Gaya Hidup

Lawan FOMO dengan Hidup Sederhana ala JOMO

Kabrina Rian Ferdiani-

01 Jul 2021

Lawan FOMO dengan Hidup Sederhana ala JOMO

Menjalani hidup sederhana itu penting sekali saat ini. Karena bila bersikap boros dengan kehidupan yang semakin mahal seperti sekarang hanya akan membuat hidup Anda bermasalah.

Maka dari itu bila awalnya mungkin tidak asing dengan istilah fear of missing out, saatnya mempelajari hal baru. Yaitu JOMO yang merupakan kebalikan dari kata FOMO supaya hidup lebih bahagia.


Baca juga: Gaya Hidup Minimalis yang Justru Menguras Kantong Ini Wajib Dihindari!


Apa itu FOMO?

Pernahkah Anda merasa cemas, takut, dan khawatir ketika mengetahui ada info terbaru yang beredar di media sosial? Pernahkah Anda mengalami saat teman-teman ada di sebuah pesta, namun tidak ikut serta?

Bila pernah mengalaminya, sebaiknya harus lebih berhati-hati. Saat Anda merasa takut bila disebut tidak update oleh orang-orang karena ketinggalan informasi terbaru, artinya sedang mengalami FOMO. Yaitu fear of missing out.

Berdasarkan school of social sciences, department of psychology, dan Nottingham Trent University, maka FOMO adalah hal yang dapat membuat seseorang bersikap sesuatu diluar dari batas wajar ketika menggunakan media sosial.

Sehingga hal tersebut menjadikannya tidak dapat berlaku hidup sederhana. Karena berpikir harus selalu up to date terhadap segala hal. Buruknya adalah pengidap FOMO biasanya seringkali mengunggah hal bohong soal dirinya.

Mereka melakukannya hanya untuk terlihat kekinian di mata orang lain. Padahal sikap berbohong seperti itu hanya akan memperkeruh suasana. Dimana pada akhirnya hal tersebut membuatnya tidak bahagia dalam menjalani hidupnya.

Melihat hal tersebut, maka sudah seharusnya FOMO harus segera dibasmi dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Karena itu dapat memberikan dampak negatif secara psikologis dan fisik seseorang.

Itulah kenapa seharusnya bersikap hidup sederhana dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Karena saat kondisi FOMO dibiarkan, itu dapat menimbulkan depresi. Bagaimana tidak? Kemudahan akses media sosial menjadikan resiko kecemasan semakin besar.

Kecemasan ini umumnya akan dialami oleh pengidap hal tersebut dan menjadikannya cepat lelah karena konsentrasinya menurun. Padahal kecemasan akan membuat seseorang semakin stres berat dan menyebabkan terjadinya depresi.

Tidak hanya itu saja, orang yang tidak mau hidup sederhana akan menyebabkan kondisi fisiknya terganggu. Karena sikap tersebut dapat mengganggu hormon adrenalin dan serotonin penyebab datangnya berbagai masalah kesehatan.


Baca juga: Prinsip Pareto 80/20 Membantu Anda Meraih Sukses


Apa itu JOMO?

Bila sebelumnya telah dibahas soal fear of missing out, maka selanjutnya akan membahas kebalikan dari itu. Yaitu joy of missing out atau disebut juga dengan JOMO.

Tindakan ini merupakan suatu sikap seseorang tidak ingin terlibat dalam kegiatan yang khususnya berkaitan dengan sumber hiburan seperti media sosial dan sejenisnya. Karena sikap mereka memiliki perasaan puas terhadap dirinya.

Itulah sebabnya orang yang JOMO pasti menjalani hidup sederhana dalam sehari-hari. Mereka merasa lebih fokus dan bebas melakukan apa saja yang disukainya. Itulah kenapa mereka pasti merasa tenang.

Tenang dalam artian tidak ada rasa takut yang muncul meski melewatkan kesenangan dengan teman-teman terdekatnya. Jadi istilah ini mengajarkan seseorang supaya dapat mengontrol obsesi berlebihan yang dialaminya.

Yaitu dengan cara membatasi pemakaian media sosial. Karena seperti yang diketahui bahwa pada dasarnya efek media sosial itu ada banyak terhadap kesehatan mental, khususnya para generasi milenial saat ini.

Maka dari itu tidak heran bila orang yang tidak mau hidup sederhana pasti merasa kesepian dan stres berkepanjangan saat melihat akun medsos milik orang lain.

Menariknya adalah saat beristirahat dari media sosial sejenak saja, ternyata itu akan membuat Anda bisa menemukan kegiatan lain yang cukup menyenangkan. Karena menemukan kebahagiaan dari kesederhanaan adalah tujuan utama JOMO.

Karena pada dasarnya JOMO merupakan perasaan puas saat menikmati hidup sehari-hari. Biasanya mereka tidak memiliki keinginan membandingkan kehidupannya dengan orang lain karena selalu hidup sederhana.

Tidak hanya itu saja, biasanya mereka tidak harus selalu mengunggah kegiatannya dengan orang lain di media sosial. Jadi orang yang bersikap JOMO pasti tidak suka pamer hanya untuk diakui orang-orang.


Baca juga: 10 Tips Hidup Sederhana Bikin Bahagia


Cara Melawan FOMO dengan JOMO

Bila Anda mulai sulit lepas dari internet dan gadget atau bahkan semakin terobsesi oleh kehidupan orang lain, artinya harus segera melawan sikap FOMO tersebut dengan JOMO. Berikut cara melawannya:

  1. Cobalah untuk menyisihkan waktu, emosi, dan tenaga dengan baik. Jadi pilih yang menjadi prioritas utama agar dapat menjalani hidup sederhana tanpa masalah. Sehingga hati merasa lebih bahagia lagi.
  2. Buat rencana terbaik supaya bisa terhubung dengan orang terdekat. Sehingga perhatian soal kehidupan orang lain akan teralihkan dengan cara melakukan kegiatan seperti ini bersama teman atau keluarga.
  3. Matikan notifikasi ponsel yang muncul selain hubungan dengan pekerjaan atau sesuatu penting lainnya. Ini adalah cara hidup sederhana yang akan membuat sikap FOMO mulai menghilang.
  4. Cobalah keluar dari media sosial Anda dan stop mengikuti akun orang lain. Tujuannya adalah agar tidak timbul perasaan negatif. Jadi buat batasan harian saat menggunakan media sosial.
  5. Bila meski keluar dari akun media sosial tidak kunjung membantu, maka Anda harus menghapus aplikasinya secara langsung. Cukup lakukan hal tersebut untuk sementara waktu supaya aktivitas bermedia sosial lebih terkontrol.
  6. Supaya bisa hidup sederhana dan jauh dari kata FOMO, tidak ada salahnya Anda menolak ajakan teman untuk pergi ke suatu tempat di acara yang tidak masuk skala prioritas.
  7. Bila merasa meninggalkan media sosial terlalu berat, caranya adalah sisakan 1 hari untuk libur menggunakan aplikasinya. Jadi bisa dibilang JOMO itu membuat Anda tidak harus meninggalkan sosialisasi, namun hanya beristirahat.

Jadi melihat ulasan di atas, maka bersikap JOMO itu sangat penting sekali. Karena dapat memberikan efek yang positif. Selain itu, JOMO membuat Anda bisa lebih bahagia saat menjalani hidup sederhana.


Baca juga: 5 Prinsip Hidup Orang Tionghoa Sehingga Cepat Kaya!


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru