Finansial

Gaya Hidup

Apa Perbedaan GPN, Visa, Mastercard? Ini Penjelasannya

Pretty Angelia Wuisan-

28 Sep 2021

Apa Perbedaan GPN, Visa, Mastercard? Ini Penjelasannya

GPN, Visa, dan Mastercard adalah sistem pembayaran yang hadir di Indonesia dan memiliki keunggulan yang perlu Anda tahu. Kehadiran GPN mungkin masih baru di Indonesia, tapi berhasil menjadi pesaing ketat bagi kedua kanal pembayaran yang sudah ada sebelumnya.

Namun, masing-masing kanal pembayaran itu punya kelebihan dan kekurangan yang dapat dipertimbangkan. Anda akan menemukannya di sini yang membahas perbedaan GPN, Visa, Mastercard.


Baca juga: GPN adalah: Kegunaan, Keuntungan, dan Bedanya dengan Visa


Sekilas Tentang GPN, Visa, dan Mastercard

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sistem pembayaran yang diciptakan oleh Bank Indonesia yang memudahkan mereka yang memiliki kartu ATM berlogo sistem bayar itu untuk bertransaksi di mesin EDC mana saja. 

Misalnya, Anda yang memiliki kartu debit berlogo GPN dari PT Bank A, dapat menggunakan kartu itu di mesin EDC yang dimiliki oleh Bank B. Penggunanya jadi tidak perlu takut lagi soal mesin EDC yang tidak berfungsi karena bisa menggunakan mesin EDC lain. 

Sedangkan, Visa dan Mastercard merupakan alat transaksi pembayaran yang sering digunakan oleh penggunanya untuk berbagai macam tujuan. Salah satu keuntungannya adalah sangat bisa diandalkan di luar negeri. Jadi, penggunaannya memang lebih luas.

Kedua jenis pembayaran ini sudah lebih dulu hadir di Indonesia, tapi sepertinya GPN akan menjadi pembayaran yang bisa setara dengan keduanya untuk penggunaan lokal. Hal itu karena beberapa kelebihannya seperti biaya transaksinya yang lebih murah dan keamanannya yang tingkat tinggi.


Perbedaan antara GPN, Visa dan Mastercard

Kehadiran GPN tidak dipungkiri membuat masyarakat Indonesia memiliki banyak pilihan untuk memilih alat bayar. Sambutannya memang cukup luar biasa karena Bank Indonesia sendiri sudah mengkaji alat bayar ini selama 20 tahun hingga akhirnya diluncurkan. Di tahun 2022 seluruh bank di Indonesia diharuskan untuk menambahkannya.

Hal ini yang membuat produsen Visa dan Mastercard jadi kalang kabut karena takut tersaingi dengan penggunaan Gerbang Pembayaran Nasional yang begitu masif. Namun, sebenarnya ketiganya punya kelebihan dan kelemahan yang patut dipertimbangkan.

Inilah perbedaan yang lebih jelas antara GPN, Visa, Mastercard.

1. Perusahaan yang menerbitkan GPN, Visa, Mastercard

Perusahaan yang menerbitkan ketiga kartu ini berbeda. Jika Gerbang Pembayaran Nasional adalah produk asli milik Bank Indonesia, Visa, dan Mastercard adalah kanal pembayaran yang berasal dari Amerika Serikat.

Visa diterbitkan oleh Visa.Inc. Sedangkan, Mastercard diluncurkan oleh MasterCard Worldwide.

2. Jangkauan penggunaan GPN, Visa, Mastercard

Penggunaan ketiga kartu ini jangkauannya berbeda. GPN hanya bisa digunakan di Indonesia. Di seluruh merchant yang menyediakan mesin EDC, kartu ini akan bisa digunakan.

Sedangkan Anda yang bertransaksi di luar negeri, bisa menggunakan kartu debit berlogo Visa atau Mastercard. 

3. Biaya Tambahan

Ketika menggunakan GPN, Visa, Mastercard, Anda akan dibebankan dengan biaya tambahan. Namun, biaya tambahan ini jumlahnya berbeda. 

Untuk GPN, biaya tambahannya lebih murah ketimbang dua kartu yang lain, yaitu hanya sekitar 0,15% di berbagai merchant yang hadir di Indonesia. Anda pun jadi lebih irit ketika menggunakan kartu itu untuk bertransaksi berkali-kali.

Sedangkan, Visa dan Mastercard biayanya lebih besar, bisa mencapai lebih dari 1%. Ini yang mungkin tidak disadari oleh banyak penggunanya.

4. Penggunaan di Merchant

Di Indonesia, penggunaan GPN termasuk luas karena dapat dipakai di mesin EDC apa saja. Selama, merchant tersebut menyediakan mesin EDC untuk alat bayar. 

Sedangkan Visa dan Mastercard bisa digunakan di merchant yang menyediakan alat bayar untuk Visa dan Mastercard.


Baca juga: Cashback adalah: Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya


Seperti itulah perbedaan dari alat bayar GPN, Visa, Mastercard. GPN memang masih baru dan penggunaannya masih dilakukan adaptasi di Indonesia. Namun, bukan tidak mungkin nanti akan menjadi pesaing berat untuk Visa dan Mastercard yang juga hadir di Indonesia.


Raih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


Pertanyaan Umum

1. Apa itu Visa dan Mastercard?

Keduanya adalah alat bayar berupa kartu kredit yang dikeluarkan perusahaan asing berasal dari Amerika Serikat. Penggunaannya sangat luas, mencakup seluruh dunia. Tidak mengherankan jika Anda akan sering melihat logo keduanya di tempat tertentu. Bisa dikatakan keduanya bersaing untuk menjadi alat bayar terbaik di dunia.

2. Apakah GPN Sama dengan Visa?

Berbeda. GPN adalah alat bayar yang diproduksi oleh pemerintah Indonesia, lewat Bank Indonesia. Sehingga, hanya bisa digunakan di Indonesia.

Sedangkan, Visa adalah alat bayar yang dikeluarkan oleh Visa.Inc yang berasal. di Amerika Serikat.

Kedua kanal pembayaran itu memang bisa digunakan di Indonesia. Walaupun masih baru, popularitas GPN sekarang semakin bergaung dan bukan tidak mungkin penggunaannya akan luas juga di Indonesia. 

3. Apa Maksud Logo Visa di Kartu ATM?

Pemilik kartu ATM berlogo Visa menggunakan kartunya untuk melakukan pembayaran pada merchant yang menyediakan Visa sebagai alat bayarnya. Hal ini berlaku tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara mana saja yang Anda kunjungi. Supaya bisa menggunakannya, jangan lupa untuk mengisi saldo kartu ATM.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru