Bisnis

20 Bisnis Mudah Dilakukan dan Menguntungkan untuk Pemula

Pretty Angelia Wuisan-

06 Oct 2021

20 Bisnis Mudah Dilakukan dan Menguntungkan untuk Pemula

Bisnis mudah dan menguntungkan itu ada banyak dan bisa dilakukan juga untuk pemula yang masih bingung dengan bisnis pertamanya. Yang terpenting sebenarnya adalah Anda berani mencoba, barulah Anda akan tahu apakah bisnis yang dijalankan cocok atau tidak. Untuk memulai bisnis, ada yang tidak membutuhkan modal begitu besar.

Anda bisa memulai bisnis mudah menggunakan modal minim. Dari yang minim itu bukan tidak mungkin nanti bisa bertumbuh semakin besar. Di bawah ini akan dijelaskan bisnis mudah dilakukan dan menguntungkan yang dapat menjadi pilihan bagi pemula.


Baca juga: Contoh Ide dan Peluang Usaha, Ternyata ini Bedanya


1. Laundry

Bisnis mudah yang dapat Anda lakukan adalah membuat jasa laundry. Usaha laundry tidak memerlukan modal tinggi, jadi sangat bisa dilakukan dari modal kecil. Untuk membuka usaha ini, Anda memerlukan tempat yang strategis. 

Biasanya usaha ini diincar oleh anak muda yang sibuk kuliah dan pekerja yang tidak sempat untuk mencuci bajunya sendiri.

Untuk itu, Anda bisa membuka bisnis ini di tempat yang ramai. Bangunannya tidak perlu besar, asalkan cukup untuk menampung beberapa peralatan seperti setrika dan mesin cuci. 


2. Reseller

Apabila Anda belum mampu membuat produk sendiri karena memiliki modal terbatas, Anda bisa melakukan jenis usaha reseller. Anda bisa menjadi reseller produk apa saja mulai dari pakaian, makanan, kosmetik, alat masak, dan lainnya. 

Untuk memulainya, Anda perlu mencari supplier terpercaya yang menyediakan produk berkualitas. Selain itu, carilah supplier yang memiliki brand bagus, yang artinya sudah dikenal oleh banyak orang. Anda pun akan mudah melakukan promosi.

Biasanya pihak supplier bersedia memberikan harga diskon pada reseller yang bekerja sama dengannya. Jadi, nanti Anda bisa menjual produk dengan harga yang lebih tinggi.


3. Tutor online

Bisnis mudah satu ini dapat dipilih Anda yang memiliki keahlian mengajar. Misalnya, Anda mahir dalam matematika, Anda pun bisa mengajar anak sekolah di pelajaran matematika. Atau Anda bisa berbahasa Inggris, Anda pun dapat mengajar bahasa itu pada orang yang ingin meningkatkan kemampuan bahasanya.

Bisnis ini sangat bisa dilakukan secara online. Namun, untuk menjaga kualitas mengajar, Anda perlu memastikan punya jaringan internet yang memadai. 

Untuk memiliki murid yang bersedia menggunakan jasa Anda, Anda dapat mempromosikan usaha ini lewat media sosial. Pasti Anda bisa mendapatkan murid pertama dari sana,

 

4. Desain grafis

Sebagai orang memiliki kemampuan mendesain, Anda dapat menawarkan jasa desain pada yang memerlukannya. Jasa ini sangat dibutuhkan sekarang karena banyak orang yang ingin konten dengan visual menarik untuk berbagai macam keperluan. 

Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan konten keren untuk media sosialnya, Anda bisa juga mendesain situs web jadi nyaman digunakan, Anda juga bisa mendesain aplikasi jadi mudah dipahami oleh pengguna, dan masih banyak peluang lain dari desain yang sayang untuk dilewatkan. 


5. Jasa menulis artikel

Anda yang punya kemampuan menulis bisa membuka jasa menulis artikel di situs web milik suatu perusahaan. Saat ini cukup banyak yang membutuhkan konten tulisan untuk situs web supaya pengunjungnya bisa lebih banyak.

Untuk memiliki kemampuan menulis yang baik, Anda bisa menulis setiap hari dan membaca artikel lain. Dari sana Anda bisa menemukan bagaimana cara menulis sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku dan Anda juga akan bisa menemukan ciri khas Anda sendiri ketika menulis. 


6. Menjahit pakaian

Anda yang punya kemampuan menjahit, tidak ada salahnya membuka bisnis menjahit pakaian. Di sini Anda akan membuat pakaian yang polanya berdasarkan pesanan dari pelanggan. Nanti pelanggan yang menyediakan kain dan Anda tinggal melakukan penjahitan.

Bayaran untuk menjahit pakaian ini cukup menarik lho. Apalagi jika pakaian yang dipesan punya desain yang rumit. Bukan tidak mungkin nanti Anda bisa menjadi fashion desainer ternama.

Untuk memiliki kemampuan menjahit yang bagus, Anda bisa berlatih setiap hari menjahit dengan berbagai macam pola. Nanti Anda kemampuan Anda pun akan meningkat.

 

7. Menjual frozen food

Anda bisa membuka bisnis frozen food yang kini diminati banyak orang. Usaha rumahan ini sangat bisa dimulai dari modal kecil. Biasanya yang homemade yang disukai karena tidak menggunakan bahan pengawet. 

Atau jika Anda tidak sempat membuat makanannya sendiri, Anda bisa mencari supplier frozen food yang lain. Caranya Anda tinggal mencari supplier dengan brand ternama karena akan lebih gampang melakukan promosi.

Kemudian, Anda juga perlu mempersiapkan alat seperti freezer untuk menjaga agar makanan Anda selalu fresh.  


8. Jasa penerjemah

Bisnis mudah lainnya adalah menjadi pemilik bisnis jasa penerjemah. Anda bisa menerjemahkan dokumen sesuai dengan bahasa asing yang dikuasai. Anda dapat memasang tarif per halaman terjemahan. Jadi, semakin banyak halaman yang perlu diterjemahkan, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Anda bisa bergabung dengan komunitas penerjemah untuk meraih lebih banyak kesempatan proyek kerja sama. Anda juga perlu memiliki sertifikasi penerjemah tersumpah supaya bisa menerjemahkan dokumen yang sifatnya resmi.


9. Wedding Organizer

Anda bisa membuka bisnis mudah ini yang peluangnya cukup besar. Bisnis ini mengharuskan Anda mengatur acara pernikahan klien mulai dari catering, pakaian pernikahan, dekorasi, sampai ke susunan acara. 

Masyarakat lebih senang menggunakan wedding organizer karena lebih praktis dibandingkan mengurus pernikahannya sendiri. 

Namun, Anda tentunya perlu bekerja sama dengan berbagai macam vendor yang menyediakan berbagai macam keperluan pernikahan. Sebelum membuka bisnis ini, Anda harus mencari vendor yang bersedia diajak kerja sama.


10. Usaha jualan pakaian

Berjualan pakaian juga termasuk sebagai bisnis mudah dilakukan dan menguntungkan. Anda bisa memproduksi pakaian sendiri. Macam-macam pakaian yang dapat Anda hasilkan mulai dari baju tidur, baju untuk ke acara resmi, baju menyusui, baju khusus pria, dan lainnya.

Apabila belum bisa memproduksinya sendiri, Anda bisa menjual pakaian yang dijual orang lain. Sekarang banyak toko online pakaian yang membuka kerja sama reseller supaya produknya cepat laris.


11. Bisnis makanan ringan

Anda bisa juga memulai bisnis mudah ini di rumah. Masyarakat Indonesia hobi memakan camilan di berbagai macam kesempatan. Camilan itu tidak harus mahal, tapi lezat di lidah. Anda pun bisa membuat camilannya sendiri karena cukup mudah dibuat. 

Anda bisa menjualnya secara online supaya lebih banyak meraih konsumen. Namun, Anda harus memperhatikan packing agar camilan yang Anda kirimkan itu bentuknya masih sama dengan yang di awal.


12. Bisnis minuman kopi

Bisnis mudah paling kekinian ini juga dapat menjadi andalan Anda untuk meraih penghasilan. Minuman kopi yang dapat Anda jual bermacam-macam, apalagi kopi khas Indonesia itu cukup banyak.

Gunakan branding yang menarik supaya bisa menarik banyak pelanggan. Misalnya, Anda menamai produk minuman kopi dengan kata-kata yang unik. Di luar sana rasa minuman kopi hampir sama, tapi branding yang berbeda akan membuat produk Anda pun berbeda.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan mendirikan kedai di tempat strategis. Dari sana, Anda bisa meraih pelanggan.


13. Usaha catering

Usaha satu ini dapat dilakukan oleh Anda yang hobi masak. Anda dapat membuka usaha catering untuk berbagai macam acara. Atau Anda dapat bekerja sama dengan usaha yang menyediakan makan untuk tenaga kerjanya. Dengan perjanjian kontrak, Anda akan terus meraih pesanan dari sana.

Anda harus menyediakan makanan yang fresh dan tidak basi. Kebersihan makanan perlu dijaga juga. Makanan berkualitas yang Anda jual akan membuat pelayanan Anda juga bagus.


14. Dropship

Jika Anda belum punya modal yang besar, tapi ingin segera memulai bisnis, Anda bisa memulainya dari memilih dropship. Anda dapat membantu sebuah toko untuk meraih pelanggan dan menginformasikannya pada toko tersebut. Nanti tokonya yang akan mengirimkan produk.

Jadi, Anda tidak perlu membeli produknya dulu seperti reseller. Ini merupakan bisnis paling cocok untuk pemula.


15. Menjual ebook

Menjual ebook juga bisa menjadi bisnis yang mudah untuk Anda. Bisnis ini paling tepat dilakukan mereka yang suka menulis. Anda bisa membuat cerita fiksi atau membuat buku tutorial sesuai kemampuan, misalnya tentang cara memasak masakan dari Sumatera Barat.

Anda akan mendapatkan pembayaran ketika ada yang membeli ebook Anda itu. Jangan lupa untuk mendesain buku semenarik mungkin supaya nyaman untuk dibaca.


16. Makelar properti

Makelar properti adalah mereka yang membantu menjual properti. Sekarang banyak orang yang mengincar rumah untuk ditinggali. Anda bisa menawarkan pada mereka. Pembayarannya bisa dilakukan secara tunai atau KPR. 

Supaya menjadi makelar properti yang sukses, Anda harus tahu fasilitas yang ditawarkan properti tersebut. Nanti Anda pun akan mudah mempromosikannya pada pihak calon pembeli.


17. Cuci sepatu

Bisnis cuci sepatu juga bisa Anda andalkan karena banyak orang yang membutuhkannya. Terutama mereka yang tidak tahu cara mencuci sepatu agar tidak rusak. 

Anda sangat bisa memulai bisnis mudah ini dari rumah. Dengan layanan antar online, pelanggan jadi tidak perlu mendatangi Anda dulu.


18. Cuci kendaraan bermotor

Anda bisa juga membuka bisnis mudah ini untuk kebutuhan harian. Cuci mobil dan motor bisa menghasilkan banyak keuntungan. Apalagi cukup banyak kendaraan bermotor yang ada di luar sana. Anda tinggal mencari lokasi yang tepat untuk mendapatkan pelanggan. 

Lengkapi usaha Anda itu dengan alat-alat yang memadai. Jika Anda ingin buka usaha cuci mobil lokasi yang Anda butuhkan lebih luas.


19. Sewa perlengkapan bayi

Sekarang kebanyakan orang tua tidak membeli peralatan bayi karena hanya digunakan sebentar. Mereka lebih senang menyewa. Anda bisa membuka usaha ini dengan menyediakan berbagai macam perlengkapan bayi. Modalnya pun tidak terlalu besar.

Supaya mudah untuk proses antar, Anda bisa memulai pencarian pelanggan di sekitar domisili Anda.


20. Jasa titip beli

Untuk Anda yang hobi jalan-jalan, bisa membuka bisnis jasa titip ini atau biasa disebut dengan jastip. Jadi, Anda membelikan barang yang dititipkan oleh orang lain yang di jual di wilayah Anda traveling, misalnya negara Jepang. Anda dapat menaikkan harganya sedikit supaya mendapatkan keuntungan. 


Baca juga: 13 Tips Memulai Usaha Ramah Pemula, Yuk Masuk!


Meraih Pinjaman Modal untuk Memulai Bisnis yang Mudah di P2P Lending Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin membangun usaha, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.


Pertanyaan Umum

1. Bisnis mudah apa yang bisa dilakukan pemula?

Bisnis mudah yang bisa dipilih oleh pemula adalah bisnis yang dikenal olehnya. Misalnya, Anda senang minum kopi, coba saja mendirikan bisnis kopi. Ada lagi bisnis minuman kekinian yang difavoritkan banyak orang. Kemudian, Anda juga bisa mencoba bisnis reseller apabila belum mampu memproduksi barang sendiri.

2. Bisnis apa yang bagus saat ini?

Bisnis yang bagus saat ini adalah bisnis yang bisa dilakukan secara online seperti bisnis makanan, jualan pakaian, menawarkan jasa desain grafis, menawarkan jasa menulis, jasa antar barang, dan bisnis lainnya yang bisa diawali dari hal yang disukai atau hobi.

3. Peluang bisnis apa yang laris sekarang?

Bisnis yang laris sekarang adalah bisnis tutor online, usaha makanan yang dibuat sendiri, usaha baju, usaha laundry yang biasanya diincar oleh para pekerja yang sibuk, usaha pembuatan situs web, usaha pengelolaan media sosial, usaha catering untuk berbagai macam acara, dan lainnya.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru