google Play. Di sini Anda tidak bisa mengatur iklan sendiri karena Google yang akan melakukan tugas tersebut.

Format yang muncul di aplikasi juga akan diatur oleh Google, jadi Anda hanya perlu menyiapkan budget dan desain iklan yang apik.


Cara Membuat Akun Google Ads

Untuk bisa menggunakan apa itu Google Ads, Anda perlu membuat akunnya terlebih dulu. Ini caranya.

1. Punya akun Google terlebih dulu

Akun Google ini maksudnya adalah akun yang biasa Anda gunakan untuk Gmail. Anda yang belum punya Gmail, perlu mendaftar dulu ya. 

2. Kunjungi Google Adsense

Anda bisa mengklik tautan berikut ini untuk berkunjung ke sana.

3. Login ke alamat email

Setelah itu Anda perlu login ke email yang sudah jadi.

4. Mengisi formulir Adsense

Setelah berhasil login, Anda akan otomatis membuka halaman formulir Adsense. Anda dapat mengisinya mulai dari situs web yang ingin diiklankan, negara Anda, dan centang saran dan bantuan performa. Anda pun tinggal pilih “Mulai Gunakan Adsense”. Setelah itu, Anda bisa mengatur iklan sesuai keinginan.


Baca juga: Manfaatkan Instagram Bisnis untuk Strategi Pemasaran Optimal


Demikian penjelasan mengenai apa itu Google Ads. Anda bisa mencoba Google Ads saat ini juga. Untuk percobaan pertama, tidak masalah menetapkan budget rendah dulu. Ketika sudah terlihat hasilnya, Anda bisa memperbarui rencana Anda ke yang lebih optimal.


Untuk Usaha yang Lebih Berkembang, Yuk Ajukan Pinjaman di Modal Rakyat

Pelaku UMKM tidak perlu ragu dalam mengajukan pinjaman untuk membuat usahanya lebih berkembang. Anda bisa mengajukannya melalui Modal Rakyat. 

Kami bisa membantu Anda menemukan pendana yang bersedia membiayai modal usaha yang Anda butuhkan. Di Modal Rakyat, Anda bisa melakukan pengajuan dana di angka Rp500 ribu dan maksimalnya adalah Rp2 miliar. Sesuaikan saja dengan keperluan Anda.

Untuk bunga yang dibebankan pun besarannya akan menyesuaikan dengan kemampuan dan risiko usaha Anda. Yuk, mulai ajukan pinjaman lewat Modal Rakyat.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru