Gaya Hidup

Penjelasan Mengenai Hukum Qurban Online

Pretty Angelia Wuisan-

13 Jul 2021

Penjelasan Mengenai Hukum Qurban Online

Di Hari Raya Idul Adha, umat muslim yang merayakannya biasanya akan menyelenggarakan proses kurban yang daging-dagingnya nanti akan dibagikan untuk mereka yang kurang mampu. Proses qurban ini sekarang banyak yang beralih ke kurban secara online.

Anda yang termasuk umat muslim pasti bertanya, apakah hukum qurban online? Apakah pelaksanaannya dibolehkan atau malah tidak boleh? Mengingat praktiknya berbeda sekali dengan praktik kurban yang sudah menjadi tradisi di Indonesia sejak bertahun-tahun lalu.

Untuk itu di sini akan dijelaskan lebih jauh mengenai qurban online dan hukum qurban online itu sendiri.

 

Baca juga: Strategi Bisnis Hewan Kurban, Sukses Hasilkan Omzet Rp5 M

 

Apa itu Kurban Online?

Hari Raya Idul Adha yang jatuh setiap tahun Hijriah di tanggal 10 Dzulhijjah merupakan salah satu hari keagamaan besar bagi umat muslim. Pada hari itu umat muslim yang tengah menunaikan ibadah haji, sedang melakukan ibadah utama, yaitu wukuf di Arafah.

Idul Adha di tahun 2021 untuk Indonesia bisa dipastikan akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli.

Selain itu, Idul Adha juga dikenal sebagai “Idul Qurban” karena bagi umat muslim yang dianggap mampu dianjurkan untuk menyembelih hewan ternak seperti kambing, sapi, domba, atau kerbau.

Hukum yang berlaku untuk pelaksanaan kurban adalah hukum sunnah. Tidak wajib, tapi apabila dilaksanakan Anda akan meraih pahala dan keberkahan yang besar karena telah membantu sesama.

Anda yang ingin melakukan ibadah ini, tentu akan memilih hewan ternak kurban. Dulu, Anda biasanya akan memilih hewan ternak yang dijual di sekitar domisili Anda dan prosesi penyembelihan hewan kurban Anda percayakan pada orang yang diberikan wewenang oleh ketua RT dan RW setempat.

Namun, dengan kehadiran kurban online, Anda sekarang bisa memilih hewan kurban melalui online. Cara online ini dikatakan lebih praktis karena proses pemilihan hewan, transaksi, dan penyembelihan dapat dilakukan dari jarak jauh.

Kegiatan kurban online bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mengurbankan hewan atas nama orang tua atau saudara yang rumahnya jauh dari Anda. Jadi, Anda tinggal menyelesaikan transfer dan orang tua atau saudara yang akan melihat prosesi qurban itu.

Atau Anda ingin membeli hewan kurban terbaik yang berada jauh sekali dari rumah Anda. Daripada hewannya dibawa ke rumah karena akan menambah ongkos dan waktu, Anda mempercayakan proses penyembelihan ke panitia yang mengurus hewan kurban itu.

Panitia kurban akan membelikan hewan itu atas nama Anda dan membagikannya pada orang-orang yang membutuhkan.  

 

Bagaimana Hukum Qurban Online?

Kurban online bisa terjadi karena kecanggihan teknologi yang sekarang kita rasakan. Kebiasaan masyarakat pun lama-kelamaan jadi berubah dan lebih beragam. Namun, pasti ada yang Anda pertanyakan, yaitu hukum qurban online itu sendiri. Apakah hukum qurban online diperbolehkan, mengingat praktiknya yang jauh berbeda dengan yang dulu.

Hukum qurban online diperbolehkan alias tidak ada pelarangan sama sekali karena menurut ulama, tidak ada dalil yang melarang pengadaan kurban secara online. Jadi, ibadah kurban online yang Anda lakukan tetap dianggap sah.

Yang membedakan adalah proses kegiatannya. Anda jadi tidak bisa menyembelih sendiri atau melihat proses penyembelihannya karena lokasinya jauh dari rumah. Atau Anda tidak mendapatkan 1/3 dari banyaknya hewan kurban yang Anda beli itu.

Namun, Anda yang berkurban tetap perlu mengikuti anjuran untuk tidak memotong kuku dan rambut dimulai dari tanggal 1 Dzulhijjah. Hal tersebut tertulis langsung di hadis sahih Muslim.

 

Baca juga: 24 Contoh Ucapan Hari Raya Idul Adha untuk Inspirasi Anda

 

Manfaat Kurban Online

Setelah mengetahui tentang hukum qurban online, Anda perlu tahu tentang manfaat kurban online yang sangat cocok dilaksanakan di masa pandemi begini.

1. Melaksanakan kurban dari rumah

Kurban online membuat Anda tetap bisa berkurban tanpa harus berada di kerumunan. Anda bisa melaksanakannya dari rumah. Hal ini tepat dilakukan untuk menghindarkan Anda dari tertular virus Covid-19 yang masih merajalela di sekitar kita. Anda pun bisa mempercayakan prosesnya pada orang lain yang lebih ahli.

2. Memberikan bantuan pada mereka yang membutuhkan

Walaupun pandemi ini tampak belum berakhir, tapi Anda tetap bisa membantu orang yang membutuhkan dengan sistem kurban online. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai hukum qurban online karena sudah dinyatakan diperbolehkan.

Hal itu karena Anda melakukannya bukan hanya untuk diri Anda sendiri, tapi juga untuk kebaikan orang lain. Inti dari ibadah di Idul Adha ini adalah dapat berbagi dengan sesama.

3. Menjaga kebersihan diri

Karena Anda tidak perlu mendatangi tempat penyembelihan secara langsung, kebersihan Anda jadi lebih terjaga. Apalagi sekarang kebersihan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

4. Mudah dilakukan

Kurban online mudah dilakukan karena sudah banyak lembaga dan instansi yang menyelenggarakannya. Anda bisa memilih lembaga penyelenggara kurban terpercaya. Untuk menghindari penipuan, pastikan Anda melihat bukti-bukti dari pelaksanaan kurban online lembaga tersebut di tahun lalu.

 

Tips Kurban Online untuk Anda yang Melaksanakannya

Supaya pelaksanaan kurban online berjalan lancar. Ini adalah tips yang bisa Anda lakukan.

1. Memilih lembaga penyelenggara kurban terpercaya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda sebaiknya memilih lembaga penyelenggara kurban terpercaya di Indonesia. Hal itu bisa Anda lihat dari ulasan orang yang sebelumnya sudah berkurban di tempat itu. Apabila ulasannya bagus, Anda bisa memilihnya. Hindari penyelenggara yang bermasalah.

2. Menyesuaikan dengan budget

Anda bisa memilih hewan kurban sesuai dengan budget atau kemampuan finansial Anda. Apabila Anda hanya sanggup membeli kambing, ya pilih kambing saja. Tidak perlu mempersulit diri membeli sapi. Dengan membeli kambing pun Anda sudah bisa melaksanakan ibadah kurban.

Seperti itulah penjelasan mengenai kurban online dan hukum qurban online. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru